Mengenal Lebih Dekat Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT)

ukt

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 97/E/KU/2013 tertanggal 5 Februari 2013, maka pihak Dikti meminta agar Perguruang Tinggi melaksanakan dua hal, yaitu:

  1. Menghapus uang pangkal bagi mahasiswa baru program S1 Reguler mulai tahun akademik 2013/2014.
  2. Menetapkan dan melaksanakan tarif Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa baru S1 Reguler mulai tahun akademik 2013/2014.

Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran akademik di mana mahasiswa program S1 reguler membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan jurusannya masing-masing. UKT dinilai sebagai terobosan baru dalam pembayaran akademik. Ciri khas UKT adalah dihapuskanya Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA) di semua jurusan universitas di Indonesia, dan dengan sistem pembayaran yang ditetapkan per semester oleh jurusan masing-masing, maka sistem pembayaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS) tidak berlaku lagi.

Harapan Mendikbud dan Dirjen Dikti menginstruksikan UKT akan diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014. Dengan UKT, mahasiswa baru tak perlu membayar berbagai macam biaya, tetapi hanya membayar UKT yang jumlahnya akan tetap dan berlaku sama pada tiap semester selama masa kuliah. Mendikbud menjanjikan, tidak akan ada lagi biaya tinggi masuk PTN. Pemerintah akan memberikan dana bantuan operasional pendidikan tinggi negeri (BOPTN). Dana BOPTN meningkat dari tahun lalu Rp 1,5 triliun menjadi Rp 2,7 triliun tahun ini.

Saat ini, semua PTN masih menghitung besaran UKT, termasuk Unsri

yang kemudian hasilnya diserahkan ke Ditjen Dikti untuk mendapat persetujuan dan ditentukan besaran BOPTN yang akan diberikan kepada masing-masing PTN. Besar kemungkinan UKT yang dihitung PTN tak banyak berbeda dengan biaya yang sudah berjalan saat ini. Kemungkinan PTN akan menghitungnya berdasarkan pembiayaan pendidikan tahun sebelumnya yang sudah telanjur mahal. Uang pangkal yang nilainya besar bisa saja diratakan untuk delapan semester sehingga kelihatan kecil.

Kalau kondisi ini yang terjadi, harapan UKT murah tidak akan terwujud, bahkan bisa jadi akan lebih memberatkan. Seharusnya PTN menghitung secara cermat UKT dengan melakukan efisiensi pada pos-pos pembiayaan yang prioritasnya rendah sehingga bisa menekan UKT. Namun, dengan waktu yang sangat terbatas, mengingat proses pendaftaran SNMPTN sudah dimulai 1 Februari 2013, kemungkinan cara ini tidak bisa dilakukan.

Kuliah dengan sistem kredit tak sesuai dengan biaya pendidikan yang tetap sepanjang masa studi. Misalnya apabila nanti UKT salah satu jurusan adalah Rp 7,5 juta per semester. Seorang mahasiswa di semester akhir yang tinggal mengerjakan tugas akhir dengan bobot 4 SKS akan keberatan jika harus membayar Rp 7,5 juta. Dengan BOP per SKS seperti yang berlaku di UGM , seharusnya dia hanya membayar SPP Rp 540.000 plus 4 SKS dengan tarif Rp 75.000 per SKS (untuk eksak) atau Rp 60.000 per SKS (untuk non-eksak).

Memang sudah tidak lagi ada SPMA, tetapi berdasarkan hitung-hitungan kasar yang telah dilakukan, dengan mengacu pada biaya kuliah total hingga lulus, maka tetap saja UKT akan lebih mahal dari biaya kuliah sebelumnya. Disparitas biaya UKT dan biaya saat ini (non-UKT) tetap besar dan menjadi acuan kami dalam bersikap. Untuk apa disparitas biaya sebesar itu?

Harapan UKT lebih murah hanya tinggal bertumpu pada kebijakan Mendikbud dan Dirjen Dikti dalam memutuskan UKT. Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan. Pertama, menyetujui usulan UKT PTN dengan cara hitungan yang dilakukan PTN, yang berarti UKT mahal. Kedua, pemerintah memberikan BOPTN dalam jumlah besar sehingga UKT terjangkau. Namun, dana BOPTN sudah ditentukan sebesar Rp 2,7 triliun sehingga tidak mungkin memberikan subsidi melebihi anggaran tersebut. Ketiga, pemerintah berani menghapus pos-pos pembiayaan dengan prioritas rendah yang diusulkan PTN. (referensi: BEM KM UGM)

5 Keanehan dari Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT)

uang kuliah tunggal

Surat edaran Ditjen Dikti tentang UKT mengacu pada UU Nomor. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Tetapi, tidak disebutkan mengacu ke pasal yang mana dalam surat edaran tersebut. Akan tetapi, beberapa analisa kami mengacu kepada pasal 88 ayat 5 UUPT yang menyebutkan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai standar satuan biaya operasional Pendidikan Tinggi akan diatur dalam Peraturan Menteri.

Ada beberapa kejanggalan yang terjadi apabila kita melihat UKT lebih dekat lagi, yaitu:

  1. Apabila kita melihat surat edaran Ditjen Dikti, maka itu bukanlah Peraturan Menteri, tetapi itu adalah surat edaran Ditjen Dikti.
  2. Standar satuan biaya operasional pendidikan tinggi sekarang, dengan adanya sistem UKT, masih dalam tahap penghitungan oleh PTN, bukan satuan yang ditetapkan Menteri, seperti yang tertera dalam pasal 88 ayat 5 UUPT.
  3. Memang ada Peraturan Mendikbud Nomor 58 Tahun 2012 tentang BOPTN. Tetapi, BOPTN bukanlah kepanjangan dari ‘Biaya Operasional Perguruan TInggi Negeri’ melainkan ‘Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri’. Jauh berbeda makna ‘biaya’ dan ‘bantuan’
  4. Kenaikan BOPTN versi bantuan (bukan biaya), maka logikanya uang kuliah menjadi turun karena ada kenaikan yang luar biasa hampir 2 kali lipat dari tahun sebelumnya, tetapi sekali lagi berdasarkan hitungan-hitungan kami terkait biaya UKT dan non-UKT, ada disparitas biaya yang lebih mahal dari sebelumnya. Logikanya mengapa bantuan lebih banyak turun, tetapi uang kuliahnya jadi lebih mahal bukan lebih murah? Kemana uang-uang tersebut dialokasikan?
  5. Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini lebih menguntungkan calon mahasiswa yang membayar SPMA lebih besar, dan merugikan calon mahasiswa baru yang membayar SPMA lebih kecil dan menengah.

Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa Erasmus Mundus

tips dapat beasiswa ke luar negeri

Tahu Program Beasiswa Erasmus Mundus gak Anak Unsri? Beasiswa Erasmus Mundus adalah adalah program beasiswa dalam bidang pendidikan tinggi dalam rangka untuk mempromosikan Uni Eropa sebagai pusat keunggulan dan kemajuan dunia. Nah, tiap tahunnya Erasmus Mundus ini memberangkatkan puluhan hingga ratusan pelajar Indonesia untuk merasakan pendidikan tinggi di Eropa. Salah satunya adalah Tahrizi Andana, penerima beasiswa program doktoral Erasmus Mundus.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips sukses mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus dari seorang Tahrizi Andana, yang baru berusia 21 tahun tapi sudah mengenyam pendidikan S-3. Siapa itu Tahrizi Andana? Baca info seputar Tahrizi Andana disini.

Berikut tips ampuh mendapatkan Beasiswa Erasmus Mundus dari Tahrizi Andana:

Sesi pertama, urusan administrasi harus diutamakan. Usahakan lolos semua persyaratan. Urus juga surat rekomendasi.

Sesi kedua, interview diusahakan dijawab sebisa mungkin dan setepat mungkin jawabannya.

Sesi ketiga, motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar yang tinggi membuat calon penerima beasiswa giat dan terus berusaha untuk mengetahui ilmu dan pelajaran yang ada dalam kehidupan ini.

Semoga bermanfaat, dan di masa mendatang akan banyak Anak Unsri yang menerima beasiswa Erasmus Mundus. Aamin

Ini 40 Fakta Unik Tentang Anak SMA

fakta anak sma

Fakta Saat masih SMA – Siapa sih yang tidak kangen dengan masa SMA. Masa SMA merupakan masa yang penuh dengan kenangan yang seru dan tak terlupakan. Masa SMA yang dihabiskan dengan galau, sedikit alay dengan gaya yang agak ‘ga jelas’ Namun semua itu adalah fakta anak SMA yang tidak dapat dipungkiri.

Berikut ada 40 fakta unik seputar anak SMA yang saya ambil dari sebuah Hot Thread di Kaskus. Semoga bermanfaat.

1. Pelajaran yang paling disukai anak SMA adalah pelajaran kosong.

2. Saat pelajaran kosong lebih banyak dihabiskan di kantin.

3. Anak SMA memiliki kebiasaan unik, yaitu mencurahkan isi hati di bangku, dinding, bahkan baju temannya sendiri. Kebanyakan pelakunya adalah siswa putri.

4. Kebiasaan unik lainnya adalah, menulis pesan singkat di bangku dan berharap ada yang membalas.

5. Banyak sekali rumus-rumus yang ditemukan di bangku, dan tembok.

6. Anak SMA memiliki penglihatan yang sangat tajam karena bisa membaca tulisan sangat kecil di contekan mereka.

7. Anggota OSIS adalah yang paling narsis.

8. Hari senin adalah hari yang paling tidak disukai. Karena jauh dengan akhir pekan.

9. Saat anak laki-laki berkerumun, itu patut dicurigai.

10. Tempat yang paling diincar saat ulangan adalah paling belakang.

11. Anak SMA lebih suka ujian bersama daripada ujian sendiri.

12. Menyoraki guru atau teman saat di kelas adalah kegiatan melepas stress.

13. Menggoda adik kelas yang bahenol itu menyenangkan. Mengolok-olok teman juga menyenangkan. Begitu juga dengan batal ulangan.

14. Jika Anda pintar, tapi pelit. Berhati-hatilah!

15. Saat awal kelas tiga, siswi putri sudah membicarakan promnite.

16. Jika Anda belum belajar saat akan ulangan, tenang. Siapkan uang untuk mentraktir teman Anda.

17. Ciuman pertama mayoritas dirasakan saat SMA.

18. Bermain upil (kotoran hidung) saat pelajaran adalah keusilan paling menjijikkan.

19. Musyawarah satu kelas biasanya dilakukan untuk memutuskan memanggil guru piket atau tidak.

20. Ketua kelas paling sering disuruh-suruh. Sehingga ketua kelas = PU (pembantu umum)

21. PR biasa dikerjakan pada pagi-pagi hari sekali di kelas.

22. Guru killer paling sering dibicarakan oleh muridnya, bahkan sampai diberi sumpah serapah. Dan sampai ada julukan/panggilan tertentu bagi guru-guru killer.

23. Siswa laki-laki adalah biang keramaian di kelas.

24. Jika ada teman yang dihukum di depan kelas, malah ditertawai.

25. Tepung dan telur biasanya juga nyasar ke sekolah, apalagi saat ada yang ultah.

26. Siswi perempuan adalah biang keheningan di kelas, namun tidak jarang mereka juga menjadi biang keramaian.

27. Anak SMA lebih sering pergi ke toilet saat pelajaran dibanding saat istirahat.

28. Target keusilan dan olok-olok kebanyakan adalah anak-anak culun.

29. Ada 1001 alasan saat tidak mengumpulkan PR. Namun, yang paling sering adalah “Lupa Bu”

30. Kode waktu ulangan ke teman yaitu jari telunjuk adalah jawaban A, ditambah jari tengah menjadi jawaban B, ditambah jari manis menjadi jawaban C. dan seterusnya.

31. Senior biasanya lebih dihormati.

32. MOS adalah saat yang menyenangkan bagi kakak kelas.

33. Sesuatu yang paling ditunggu adalah bel pulang sekolah.

34. Liburan mengakibatkan sebagian rumus hilang dari ingatan.

35. Siswa-siswi jurusan IPS biasanya lebih seru dan gokil dari jurusan lainnya.

36. Kebanyakan anak kelas tiga, bingung untuk meneruskan kemana setelah lulus.

37. Kelas dua SMA bisa dibilang lebih santai dari kelas 1 atau 3.

38. Drama yang seharusnya menyedihkan di depan kelas bisa saja menjadi acara komedi dadakan.

39. Jika anak-anak “pintar” ngomongin pelajaran. Anak yang “nakal” biasanya ngomongin gimana caranya biar bisa pulang lebih cepet.

40. Ketika ada jadwal ulangan, doa anak SMA “Ya Tuhan, semoga hari ini guru-guru rapat.”

6 Cara Asyik Belajar Sejarah yang Tak Pernah Kamu Bayangkan

cara belajar sejarah

Sejarah…

Setelah mendengar kata itu yang terlintas di benak kita tentu museum yang tidak terawat, buku-buku tebal yang berdebu, serta cerita-cerita simpang siur terkait masa lalu. Meskipun begitu, sejarah merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Apa yang terjadi hari ini merupakan hasil dari apa yang terjadi di masa lalu.

Masalahnya sekarang ini sedikit banget anak muda Indonesia yang gemar atau tertarik mempelajari sejarah. Padahal menuru Bung Karno “Negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa para pahlawannya.” Bagaimana mau menghargai jasa para pahlawan kalau tidak tahu siapa pahlawan yang berjuang demi bangsa ini.

Nah, buat kamu yang masih muda dan punya minat untuk mempelajari sejarah. Ada banyak kok cara asyik belajar sejarah. Jadi kamu ga musti baca buku yang tebalnya ratusan dengan bahasa tingkat “Dewa”. Yuk simak cara asyik belajar sejarah di era masa kini.

1. Musik

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah

Saat ini sudah banyak musisi Indonesia yang ingin mengenalkan anak muda Indonesia dengan budaya bangsa melalui musik. Meskipun secara lirik lagu tidak ada unsur sejarahnya, tapi nuansa aransemennya coba dibangun dengan suasana masa lalu. Beberapa musisi yang sukses bergaya retro adalah Club80′s , Naif, White Shoes & The Couples Company.

Grup musik konsisten dengan gaya masa lalu yang mereka usung. Salah satu yang paling keren tentu saja lagu “Keroncong Protol” milik Bondan & Fade 2 Black. Mereka sukses membuat lagu keroncong yang dibalut dengan musik masa kini.

2. Film

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah,film sejarah

Film bertema sejarah sedang laku dan digemari di Indonesia. Berbagai genre yang menonjolkan sisi sejarah makin banyak ditemui sekarang. Jadi tidak sekedar film Horor Seks lagi yang mendominasi di Indonesia. Mulai dari film Sang Pencerah, Ca Bau Khan, hingga Gie. Semuanya menarik untuk ditonton dan sarat nilai moral kebangsaan.

3. Novel

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah,novel sejarah

Selain film dan musik, cara asyik menikmati belajar juga melalui novel. Berbeda dengan buku sejarah kebanyakan, novel sejarah biasanya menggunakan cerita yang seru dan mendebarkan sehingga tidak membosankan. Beberapa novel sejarah yang banyak menarik banyak perhatian adalah Da Vinci Code karya Dan Brown, Gadjah Mada karya Langit Kresna, dll.

4. Teater

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah,anak unsri

Ga cuma film yang dapat menarik perhatian anak muda tentang sejarah. Teater juga sangat menarik untuk ditonton terlebih ketika mengangkat teman sejarah masa lampau. Beberapa kali menonton Teater Gabi yang membahas tentang sejarah dan itu cukup fascinating. Ini akun Twitter Teater Gabi.

5. Clothing / fashion

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarah

Nah ternyata kaos ga cuma dipake untuk gaya-gayaan tapi juga sebagai sarana untuk mengedukasi orang lain seputar sejarah bangsa. Salah satu pionirnya adalah Soekitman Cloth Story, yang fokus pada clothing yang berbau sejarah. Salut!

6. YouTube

sejarah, bangsa, indonesia,sejarah indonesia,sejarah bangsa indonesia,bangsa indonesia,belajar sejarah,belajar sejarah indonesia,belajar sejarah bangsa indonesia,cara belajar sejarahfilm sejarah,musik sejarah,sejarah musik indonesiasejarah musik,film bertema sejarah

Hari gini siapa sih yang gak tahu YouTube, situs video sharing terbesar di dunia. Hampir-hampir seluruh video yang ada di dunia ini ada di situs tersebut. Nah, cara seru lainnya untuk belajar sejarah adalah dengan cara menonton video di YouTube. Tapi tentu aja bukan Justin Bieber yang dicari, tapi sejarah bangsa. Coba deh search video Bung Karno pasti merinding dan bergetar banget liatnya. Baru tahu kita kenapa Seluruh Rakyat Indonesia mempercayakan nasib bangsa sama Bung Karno karena orangnya berwibawa banget.

Ini video Bung Karno saat pidato di depan rakyat Jakarta. Sumpah Keren BANGETTT!
[youtube http://www.youtube.com/watch?v=4manHf7iAhg]

Ini Dia Lulusan SMA Tertua di Dunia

lulusan sma tertua di dunia

Bayangkan seorang kakek yang telah berusia lebih dari 100 tahun masih memakai seragam sekolah. Ini bukan cerita di film Holywood tapi merupakan kisah nyata dari kegigihan kakek bernama Fred Butler yang tetap menamatkan sekolah menengah atasnya di usia 106 tahun.

Setelah sebelumnya dibahas kakek usia 68 tahun yang masih kuliah. Pada kesempatan kali ini lebih hebat lagi, Fred Butler putus sekolah puluhan tahun yang lalu, dan tetap memiliki semangat untuk mengejar pendidikannya. Luar biasa!

Fred Butler lahir pada tahun 1906. Saat kecil ia bekerja pada perusahaan percetakan tiap pagi lalu sorenya ia akan masuk sekolah selepas kerja di Beverly. Saat mendapat pekerjaan tetap, ia memutuskan untuk putus sekolah dan membantu ibu serta adik-adiknya. Ia juga sempat masuk menjadi tentara Amerika pada Perang Dunia 2.

Fred mendapat gelar pemberian diploma kehormatan dalam upacara khusus di Beverly High School Masschussets, Amerika Serikat. Tak ayal, ia pun terisak saat menerima gelar kehormatan itu. “Saya tidak pernah menduga akan mendapatkan ini, saya benar-benar menghargainya.” ujarnya.

Kakek yang sudah menikah selama 65 tahun ini mengaku menyesal putus sekolah sehingga terus menekankan tentang pentingnya pendidikan kepada anak cucu dan cicitnya. Mike Calabro, sang cucu, mengaku Fred selalu memberinya hadiah uang USD 5 setiap mendapat nilai A karena saking menghargai pendidikan. Dengan mendapat ijazah SMA ini pun membuat anak-anak Fred senang karena juga mengobati kesedihan atas wafatnya ibu mereka.

Salut banget dengan kegigihannya untuk terus berusaha. Kita para mahasiswa juga jangan kalah dengan beliau.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Ala AnakUnsri.com

tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Tiap tahun jumlah siswa lulus SMA yang akan masuk ke jenjang perguruan tinggi semakin banyak saja. Tentu itu membuat persaingan masuk perguran tinggi semakin sengit. Selain jumlah pesaing yang akan mengikuti SNMPTN yang semakin banyak, juga harus diperhatikan adalah jurusan yang akan dipilih oleh calon mahasiswa.

Tidak semua lulusan SMA akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, dan tidak semua yang mengikuti SNMTN bisa lolos seleksi. Nah, oleh karena itu saya akan memberi beberapa saran agar siswa tidak salah pilih jurusan kuliah. Karena kuliah merupakan tonggak penting dalam kehidupan kita.

Berikut adalah tips memilih jurusan kuliah yang tepat bagi lulusan siswa SMU:

1. Pilih jurusan berkualitas

Jurusan yang berkualitas akan mempengaruhi masa depan kamu. Soalnya jurusan yang sama dengan akreditasi yang berbeda turut mempengaruhi pandangan orang,dan terpenting jurusan dengan akreditasi yang baik lebih bernilai di mata perusahaan bila anda akan melaar kerja. Sebelum kamu memutuskan akan kuliah dimana, ada baiknya kamu cari dulu nilai akreditasi jurusan tersebut, semakin baik akreditasi jurusan tersebut, makan semakin baik kualitas jurusan tersebut. Nilai akreditasi jurusan biasanya berkisar dari A-C.

2. Pilih sesuai minat dan bakat

Bakat dan minat orang berbeda-beda. Ada orang yang suka bergaul dan berbicara di depan orang lain, ada pula yang lebih gemr berteman dengan komputer. Minat dan bakat sangat mempengaruhi masa kuliahmu. Orang yang kuliah tidak sesuai bakat dan minat biasanya akan cepat bosan dengan pelajaran yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Tidak sedikit mahasiswa yang telat tamat atau bahkan DO hanya karena tidak memilih jurusan sesuai minat dan bakat.

3. Jangan ikut-ikutan

Untuk masalah jurusan kuliah, jangan pernah mengikuti orang lain. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah hanya karena teman-teman mereka banyak ngabil jurusan tertentu, atau bahkan pacar mereka ambil jurusan tertentu. Pilihlah jurusan kuliah berdasarkan pertimbangan pribadi. Sikap yang ikut-ikutan ini tidak akan bertahan lama. Bila kau putus atau terpisah dengan teman kamu padahal kamu ikut-ikutan ambil jurusan tertentu, tentu kamu sendiri yang akan merasakan akibatnya.

4. Pilih yang fasilitasnya lengkap

Jurusan dengan akreditasi baik tapi minim fasilitas juga turut mempengaruhi kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Kelengkapan fasilitas berbanding lurus dengan minat belajar mahasiswa. Saat kamu akan menentukan jurusan kuliahmu, ada baiknya kamu juga cari tahu kelengkapan fasilitas jurusan yang ingin kamu masuki. Cari tahu kelengkapan alat-alat yang kira-kira akan menjadi kebutuhan kamu saat kuliah nanti. Carilah kampus yang memiliki fasilitas terlengkap.

5. Sesuaikan dengan keuangan

Selain kamu harus mencari tahu info kampus yang kamu inginkan, kau juga harus tahu kemampuan keuangan orang tua kamu. Jangan sampai kamu memaksakan kehendak kamu untuk kuliah padahal keuangan orang tua tidak cukup. Pilihlah jurusan atau kampuas yang biaya kuliahnya masih terjangkau keuangan keluarga kamu.

6. Sesuai Cita-cita

Tujuan kuliah sebenarnya adalah untuk menggapai masa depan gemilang yang sesuai dengan impian dan cita-citamu. Jurusan kuliah yang kamu pilih harus sesuai dengan impian atau cita-cita kamu. Bila kamu ingin jadi dokter, jangan pilih jurusan pertanian. Itu tidak match dengan cita-citamu.

7. Prospek masa depan cerah

Pilihlah jurusan yang memiliki prospek yang bagus. Kamu tentu tidak mau dong kuliah kamu sia-sia karena jurusan kamu kurang bagus prospeknya. Karena ada beberapa jurusan yang kurang memiliki prospek yang bagus bagi lulusannya.

8. Doa

Jangan lupa berdoa untuk meminta petunjuk dari Tuhan karena Dia yang lebih tahu mana yang terbaik untuk kita.

Kisah Pilu Taspirin, Bocah 12 Tahun yang Hidupi Ketiga Adiknya

taspirin

Kerasnya kehidupan mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan Taspirin. Bocah berusia 12 tahun ini harus berjuang seorang diri membesarkan adik-adiknya ketika jutaan anak Indonesia lainnya masih sibuk bermain boneka dan nonton televisi di rumah.

Di usianya yang masih begitu muda, Taspirin sudah menjadi kepala keluarga bagi adik-adiknya yang masih sangat kecil. Hal itu dilakukannya karena mereka sudah tidak ada orang tua lagi. Ayah dan kakak sulungnya pergi merantau ke Kalimantan, sedang ibunya sudah meninggal 2 tahun yang lalu akibat terkena longsoran batu ketika bekerja menambang pasir dekat rumahnya.

Keseharian Tasripin, warga Dusun Pesawahan, Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sudah dimulai saat azan subuh baru saja berkumandang. Ia memulai hari dengan menanak nasi di dapur yang gelap dan lembab. Ketiga adiknya dibangunkan, lalu satu per satu dimandikan.

Rumah yang ditempati Taspirin dan adik-adiknya hanya sebuah rumah dengan papa berukuran 5×6 meter saja. Hanya ada 2 kursi panjang dan satu meja kayu yang menjadi perabotan di rumah beralaskan tanah itu. Berbeda dengan rumah di sebelahnya yang berlantai keramik dan tembok.

Kondisi rumah Taspirin lembap dan pengap. Meskipun hari sudah siang tetap saja hawa lembap terasa di rumah tersebut. Hal itu tentu saja tidak baik bagi pertumbuhan keempat anak yang masih dalam usia pertumbuhan tersebut.

Taspirin dan ketiga adiknya, Dandi (7), Riyanti (6) dan Daryo (4) tidur di dipan kayu beralaskan plastik. Bila dingin tiba-tiba menyergap, mereka hanya berselimutkan sarung untuk menghangatkan tubuh mereka. Lingkungan seperti ini dapat membahayakan kesehatan mereka.

Meski yatim dan jauh dari ayahnya, Tasripin berusaha mandiri. Ia cekatan mengurusi adik-adiknya. Untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, ia bekerja menjadi buruh tani pada tetangganya. Ia juga kadang bekerja serabutan asal bisa mendapat uang, mulai dari mengeringkan gabah, bekerja di sawah, hingga menjadi kuli angkut hasil panen. Ia tidak mengeluh meski harus mengangkut barang sejauh 2 km dari sawah ke rumah juragannya. Kadang Taspirin dibayar uang Rp10.000 atau dikasih beras oleh juragannya.

Kadang kala ia pun terpaksa berutang bila tidak ada pekerjaan. Beruntung ia memiliki tetangga yang memahami kondisi keluarganya. Bila tidak bekerja, kadang tetangga dan bibinya yang memberi makanan.

Selain memasak, Tasripin juga mencuci pakaian, menyapu rumah, hingga terkadang membetulkan talang air rumahnya yang bocor. Meskipun bekerja, dia selalu memantau ke mana adik-adiknya bermain. Jika sore menjelang dan adiknya belum pulang, ia akan mencari mereka hingga ke hutan.

Ayahnya beberapa kali mengirim uang melalui bibi Tasripin. Uang itu untuk membayar listrik dan kebutuhan mendesak, seperti jika ada adiknya yang sakit. Akibatnya, sekolah menjadi barang mahal bagi mereka. Dari keempat anak itu, hanya Daryo yang bersekolah di pendidikan anak usia dini (PAUD).

Tasripin sebenarnya masih terlilit biaya sekolah lebih dari Rp 100.000 di SD Negeri Sambirata 3. Kedua adiknya, Dandi dan Riyanti, tidak melanjutkan sekolah karena malu sering diejek teman-temannya. Riyanti, adik perempuannya, sakit. Ada luka di kepalanya.

Meski miskin dan tidak merasakan pendidikan, Tasripin merasa bertanggung jawab pada akhlak adik-adiknya. Tiap sore dia mengajari adik-adiknya membaca Al Quran. Dengan sabar, dia juga mengajak adiknya shalat dan mengaji di mushala depan rumahnya. Saat malam kian larut, ia mulai menidurkan adiknya. Dinginnya angin gunung yang menelusup melalui celah papan rumahnya dilawan Tasripin dengan memeluk erat adik-adiknya yang lelap.

Wajib Tahu! Keuntungan Pacaran dengan Mahasiswa FKIP Calon Guru

Keuntungan Pacaran dengan Calon Guru

Udah lama tidak nulis di AnakUnsri.com. Berasa separuh aku hilang aja. (hehehe) Kali ini pengen bahas masalah pacaran. Enggak tahu kenapa. Mungkin sudah panggilan alam kali.

Well, Anak Unsri. Pacaran di saat kuliah beda dengan pacaran waktu masih sekolah. Ketika kamu pacaran di masa kuliah, orientasinya sudah bukan maen-maen lagi ataupun cinta monyet, melainkan sudah proyeksi untuk mencari pasangan hidup. Sebab menurut dosen Kalkulus : Kemungkinan pacar menjadi pasangan hidup saat kuliah itu 70%. Tinggi banget kan brow.

Kali ini gw pengen bahas keuntungan pacaran dengan mahasiswa/i dari fakultas keguruan a.k.a kependidikan. Ladies-ladies dari jurusan ini punya banyak keunggulan. Mau tahu apa aja. Lanjutin bacanya.

1. Suka anak-anak

Ya iyalah, namanya juga calon guru harus senang anak-anak dong. Karena mereka bekerja dengan bertemu anak-anak, mereka lebih memahami anak. Jadi kalo kamu memutuskan menikah dengan lulusan jurusan ini, mereka punya kemampuan mendidik anak yang baik.

2. Jadwal liburan

Salah satu keuntungan terbesar mempunyai pasangan seorang guru adalah mereka memiliki jadwal liburan yang teratur. Berbeda dengan teknisi ataupun pekerja lain selain guru yang liburnya berdasarkan cuti. Hal ini tentu menjadi kelebihan apabila kamu menikah dengan calon guru kamu bisa mengatur jadwal, dan mereka bisa menemani anak-anak ketika anak liburan.

3. Gemar berpikir positif

Guru termasuk orang yang selalu berpikir positif. Mereka selalu mencoba mengambil sisi positif dari tiap anak didiknya. Tidak peduli sebodoh apapun, guru biasanya bilang,” Tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanyalah orang yang malas belajar.” Nah, itu juga berpengaruh ketika kamu menjalani hidup. Menjalani hidup bersama orang yang berpikir positif membuat orang mampu menyelesaikan persoalan dengan baik.

4. Terbiasa menyiapkan banyak hal

Sebelum mengajar, seorang guru terbiasa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari alat tulis, kertas, slide, bahan ajar, dan lain sebagainya. Jadi kamu tidak perlu repot, sebab dia akan mengurus segalanya untukmu. :)

5. Ramah

Guru terbiasa berkomunikasi dengan banyak orang dari segala usia. Mulai dari anak-anak, orang tua, teman, hingga wali murid serta atasan. Sehingga mereka punya kemampuan linguistik yang hebat. Kalo nanti kamu ngenalin mereka sama orang tua, dijamin tokcer.

6. Suka belajar

Kebiasaan guru yang lain adalah mereka selalu belajar. Keinginan untuk mencerdaskan bangsa membuat mereka giat belajar, dan selalu mencari topik-topik terhangat dari ilmu pengetahuan untuk dibagi bersama muridnya. Pacaran dengan calon guru bisa menambah wawasan.

7. Tidak egois

Salah satu sifat yang tidak bisa dipisahkan dari seorang guru yang biasanya ditanamkan pada calon guru adalah tidak egois. Mahasiswa jurusan keguruan yang diproyeksikan jadi guru mementingkan orang lain dibanding dirinya. Kalau kamu punya pacar calon guru, siap-siap aja dapet perhatian lebih.

So far, untuk hari ini segitu aja dulu. Lain kali kalo ada inspirasi lagi bakal di-share disini. See ya!