Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah -Bagi kalian yang ingin meneruskan pendidikan masuk ke perguruan tinggi tentunya harus sudah menyiapkan jurusan apa yang akan diambil nanti. Beberapa anak suka mengalami kendala dalam memutuskan utuk memilih perguruan tinggi mana dan memilih jurusan kuliah apa karena sebagian anak belum mengetahui bakat dan minatnya sendiri.

tips memilih jurusan kuliah yang tepat
Tak sedikit anak yang memilih jurusan kuliah atas dasar ikut-ikutan temannya yang sudah kuliah, karena dorongan dan paksaan orang tua dan juga karena mengikuti pacar. Yang perlu kalian tau jika memilih jurusan kuliah tidak sesuai dengan kepribadian, bakat, minat serta potensi diri kita sendiri akan menimbulkan beberapa masalah dalam proses study. Salah memilih jurusan kuliah punya dampak yang signifikan terhadap kehidupan di masa mendatang, kira-kira apa dampak salah memilih jurusan kuliah? Ada yang tau?
Berikut Dampak Salah Memilih Jurusan Kuliah
1. Problem Psikologis
Mempelajari sesuatu yang tidak sesuai minat, bakat dan kemampuan, merupakan pekerjaan yang sangat tidak menyenangkan, apalagi kalau itu bukan kemauan / pilihan anak, tapi desakan orang tua. Belajar karena terpaksa itu akan sulit dicerna otak karena sudah ada blocking emosi. Kesal, marah, sebal, sedih, itu semua sudah memblokir efektivitas kerja otak dan menghambat motivasi. Memilih jurusan kuliah sesuai dengan saran teman atau trend, padahal tidak sesuai dengan minat diri juga punya dampak psikologis, yakni menurunnya daya tahan terhadap tekanan, konsentrasi dan menurunnya daya juang. Apalagi kalau pelajaran kian sulit, masalah semakin bertambah, bisa menyebabkan kuliah terancam terhenti di tengah jalan.

2. Problem akademis

Problem akademis yang bisa terjadi jika salah mengambil jurusan kuliah yaitu, seperti prestasi yang tidak optimum, banyak mengulang mata kuliah yang berdampak bertambahnya waktu dan biaya, kesulitan memahami materi, kesulitan memecahkan persoalan, ketidakmampuan untuk mandiri dalam belajar, dan buntutnya adalah rendahnya nilai indeks prestasi. Selain itu, salah memilih jurusan kuliah bisa mempengaruhi motivasi belajar dan tingkat kehadiran. Kalau makin sering tidak masuk kuliah, makin sulit memahami materi, makin tidak suka dengan perkuliahannya akhirnya makin sering bolos. Padahal, tingkat kehadiran mempengaruhi nilai.

3. Problem relasional

Salah memilih jurusan kuliah membuat anak tidak nyaman dan tidak percaya diri. Ia merasa tidak mampu menguasai materi perkuliahan sehingga ketika hasilnya tidak memuaskan, ia pun merasa minder karena merasa dirinya bodoh, dsb hingga dia menjaga jarak dengan teman lain, makin pendiam, menarik diri dari pergaulan, lebih senang mengurung diri di kamar, takut bergaul karena takut kekurangannya diketahui, dsb. Atau, anak bisa jadi agresif karena kompensasi dari inferioritas di pelajaran. Karena dia merasa kurang di pelajaran, maka dia berusaha tampil hebat di lingkungan sosial dengan cara missal, mendominasi, mengintimidasi anak yang dianggap lebih pandai, dsb.

Nah, setelah kita tau betapa besar dampak salah memilih jurusan kuliah, maka tugas kita selanjutnya adalah bagaimana cara memilih jurusan yang benar.
Bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat?

Memilih jurusan kuliah pada dasarnya merupakan sebuah proses yang sudah dimulai sejak masa anak-anak. Kesempatan, stimulasi, pengalaman apa saja yang diberikan pada anak sejak kecil secara optimum dan konsisten, itu akan menjadi bekal, modal dan fondasi minat dan bakatnya. Makin banyak dan luas exposure-nya, makin anak tahu banyak tentang dirinya, tapi makin sedikit exposure nya, makin sedikit juga pengetahuan anak tentang dirinya. Menurut Gunadi et al (2007), ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemilihan jurusan agar jurusan yang dipilih tepat, berikut tips memilih jurusan yang tepat menurut Gunadi (2007):

Mencari informasi secara detil mengenai jurusan yang diminati. Sebelum memilih jurusan, hendaknya anak punya informasi yang luas dan detil, mulai dari ilmunya, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, universitasnya, komunitas sosialnya, kegiatan kampusnya, biaya, alternative profesi kerja, kualitas alumninya, dsb.

Menyadari bahwa jurusan yang dipilih hanya merupakan salah satu anak tangga awal dari dari proses pencapaian karir. Anak perlu tahu realitanya, bahwa jurusan yang dipilih tidak menjamin kesuksesan masa depannya. Jangan dikira bahwa dengan kuliah di jurusan tersebut maka hidupnya kelak past sukses seperti yang di iklankan.
Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan kemampuan dan minat siswa yang bersangkutan. Jika seorang siswa memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minatnya, maka dirinya akan mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan selama kuliah, namun jika dirinya tidak memiliki kemampuan dan minat dalam jurusan yang dipilih, bisa mempengaruhi motivasi belajar seperti yang telah dijelaskan di atas.
Berpikiran jauh ke depan melihat konsekuensi dari setiap pilihan, apakah mampu menjaga komitmen dan konsekuensi kerja sebagai akibat dari pilihan itu? Di setiap pilihan pasti ada konsekuensi profesi, jangan sampai ingin punya status tapi tidak ingin menjalani konsekuensinya. Jangan sampai ingin jadi dokter tapi tidak siap mendapatkan panggilan mendadak tengah malam dari pasiennya; ingin jadi tentara tapi takut berperang; ingin jadi guru tetapi tidak sabar / tidak senang disuruh menghadapi anak murid. Jadi, kalau sudah punya cita-cita, siapkan mental, fisik dan komitmen untuk mau belajar menghadapi tantangannya.
Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan cita-cita anak. Setiap anak pasti memiliki cita-cita. Jika anak bercita-cita menjadi psikolog maka sebaiknya memilih jurusan psikologi bukan jurusan sosiologi atau yang lainnya. Jika ingin menjadi dokter, ya harus mengambil kuliah kedokteran. Pelajari bidang studi yang mempunyai beberapa proses. Misalnya, anak kelak ingin menjadi dokter bedah, maka terlebih dahulu harus menjalani kuliah di kedokteran umum.
Menyiapkan beberapa alternatif. Alangkah baiknya jika anak memiliki lebih dari satu alternative untuk menjaga jika dirinya tidak masuk di alternative pertama, maka masih ada kesempatan di alternative berikutnya. Pemilihan alternative studi harus pun diupayakan yang masih sesuai dengan minat dan kemampuan anak, bukan karena pilihan yang paling besar kemungkinan diterima padahal tidak sesuai minat.
Kuliah membutuhkan banyak biaya dan waktu yang tidak sebentar. Maka, selagi masih belum terlanjur, memilih jurusan kuliah harus memang benar-benar tepat untuk anda, jangan sampai nantinya putus ditengah jalan.

Tips Memilih Dosen Pembimbing untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Tips Memilih Dosen Pembimbing untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Tips Memilih Dosen Pembimbing untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Kamu sekarang sudah di ujung perkuliahan alias sedang skripsi, friends? kalau kamu saat ini sedang menuju atau sedang mengerjakan skripsi. Ada satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kesuksesan skripsi kita, yaitu dosen pembimbing. Dosen pembimbing dapat dikatakan orang yang paling penting di akhir masa perkuliahan.
Memilih dosen pembimbing pun jangan asal-asalan my friends. Kalau tidak skripsi anda bisa terbengkalai hingga lapuk di makan laron yang berkeliaran di tengah malam. Wkwkwk.
Berikut tips dari gw buat Anak Unsri dan mahasiswa semuanya, tipe-tipe dosen pembimbing dan cara mengatasinya:

1. Dosen Diktator

Dosen pembimbing tipe ini ingin skripsi kita seperti keinginan dia. Dia tidak segan-segan memarahi apabila skripsi kita tidak sejalan dengan keinginannya.
Cara menghadapinya: Kamu harus punya landasan teori yang kuat agar punya argumen yang cukup kuat untuk meng-counter omongannya. Karena itu kamu harus baca jurnal,text book, dll sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan skripsi kamu.

2. Dosen Inkonsisten

Tipe dosen pembimbing yang satu ini benar-benar bikin pusing. Bagaimana tidak, hari ini bilang A, besok B. Sudah ikutin yang B, malah bilang C. Kamu harus benar-benar tabah menjalani cobaan ini. :)
Cara menghadapinya: Selalu buat catatan atau progres report secara tertulis. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah mulai mengerjakan skripsi dan dibilang ,”Tidak Ingat’. Kalau perlu rekam setiap perkataan dosen tersebut sebagai barang bukti.

3. Dosen Tukang Meremehkan

Jelas, tidak semua mahasiswa itu pintar. Ada kalanya mahasiswa yang masuk PTN itu karena keberuntungan. Kalau selama kuliah kamu merasa berat hingga nilai banyak jeblok dan bertemu dosen pembimbing tipe ini. Saran gw cuma satu : Kuatin mental dan kesabaran loe.
Cara menghadapinya : Kamu harus terus berjuang tanpa kenal menyerah. Siapa tahu setiap tetes keringat dan darah yang kamu keluarkan saat skripsi mampu meluluhkan’ tembok” keangkuhan dosen tersebut.

4. Dosen Seleb

Merasa seperti selebritis yang kerap tampil di infotainment, dosen pembimbing skripsi tipe ini susah sekali ditemui. Kalau kamu sudah minta bimbingan, bertemu dengannya mungkin lebih sulit daripada ketemu Nikita Willy.
Cara menghadapinya : Kamu harus terus bergerilya, seperti saat Indonesia dijajah Belanda. Cari tahu jadwal mengajarnya, tunggu waktu luangnya, bahkan cari kesempatan di sela kesibukannya. Kamu juga harus sering berkomunikasi dengannya dan minta jadwal bimbingan.

5. Dosen Moody

Terkadang ia begitu baik, kamu merasa bertemu dengannya laksana bertemu malaikat tanpa sayap. Di lain waktu, ia bisa kalap seolah-olah ingin menelan anda bulat-bulat.
Cara Menghadapinya : Kamu harus bertingkah seperti peramal. Artinya kamu harus belajar cara menerawang sikon dan suasana hati dosen pembimbing sebelum minta jadwal bimbingan.
Demikianlah tips dari gw, semoga bermanfaat buat Anak Unsri dan mahasiswa Indonesia. Hidup Mahasiswa!

Tips Menghadapi Seminar Proposal Skripsi (Sempro)

Tips Menghadapi Seminar Proposal Skripsi (Sempro)

Tips Menghadapi Seminar Proposal Skripsi (Sempro)

Banyak yang menganggap seminar proposal skripsi itu menyeramkan. Sesungguhnya tidak demikian kalau kalian paham dengan baik apa sesungguhnya seminar proposal ini. Tips ini pernah saya twit untuk Geodesi UGM. Silakan disimak dan semoga membantu.

  1. Seminar proposal skripsi itu bukan pengadilan, tidak usah takut 🙂 Itu adalah proses dialog untuk memastikan mahasiswa siap membuat skripsi.
  2. Tujuan utama Seminar proposal skripsi adalah untuk membantu mahasiswa dalam menyiapkan skripsinya jadi tdk perlu tegang tapi perlu siap-siap dengan baik.
  3. Intinya kalian mau bikin skripsi maka kalian perlu sampaikan gagasan skripsi itu kepada dosen agar dipastikan arahnya benar dan kalian tidak tersesat.
  4. Kalian perlu sampaikan apa yang sudah ada atau diteliti orang lain dan sampaikan apa yang belum ada atau diteliti. Nah itulah yang ingin kalian teliti. Namanya filling the gap. Makanya tugas utama kalian adalah membaca penelitian terdahulu.
  5. Pada dasarnya, dosen perlu tahu, kalian mau apa, siap nggak kalian melakukannya, sdh punya data belum. Intinya agar pembuatan skripsi nanti lancar 😉
  6. Dalam presentasi harus sampaikan apa topik skripsinya, mengapa itu perlu dilakukan, metode/caranya bagaiamna, datanya dari mana, lalu hasilnya nanti apa? Gunanya apa? Itu saja. Tidak usah ribet2 mikirnya 🙂
  7. Seminar proposal skripsi adalah proses dialog yg baik antara murid dan guru. Tidak bisa jawab pertanyaan dosen itu wajar, dosen akan kasih masukan. Tapi jangan meremehkan.
  8. Secara teknis, siapkan presentasi yg baik. Buat slide yg sederhana tapi efektif. Jangan kebanyakan huruf. Isi ilustrasi gambar yg bisa menjelaskan secara visual. Ini contoh yang perlu diperbaiki:
  9. Jangan hanya copas isi proposal ke slide Power Point. Itu bukan cara yg baik dlm presentasi. Lihat bedanya kedua slide berikut. Isinya sama tapi cara penyampaiannya beda.
    teksvsgambar
  10. Pastikan presentasi tdk lbh dari sepuluh menit, makanya jangan terlalu banyak teori. Latih di rumah sampai lancar dan tepat waktu. Jangan tampil tanpa latihan.
  11. Tidak semua orang berbakat presentasi. Tenang saja. Setidaknya kalian tampil wajar. Merasa tidak berbakat? Latihan!!! Ajak teman untuk belajar bersama dan saling koreksi.
  12. Kalau latihan 100 kali belum bisa lancar dan tepat waktu, latih 200 kali. Tapi kalau latihan sekali sudah okay, bagus lah 🙂
  13. Pertanyaan dosen biasanya seputar: hipotesis, metode/cara penelitian, kesiapan data, kesiapan software, hasil yg diharapkan dan manfaat penelitian.
  14. Intinya banget, dosen ingin kalian bisa selesai dengan lancar dan hasilnya baik. Seminar proposal skripsi adalah untuk membantu kalian, bukan mengadili. Sekian 🙂
  15. Eh, satu lagi: tampil rapi! Penampilan memang bukan yang utama tetapi selalu lebih menyenangkan melihat orang tampil rapi dan bersih secara wajar saat menyampaikan gagasannya.

Referensi: Made Andi

Kamu Lulusan IPS? Ini 11 Jurusan Favorit Anak IPS yang Menjamin Masa Depan

jurusan terbaik anak IPS
Buat kamu lulusan jurusan IPS, nggak perlu bingung milih jurusan favorit buat kuliah. Nih, beberapa pilihan jurusan menjanjikan yang bisa kamu pilih! Nggak usah khawatir, mereka bisa jadi prospek terbaikmu untuk mencari kerja di masa depan.

jurusan terbaik anak IPS

1. Psikologi

psikologi.unair.ac.id



Mempelajari perilaku mental manusia sangatlah menarik. Kamu bisa memilih jurusan yang satu ini. Selain itu, Psikolog adalah ilmu yang meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik tindakan kita. Mulai dari persepsi, kognitif, dan hubungan intrapersonal. Jadi kamu nggak bakal bosan mempelajarinya

Prospek Kerja: HRD, Market Research Psikolog, Konsultan Perusahaan, Psikiater.

2. Ilmu Hukum



Dikarenakan semakin maraknya kasus hukum di Indonesia, maka peluang kerja untuk jurusan hukum amatlah besar, karena sampai kapanpun hampir mustahil tidak dibutuhkannya penegak hukum lagi.

Prospek Kerja: Pengacara, Notaris, Staff Legal

3. Sastra Inggris



Pilihan tepat untuk kamu yang suka sastra dan suka belajar bahasa asing. Sastra Inggris menyediakan mata kuliah dasar seperti grammar, listening, speaking, reading, dan writing yang memiliki level kesulitan yang berjenjang dan menjadi mata kuliah prasyarat.  Sangat disarankan mahasiswa lebih dahulu menguasai bahasa Inggris karena nantinya kuliah akan disampaikan dalam bahasa Inggris.

Prospek Kerja: Kedutaan Internasional, Guru Bahasa Inggris, Penerjemah

4. Bisnis dan Manajemen



Siap-siap bersaing dengan banyak orang semisal memilih jurusan bisnis dan manajemen. Jurusan ini memang sangat dibutuhkan hampir di semua perusahaan, karen lulusan bisnis dan manajemen itu bisa ditempatkan di area mana saja, mulai dari manajemen perusahaan, marketing, keuangan, hingga statistik ekonomi.

Prospek Kerja: Manajer, Direktur, Asisten Manajer, Sekretaris

5. Hubungan Internasional



Kalau mau prospek kerja yang menjanjikan dan membuatmu sering keluar negeri, pilih jurusan ini. Hubungan Internasional mempelajari bagaimana menjalin hubungan antar negara dengan baik. Serta mempertahankan keharmonisan dua negara untuk menghasilkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dengan mengedepankan isu-isu umum seperti sosial, hukum, ekonomi, dan politik.

Prospek Kerja: Duta Besar, International Officer, Konsultan Internasional, Politisi, dan Wartawan.

6. Jurnalistik

Kamu yang punya visi ke depan sebagai pencari berita bisa memilih jurusan ini. Kemampuan ini akan lengkap jika kamu mahir berbahasa inggris. Kamu akan berpotensi jadi wartawan internasional.

Prospek Kerja: Jurnalis, Wartawan Lokal, Redaktur, Editor, Wartawan Internasional

7. Ilmu Komunikasi

Ini nih jurusan yang nggak kalah populer dengan jurusan lainnya, karena jurusan ini tidak bisa ditangani oleh sembarangan orang. Hanya orang yang memiliki pribadi yang kuat yang mampu menjalani pekerjaan sebagai lulusan ilmu komunikasi, karena ia harus mampu mengomunikasikan suatu hal dengan baik.

Prospek Kerja: Broadcasting, Advertising, Komunikasi Bisnis, dan Public Relations.

8. Akuntansi

Kalau kamu punya daftar passing grade perguruan tinggi se-Indonesia, coba lihat hampir di semua Universitas menempatkan jurusan akuntansi dengan passing grade tertinggi (IPS). Pasalnya, jurusan ini menjanjikan lapangan kerja yang menggiurkan. Setiap perusahaan dari yang kecil hingga yang besar pasti butuh staff untuk mengurusi masalah keuangan. Seorang akuntan sangatlah penting untuk digunakan di perusahaan.

Prospek Kerja: Akuntan, Manajer, Auditor.

9. Desain Grafis

Ini adalah cabang ilmu desain yang mempelajari cara menyampaikan pesan dengan ungkapan kreatif untuk mecapai tujuan tertentu. Biasanya pekerjaanya berhubungan dengan gambar-gambar digital yang terdapat dalam iklan, film, logo,banner dan sebagainya.

Prospek Kerja: Desainer, Tim Kreatif Perusahaan, Branding

10. Ilmu Perpustakaan

Kutu buku, gak gampang bosan, dan rajin menghafal buku. Ini adalah jurusan yang tepat buat kamu! Program studi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional dalam bidang pengelola perpustakaan yang menjadikan perpustakaan sebagai objek kajiannya, mulai dari kegiatan teknisi perpustakaan, manajemen perpustakaan, bahkan aplikasi teknologi informasi di perpustakaan untuk menyebarluaskan informasi yang optimal.

Prospek Kerja: Pustakawan, Admin Perpustakaan

11. Desain Produk

Buat kamu yang kreatif, punya banyak ide yang fresh, dan berjiwa seni, silahkan memilih jurusan ini. Mungkin kamu pernah bertanya mengenai produk-produk sehari-hari yang kita pakai, siapakah yang mendesainnya? Jawabannya adalah lulusan dari desain produk,

Prospek Kerja: Industrisl Product Designer, Enterpreneurial Product Designer, Product Design Researcher

Semoga membantu dan nggak bingung lagi untuk kamu lulusan dari kelas IPS.

Akibat Dosen Terlalu Tampan, Mata Kuliah ini Selalu Ramai

Sedang terjadi kehebohan di dalam University College London (UCL) yang berada di Inggris, sebab salah satu dosen pengajar matematika di kelas teknik tersebut juga berkecimpung dalam dunia modeling. Anda pasti sudah dapat membayangkan bukan? Seorang model tentu memiliki perawakan tubuh yang proposional dengan wajah tampan sebagai modalnya.

Dilansir dari Daily Mail, keberadaan dosen yang diketahui bernama Pietro Boselli yang saat ini masih berusia 25 tahun tersebut, membuat kelas penuh, tak pernah ada satupun bangku murid yang tersisa. Banyak yang mengatakan jika meskipun tak menyukai pelajaran matematika mahasiswi-mahasiswi dalam perguruan tersebut mengambil kelas hanya untuk bisa memandangi wajah rupawan Pietro Boselli.

Kehadirannya di tengah-tengah kampus ini, tiba-tiba membuat absen para muridnya menjadi semakin membaik pada kelas hitung-hitungan yang tentu bukan menjadi mata pelajaran untuk kebanyakan orang. Paling tidak, Bosselli bisa membuat para pelajar betah untuk mendengarkannya mengajar matematika.

Ketika foto Boselli diunggah di dunia maya, sontak namanya langsung terkenal. Dia bahkan sempat mendapatkan penghargaan sebagai European Fitness Model 2014 dan juga punya gelar PhD di bidang teknik mekanik. Tak pelak, Bosseli pun dinobatkan sebagai dosen matematika paling seksi di muka bumi oleh netizen.

Image result for pietro boselli

Image result for pietro boselli

Image result for pietro boselli

Tipe-tipe Dosen dan Cara Menghadapinya

tipe tipe dosen

tipe tipe dosen

Kalo kemarin kita udah sempet bahas tipe-tipe evolusi mahasiswa, sekarang kita bakal beranjak ke tipe-tipe dosen yang mungkin kamu temui semasa kuliah. Dosen, seperti manusia pada umumnya punya ciri khas masing-masing, tapi sebernya bisa diklasifikasikan kedalam beberapa tipe.

Nah buat kamu yang masih kuliah, coba dipelajari nih, karena selain tipe-tipenya, MBDC juga ngasih sedikit tips cara untuk menghadapi dosen-dosen dibawah ini.

1. Dosen Normal

Dosen yang ini normal-normal aja. Kadang telat, kadang on time. Kalo nggak bisa ngajar ngasi kabar dulu. Di kelas juga ngajar aja selayaknya seorang dosen, kadang ngasi quiz dan tugas. Dan ketika waktu ujian, kalo kamu belajarnya bener, kamu bisa dapet A, kalo enggak belajar ya.. kamu bisa nggak lulus.

Cara Menghadapi : Belajar aja yang bener, aktif di kelas, jangan keseringan cabut.

2. Dosen Killer

5 Menit sebelum kelas dimulai beliau sudah duduk rapih di mejanya. Proyektor sudah menyala, papan tulis sudah bersih dan spidol sudah siap. Ketika waktunya tiba, kelas pun dimulai. Beliau mulai mengabsen mahasiswa-nya satu persatu. Kamu datang hanya 2 menit setelah absen selesai, tapi tiada ampun bagimu.

20 menit kelas berjalan, si beliau ini sedang konsentrasi menjelaskan materi kuliah hari ini, semua tampak memperhatikan, dan ada beberapa yang mencatat. Namun tiba-tiba terdengar suara obrolan di belakang. Teguran keras dan ancaman langsung keluar dari mulutnya. Dan ternyata, ada mahasiswa yang tidur! Betapa besar nyalinya. Beliau pun membangunkan mahasiswa tersebut, dan membombardirnya dengan beberapa pertanyaan sulit. Sang mahasiswa yang masih setengah sadar hanya bisa terdiam, dan beliau pun langsung mengusirnya sambil menyuruhnya untuk cuci muka. Kuliah pun berjalan kembali, semua mata tertuju ke depan, ketakutan.

Beberapa minggu kemudian, nilai ujian pun keluar. Kamu sudah belajar keras untuk mendapatkan nilai bagus di kelas ini, sampe-sampe kamu begadang 2 malam. Ternyata, nilai kamu C. Selamat ya. Udah bisa lulus aja untung kalo sama dosen yang ini.

Cara Menghadapi : Banyak-banyak berdoa dan belajar. Jangan banyak tingkah, dan tinggalkan kehidupan sosial dan percintaan selama masa ujian.

3. Dosen Tua

Dosen-dosen tua biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam dalam bidang studinya, dan juga mempunyai segudang pengalaman untuk dibagi. Karena sudah tua, biasanya mereka nggak aneh-aneh waktu ngajar. Dan biasanya kelas berakhir sebelum waktunya karena dosen tua lebih cepat lelah. Mereka juga cenderung tidak pelit dalam hal memberi nilai.

Kelemahannya hanya 1, karena mereka sudah tua, biasanya gaptek. Kalo ngajar masih pake OHP atau slide manual, dan kalopun bisa pake komputer, nyalainnya bisa 15 menit sendiri.

Cara Menghadapi : Cari mukalah dengan cara membantu menyalakan komputer

4. Dosen Nyentrik

Dosen nyentrik ini biasanya yang paling diingat sama mahasiswanya, karena mereka punya ciri khas yang sangat aneh, baik itu kelakuan ato penampilan.

Misalnya dulu MBDC punya dosen yang suka pake topi koboi dan kuteks warna warni waktu ngajar, padahal si dosen ini adalah bapak-bapak, dan hobinya adalah becanda porno. Terus pernah lagi MBDC punya dosen yang fanatik sama sebuah klub bola, kalo klubnya itu menang pas ngajar bakal jadi super baik, terlebih sama mahasiswa yang pake kaos klub bola tersebut. Tapi kalo klubnya itu kalah, semua bisa kena omel sama dia. Dan kalo kalahnya pas lagi musim ujian, yaa siap-siap aja ngulang semester depan.

Cara Menghadapi : Pelajari gerak gerik dan ciri khasnya. Gunakan informasi tersebut untuk keuntungan kamu.

5. Dosen Gaib

Dosen-dosen gaib itu biasanya punya kerjaan selain ngajar di kampus, dan cuma ke kampus kalo mau ngajar. Nggak banyak yang kenal mukanya, soalnya emang jarang keliatan.

Hari pertama kelas, datengnya telat. Abis itu cuma bagiin silabus dan ngejelasin apa yang bakal dipelajarin di kuliah ini secara singkat, dan kelas pun berakhir setelah hanya satu jam. Minggu-minggu setelahnya, kadang datang kadang tidak. Waktu nggak datang, nggak ada kabar dan nggak jelas bakal ada kelas pengganti ato enggak. Palingan si asistennya aja yang gantiin atau ngasi tugas.

Waktu ujian tiba, kamu pun belajar seadanya dari buku, karena sebenernya kamu dan temen-temen nggak ngerti-ngerti amat sama mata kuliah ini gara-gara dosennya gaib. Dan setelah nilai keluar, kamu pun bingung kenapa nilai kamu segitu. Benar-benar gaib.

Cara Menghadapi : Dosen ini gaib seperti ninja. Kamu harus waspada, buka mata dan telinga untuk serangan tiba-tiba.

6. Dosen Baik 

Defisini dosen baik itu singkat, padat dan jelas : Dosen yang tidak macam-macam dan memberi kamu nilai A.

Cara Menghadapi : Jangan ngelunjak mentang-mentang dosennya baik.

Ada lagi tipe dosen menurut kamu? Ato kamu punya dosen nyentrik juga? Silakan di share di comment ya..

Inilah ‘Tamparan’ dari Dosen untuk Mahasiswa

tamparan dosen untuk mahasiswa

tamparan dosen untuk mahasiswa

Sebuah renungan untuk diri sendiri . Ini cara saya menggampar mahasiswa saya Tulisan dari Bapak I Made Andi Arsana (Teknik Geodesi UGM). Semoga menginspirasi. Tamparan dari dosen untuk mahasiswa ini semoga dapat menjadi motivasi untuk terus belajar dan bekerja keras.

  1. Kamu ingin dapat beasiswa S2 ke luar negeri nanti? Pastikan IP di atas 3 dan TOEFL di atas 500! Merasa tidak pinter? BELAJAR!
  2. Empat atau lima tahun lagi kamu bisa sekolah S2 di luar negeri dengan beasiswa. Itu kalau kamu tidak cuma twitteran saja sampai lulus nanti.
  3. Kamu tidak akan bisa S2 di luar negeri karena akan ditolak profesor kalau nulis email formal saja tidak bisa. Alay itu tidak keren, tidak usah bangga!
  4. Tidak usah tanya tips cara menghubungi professor di luar negeri kalau kirim email ke dosen sendiri saja kamu belum bisa. Hey, ganti dulu akun [email protected] itu!
  5. Tidak usah ikut meledek Vicky, kamu saja tidak tahu kapan harus pakai tanda tanya, tanda seru, tanda titik, spasi, huruf besar, huruf kecil di email kok!
  6. Mana bisa diterima di perusahaan multinasional biarpun IP tinggi kalau nulis email saja lupa salam pembuka dan penutup
  7. Sok mengkritik kebijakan UN segala, dari cara menulis email saja kelihatannya kamu tidak lulus Bahasa Indonesia kok. Tidak usah gaya!
  8. Bayangkan kalau kamu harus menulis email ke pimpinan sebuah perusahaan besar. Apa gaya bahasa email kamu yang sekarang itu sudah sesuai? Jangan-jangan bosnya tertawa!
  9. Apapun bidang ilmu kamu, akhirnya kamu akan berhubungan dg MANUSIA yang beda umur dan latar belakangnya. Belajar komunikasi yang baik. Jangan bangga jadi alay!
  10. Bangga bisa software dan gunakan alat-alat canggih? Suatu saat kamu harus yakinkan MANUSIA akan skill itu. Belajar komunikasi dengan bahasa manusia biasa!
  11. Kamu orang teknik dan hanya peduli skil teknis? Kamu salah besar! Nanti kamu akan jual skil itu pada MANUSIA, bukan pada mesin!
  12. Kamu kira orang teknik hanya ngobrol sama mesin dan alat? Kamu harus yakinkan pengambil kebijakan suatu saat nanti dan mereka itu manusia. Belajar ngomong sama manusia!
  13. Malas basa-basi sama orang yang tidak dikenal? Enam tahun lagi kamu diutus kantor untuk presentasi sama klien yang tidak kamu kenal. Belajar!
  14. Malas belajar bikin presentasi? Lima thn lagi bos kamu datang dengan segepok bahan, “saya tunggu file presentasinya besok!”
  15. Kamu orang sosial dan malas belajar hal-hal kecil di komputer? Lima tahun lagi bos kamu datang bertanya “cara membesarkan huruf di Ms Word dengan shortcut gimana ya?’ Mau nyengir?
  16. Mahasiswa senior, jangan bangga bisa membully Mahasiswa baru, tujuh tahun lagi kamu diinterview sama dia saat pindah kerja ke perusahaan yang lebih bagus
  17. Mahasiswa senior, keren rasanya ditakuti Mahasiswa baru? JANGAN! Urusan kalian nanti bersaing sama orang-orang ASEAN dan Dunia. Bisa bikin mereka takut tidak?
  18. Bangga bisa demo untuk mengundurkan jadwal ujian karena kamu tidak siap? Kamu itu mahasiswa negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara, masa’ urusannya cetek-cetek begitu sih?!
  19. Tidak usah lah sok hebat demo nyuruh SBY berani sama Amerika kalau kamu diskusi sama mahasiswa Singapura saja tergagap-gagap
  20. Tidak perlu lah teriak-teriak “jangan tergantung pada barat” jika kamu belum bisa tidur kalau tidak ada BB dekat bantal
  21. Tentara kita tidak takut sama tentara Malaysia kalau kamu bisa kalahkan mahasiswa Malaysia debat ilmiah dlm forum di Amerika!
  22. Tidak perlu beretorika menentang korupsi kalau kamu masih nitip absen sama teman saat demo antikorupsi!
  23. Boleh kampanye “jangan tergantung pada barat” tapi jangan kampanye di Twitter, Facebook, BBM, Path dan Email! Memangnya itu buatan Madiun?!
  24. Kalau file laporan praktikum masih ngopi dari kakak kelas dan hanya ganti tanggal, tidak usah teriak anti korupsi ya Boss!
  25. Minder karena merasa dari kampung, tidak kaya, tidak gaul? Lima tahun lagi kamu bisa S2 di negara maju karena IP, TOEFL dan kemampuan kepemimpinan. Bukan karena kaya dan gaul!
  26. Pejabat kadang membuat kebijakan tanpa riset serius. Sama seperti mahasiswa yang membuat tugas dalam semalam hanya modal Wikipedia
  27. DPR kadang studi banding untuk jalan-jalan doang. Sama seperti mahasiswa yang tidak serius saat kunjungan ke industri lalu nyontek laporan sama temannya
  28. Pejabat kadang menggelapkan uang rakyat. Sama seperti mahasiswa yang melihat bahan di internet lalu disalin di papernya tanpa menyebutkan sumbernya.
  29. Alah, pakai mengkritik kebijakan pemerintah segala, bikin paper saja ngopi file dari senior dan ubah judul, pendahuluan sama font-nya
  30. Gimana mau membela kedaulatan bangsa kalau waktu menerima kunjungan mahasiswa asing saja kamu tidak bisa ngomong saat diskusi. Mau pakai bambu runcing?
  31. Kalau kamu berteriak “jangan mau ditindas oleh asing”, coba buktikan. Ikuti forum ASEAN atau Dunia dan buktikan di situ kamu bisa bersuara dan didengar!

Kata Motivasi Belajar untuk Pelajar dan Mahasiswa

kata motivasi belajar untuk pelajar dan mahasiswa

Seorang pelajar ataupun mahasiswa pasti membutuhkan motivasi belajar untuk menjaga semangat belajar tetap tinggi kan?

Belajar merupakan kegiatan yang mungkin cukup membosankan dan kurang terlalu diminati oleh para pelajar. Namanya juga manusia pasti ada rasa malas juga untuk belajar, terlebih untuk pelajaran yang dianggap sulit. Belajar memang tidak harus di sekolah ataupun kampus. Belajar bisa dimana saja. Namun tentu belajar di bangku sekolah memberikan kita perspektif lebih untuk memahami keindahan alam.

Nah, buat anda yang merupakan pelajar, mahasiswa, guru, dosen, hingga praktisi pendidikan yang butuh motivasi belajar. Anda tentu perlu mendapatkan beberapa kata dan kalimat yang mampu menggugah semangat belajar. Motivasi sangat diperlukan dalam kehidupan karena motivasi yang membuat kita selalu semangat untuk menggapai tujuan.

Pelajar dan mahasiswa membutuhkan motivasi belajar, pekerja dan karyawan membutuhkan motivasi bekerja, hingga pengusaha pun membutuhkan motivasi bisnis. Semua orang butuh motivasi. Berikut adalah kumpulan kata-kata motivasi belajar terbaik yang saya kumpulkan. Mungkin tidak semuanya merupakan kata mutiara tapi tetap dapat meningkatkan semangat dan motivasi mahasiswa dalam belajar.

“Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

“Jika anda mendidik seorang pria, maka seorang pria akan terdidik. Tapi jika anda mendidik seorang wanita, sebuah generasi akan terdidik” – Brigham Young

“Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya” – Mahatma Gandhi

“Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini” – Malcolm X

“Seseorang yang berhenti belajar adalah orang lanjut usia, meskipun umurnya masih remaja. Seseorang yang tidak pernah berhenti belajar akan selamanya menjadi pemuda” -Henry Ford

“Berikan seorang pria semangkuk nasi dan Anda akan memberinya makanan untuk sehari. Ajarkan seorang pria memelihara padi dan Anda akan memberinya makanan seumur hidup” – Confusius

“Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran” – W.B. Yeats

“Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup” – Martimer Adler

“Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama” – Nora Roberts

“Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka harus” – Arthur Wellesley

“Belajar layaknya mendayung ke hulu; Jika tidak maju, maka akan terhanyut ke bawah” – NN

“Pengetahuan yang benar tidak diukur dari seberapa banyak Anda menghafal dan seberapa banyak yang mampu Anda jelaskan, melainkan, pengetahuan yang benar adalah ekspresi kesalehan (melindungi diri dari apa yang Allah larang dan bertindak atas apa yang Allah amanatkan) – diriwayatkan oleh Abu Na’im

“Jika seseorang bepergian dengan tujuan mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti perjalanan menuju surga” – Nabi Muhammad SAW

“Pendidikan setingkat dengan olahraga dimana memungkinkan setiap orang untuk bersaing” – Joyce Meyer

“Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun” – Abigail Adams

“Berpikir adalah kegiatan tersulit yang pernah ada. Oleh karena itu hanya sedikit yang melakukannya” – Henry Ford

“Jangan pernah berhenti untuk terus belajar, karena dari belajar kamu tidak pernah kehabisan akal.” – AnakUnsri.com

“Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh.” – Albert Einstein

“Belajar memang bukan satu-satunya tujuan hidup kita. Tetapi kalau itu saja kita tidak sanggup atasi, lantas apa yang akan kita capai” – Shim Shangmin

“Sekolah maupun kuliah tidak mengajarkan apa yang harus kita pikirkan dalam hidup ini. Mereka mengajarkan kita cara berpikir logis, analitis dan praktis.” – Azis White

“Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan” – Mario Teguh

“Adalah baik untuk merayakan kesuksesan, tapi hal yang lebih penting adalah untuk mengambil pelajaran dari kegagalan” – Bill Gates

”Engkau berpikir tentang dirimu sebagai seonggok materi semata, padahal di dalam dirimu tersimpan kekuatan tak terbatas” – Ali Bin Abi Thalib RA.

”If you want to get laid, go to college. If you want an education, go to the library” – Frank Zappa

”Ilmu itu di dapat dari lidah yg gemar bertanya dan akal yg suka berpikir”. – Abdullah bin Abbas

”Education is the ability to listen to almost anything without losing your temper or your self-confidence.” – Robert Frost

”Education: the path from cocky ignorance to miserable uncertainty.” – Mark Twain

S.T.U.D.Y = Singing, Tweeting, Unlimited Texting, Dreaming, Yawning!

Seseorang dengan wawasan yang cukup untuk mengakui kekurangannya berada paling dekat dengan kesempurnaan

Pengetahuan ditingkatkan dengan belajar; kepercayaan dengan perdebatan; keahlian dengan latihan & cinta dengan kasih sayang.

……..

Kata motivasi belajar untuk pelajar dan mahasiswa memang hanya sekedar kata-kata. Sebab motivasi sesungguhnya lahir dari dalam diri sendiri. Karena itu, untuk menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara seorang pelajar atau mahasiswa harus memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Semoga kata motivasi belajar untuk pelajar dan mahasiswa dapat bermanfaat dan menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi yang membutuhkan.

Editor Pick’s:

50 Kata Mutiara untuk Motivasi Guru dan Dosen

100 Kata Motivasi Dosen Buat Mahasiswa yang Sering Bilang ‘Kuliah itu Tidak Penting’

Kumpulan Kata Gombal Cerdas Ala Mahasiswa

Kumpulan Gambar Kata-kata Galau Menyentuh Hati

30+ Kata Kata Motivasi Hidup Paling Bijak

Dosen ini “Tampar” Mahasiswa Cantik yang Coba Merayunya Demi Nilai A!

Mendapat nilai A tentu menjadi keinginan yng sangat diidam-idamkan oleh semua mahasiswa di dunia, termasuk di Indonesia. ya, untuk mendapatkan niloai A tentunya kita haru sbelajar sungguh-sungguh dan mempunyai strategi dalam mencapai nilai A tersebut, ya tentunya strategi yang positif.

Tetapi kadang juga, masih banyak mahasiswa yang ingin cara instan untuk mendapatkan nilai A. Cara yang sering kita lihat itu, ialah dengan cara mencontek saat UAS tiba.

Ya cara itu sudah klasik sekali, lebih ekstrim lagi yaitu dengana cara merayu atau menyogok dosen supaya memberikan nilai A kepada mhasiswa bersangkutan.

 KEREN! Dosen Tampar Mahasiswi Cantik yang Merayunya Demi Nilai A
Ilustrasi Mahasiswa Cantik (Source: Pinterest.com)

Berikut ada kisah nyata dari salah-satu dosen perguruan tinggi di Indonesia yang pernah dirayu oleh mahasiswanya sendiri demi mendapatkan nilai A di KHS (Kartu Hasil Studi).

Pengen tahu jalan ceritanya seperti apa? Yuk simak ceritanya!

Seorang mahasiswi cantik mendatangi ruangan dosen yang sudah sepi. Dia sengaja berpakaian seksi, rok mini dan kaos ketat. Tak lupa high heels yang membuat kakinya makin jenjang.

Cuma ada seorang dosen muda bernama Rudi di ruangan tersebut. Si mahasiswi tersenyum menggoda.

“Pak Rudi, kalau bapak mau kasih saya nilai A, saya berjanji akan melakukan apa saja..” kata si mahasiswi.

Dia mulai duduk di bangku dan menyilangkan kakinya. Bibirnya yang dipoles gincu tebal tersenyum menggoda.

“Saya mau melakukan apa saja lho, Pak,” godanya lagi.
Rudi meletakkan buku yang dia baca di atas meja. Dia memberi isyarat si mahasiswi supaya mendekat.

“Benar, kamu mau melakukan apa saja?” tanya Rudi.

Si mahasiswi tersenyum lebar. Dia merasa dosen muda itu sudah masuk perangkap. “Untuk Bapak saya mau melakukan apa saja, pak..”

Rudi berbisik ke telinga si mahasiswi.

“Kalau begitu.. saya minta kamu.. BELAJAR YANG RAJIN SUPAYA DAPAT NILAI A!”

Bagaimana alur ceritanya, serukan? Apa aja nilai yang didapat oleh kamu ketika sudah membaca cerita di atas? coba dong tulis di kolom komentar bawah ini!

21 Negara dengan Gaji Guru Tertinggi di Dunia

gaji guru tertinggi di dunia

Guru adalah pekerjaan mulia yang mendidik generasi penerus bangsa. Istilah guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa pun layak disematkan kepada guru yang tidak pernah pamrih untuk memberikan pengetahuannya kepada generasi muda. Sayangnya, di Indonesia beban berat guru sebagai orang yang digugu dan ditiru sering berhimpitan dengan keadaan keuangan yang kurang mencukupi kehidupan sehari-hari.

Sudah jamak diketahui kalau gaji guru di Indonesia, terlebih di daerah dan di pedalaman jauh dari kata jauh. BIla kita bandingkan dengan negara-negara ini maka sangat jauh penghargaan pemerintah terhadap guru. Inilah negara yang membayar tenaga pendidiknya sangat mahal karena mereka tahu kunci sukses suatu bangsa adalah pendidikan, dan tonggak utama pendidikan adalah guru yang berkualitas.

Berikut 21 negara yang menggaji guru paling besar di dunia dikutip dari Huffington Post.

1. Singapura
Gaji guru di negara berlambang singa itu mencapai USD45.775 atau senilai dengan Rp512 juta per tahun.

2. Amerika Serikat (AS)
Negeri Paman Sam itu menghargai para guru dengan menggaji mereka sebesar USD44.917 per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp503 juta.

3. Korea Selatan
Di posisi ketiga, terdapat Korea Selatan yang membayar gaji guru sebesar USD43.874 atau senilai Rp491 juta per tahun.

4. Jepang
Terpaut Rp2 juta, para guru di Negeri Sakura rata-rata menerima gaji senilai USD43.775 (Rp489 juta) per tahun.

5. Jerman
Lain halnya dengan Jerman. Rerata guru di Jerman digaji sebesar USD42.254 atau senilai Rp471 juta per tahun.

6. Swiss
Dengan selisih sekira Rp33 juta, Swiss berada di peringkat keenam. Negara yang dikenal netral itu menggaji para guru di negaranya sebesar USD39.326 atau yang senilai dengan Rp438 juta per tahun.

7. Belanda
Rata-rata guru di Negeri Kincir Angin memperoleh gaji senilai USD37.218 (Rp415 juta) per tahun.

8. Inggris (UK)
Negera di bawah asuhan Queen Elizabeth II menempati posisi kedelapan dengan rerata gaji guru per tahun d sana yang mencapai USD33.377 atau sebesar Rp372 juta.

9. Israel
Terpaut Rp10 juta, Israel menempati urutan kesembilan. Para guru di Israel rata-rata memperoleh gaji sebesar USD32.447 yang senilai dengan Rp362 juta per tahun.

10. Spanyol
Negeri Matador itu membayar gaji guru rata-rata USD29.475 per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp329 juta.

Menjadi guru bukanlah pekerjaan mudah. Sebab, salah satu faktor keberhasilan pendidikan di sebuah negara adalah guru. Maka, tidak heran ketika para guru di sejumlah negara memiliki pendapatan fantastis per tahun.

Meski demikian, Finlandia yang merupakan negara dengan pendidikan terbaik se-dunia tidak berada di urutan pertama. Finlandia berada di peringkat 12 dengan rerata gaji guru di sana sebesar Rp321 juta per tahun.

11. Prancis
Di Prancis, rerata gaji guru per tahun mencapai USD28.828 atau sebesar Rp322 juta.
12. Finlandia
Pada negara dengan pendidikan terbaik di dunia, rata-rata guru bergaji USD28.780 atau Rp321 juta per tahun. Jumlah ini hanya terpaut sekira Rp1 juta dibandingkan dengan Perancis yang berada pada urutan 11.

13. Italia
Para guru di Italia rata-rata menerima gaji USD28.603 atau senilai Rp319 juta per tahun.

14. Selandia Baru
Negara yang terkenal sebagai penghasil kiwi itu rata-rata membayar gaji guru sebesar USD28.438 atau sebesar Rp318 juta per tahun.

15. Turki
Rata-rata guru di Turki memiliki pendapatan sebesar USD25.378 per tahun. Jumlah tersebut setara dengan Rp283 juta.

16. Portugal
Terpaut Rp19 juta, para guru di Portugal rata-rata menerima gaji sebesar USD23.614 atau senilai dengan Rp264 juta per tahun.

17. Yunani
Negara yang menempati urutan ke-12 untuk destinasi pariwisata internasional itu menggaji para guru sebesar USD23.341 (Rp261 juta) per tahun.

18. Republik Ceko
Selisih Rp38 juta dari Yunani, Republik Ceko berada pada urutan 18. Para guru di negara tersebut rata-rata berpendapatan USD19.953 atau senilai Rp223juta per tahun.

19. Brasil
Para guru di negara yang terkenal akan kemahiran pesebakbolanya itu memiliki pendapatan USD18.550 per tahun. Jumlah tesebut setara dengan Rp207 juta.

20. China
Di negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, gaji rerata para guru mencapai USD17.730 atau sebesar Rp198 juta.

21. Mesir
Di peringkat 21 terdapat negara Mesir. Para guru di negara tersebut memiliki pendapatan senilai USD10.604 atau sebesar Rp118 juta per tahun.