100 Kata Motivasi Dosen Buat Mahasiswa yang Sering Bilang ‘Kuliah itu Tidak Penting’

kata kata motivasi dosen, motivasi dosen,inspirasi dosen, kata motivasi dosen

Halo sobat, terima kasih atas kesetiannya terus membaca berbagai update dari AnakUnsri.com, situs informasi rujukan mahasiswa.

Kali ini, kami pengen mengajak sobat mahasiswa menelaah lagi berbagai sisi pemikiran dari dosen. Tidak semua kelakuan dosen dapat ditiru, bahkan ada 60 alasan kenapa terkada dosen perlu sesekali ‘digampar’ biar sadar.

Namun tak dapat dipungkiri, seseorang dapat menyandang predikat dosen karena memiliki ilmu dan pengetahuan yang lebih luas. Ada banyak dosen yang mengabdikan dirinya untuk mencerdaskan bangsa. Karena itu, kalian yang sedang membaca ini harap pahami dengan seksama. Sebab di tangan kalianlah nasib bangsa ini dipertaruhkan.

Nah, biar lebih afdol yuk langsung aja kita simak, beberapa kata kata mutiara dosen untuk mahasiswa yang menurut kami sih ‘sangat menohok’ namun tetap motivasional.

Baca Juga: Inilah ‘Tamparan’ dari Dosen untk Mahasiswa


“Goblok itu lebih keliatan daripada Bodoh.” (Prof. Mardjono Siswosuwarno)

“Desainlah sesuatu yang dibutuhkan banyak orang.” (Prof. IGN Wiratmaja Puja)

“Mending ga lulus sekalian daripada hampir lulus. Hampir lulus = ga lulus, tapi lebih sakit hati rasanya.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Anda tidak akan bisa mengendalikan sesuatu yang Anda tidak bisa ukur.” (Dr. Zainal Abidin)

“Membuat suatu sistem yang semula tidak teratur (Entropi +) menjadi teratur (Entropi -) memang tidak bisa dilakukan secara spontan. Seperti membuat mahasiswa yang semula malas belajar menjadi rajin belajar.” (Dr. Nathanael P. Tandian)

“Hidup di Indonesia itu seperti surga karena kita tidak mungkin meninggal karena cuaca dingin, tapi sebaiknya jangan berurusan dengan Polisi atau Dokter.” (Dr. Zainal Abidin)

“Matematika itu ilmu atau bukan? coba cek singkatan MIPA (matematika dan ILMU pengetahuan alam)!” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Seorang Scientist boleh saja berhadapan dengan suatu permasalahan/persoalan yang tidak bisa diperoleh solusi/penyelesaiannya. Tapi bagi seorang Engineer, semua permasalahan yang dihadapi harus bisa diselesaikan secara menyeluruh.” (Rachman Setiawan, Ph.D)

“Operator apabila mengalami gangguan dengan tangannya, maka dia tidak bisa bekerja sebagai operator. Engineer akan tetap bekerja sebagai engineer apabila mengalami gangguan dengan tangannya sekalipun. Biasanya gaji engineer lebih besar daripada operator. Kalau begitu pembalap itu operator atau engineer? Gede mana gaji pembalap dengan orang2 yg bekerja timnya? Bayangkan kalau Lewis Hamilton terkena parkinson.” (Dr. Indrawanto)

“Anda mesti mengetahui maksud dari suatu tindakan yang anda lakukan.” (Dr. Nathanael P. Tandian)

“Ahli elektronik kalau ga ngerti tentang mekanik berarti buta. Ahli mekanik ga ngerti tentang elektronik berarti tuli.” (Dr. Zainal Abidin)

“Apabila kamu punya bakat di bidang tertentu kembangkanlah siapa tau kamu menemukan kepuasan batin kamu di situ. Tetapi tetap background keilmuan kamu jangan pernah dilupakan.” (Dr. Sigit Yoewono)

“Bila kita sudah berkecimpung di dunia teknik maka kita harus mengerti bahasa komunikasi di bidang teknik yaitu gambar teknik.” (Dr. I Wayan Suweca; Dr. Sigit Yoewono; Prof. IGN Wiratmaja Puja)

“Negara Indonesia ini kacau karena sebagian besar orangnya adalah pemalas dan koruptor.” (Prof. Djoko Suharto)

“Kalau Anda mengerjakan soal dan nggak bisa menemukan jawabannya, lebih baik tidur saja. Besok pagi tanya ke teman yang bisa.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Berbeda dengan ilmu seni rupa, dalam ilmu teknik tidak ada yang namanya baik atau kurang baik, hampir benar atau kurang benar, buruk, atau agak buruk. Yang ada hanyalah BENAR atau SALAH.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Apabila Anda kebingungan saat menerima suatu ilmu baru dan kurang berpengalaman, ya teruslah anda pelajari sampai bisa, walaupun ntar ujung2nya bingung juga.” (Dr. I Made Astina)

“Kalau Anda mengatakan bahwa Anda mengerti ketika dosen menjelaskan materi di kelas namun Anda kebingungan ketika mengerjakan soal ujian, itu berarti Anda BELUM mengerti.” (Dr. Nathanel P. Tandian)

“Jika setelah kuliah Anda tidak mengerti apa pun sama sekali, itu suatu hal yang konyol.” (Dr. Toto Hardianto)

“Mahasiswa ITB itu idealnya minimal fasih dalam berbahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa daerah (Sunda, Jawa, Minang, Batak, dll), dan salah satu bahasa internasional lain (Prancis, Jerman, Jepang, dll).” (Prof. Djoko Suharto)

“Saudara datang kuliah itu jangan untuk mencari nilai, tapi untuk menuntut ilmu. Kalau Saudara emang niatnya untuk menuntut ilmu, maka nilai baik akan datang dengan sendirinya.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Malam sebelum hari ujian itu harusnya sudah tidak belajar lagi. Mending main aja dan istirahat yang cukup. Belajarnya jauh hari sebelum ujian dengan disertai pemahaman konsep yang benar.” (Dr. Andi Isra Mahyuddin)

“Kalau Anda ingin sukses, maka patuhilah prosedur-prosedur menuju kesuksesan. Ibarat Anda batuk kemudian obat sirup yang diberikan dokter malah Anda gosokkan ke tenggorokkan agar timbul rasa hangat karena mengandung menthol. Atau menengguk obat luka. Anda tidak akan sembuh karena menyalahi prosedur.” (Dr. Nathanael P. Tandian)

“Kehidupan itu tertanam dengan sendirinya dalam tubuh kita.” (Dr. Zainal Abidin)

“Kamu itu lupa atau ga ngerti? mungkin dulu kamu ga ngerti terus skrg udah lupa”(bertanya tentang kuliah terdahulu) (Prof. Mardjono Siswosuwarno, Dr. Zainal Abidin)

“Meninjau perilaku suatu sistem sampai terperinci itu tidak mudah, oleh karena itu kita tinjau pada keadaan yang kita bisa analisis, sama seperti mempelajari tingkah laku pacar atau gebetan kamu sampai detail itu susah, setidaknya untuk itu kita bisa mempelajari karakteristik pria dan wanita pada umumnya.” (Dr. Zainal Abidin)

“Lebih baik menyadari bahwa dia ga ngerti jika dibanding dengan tidak menyadari kalo dia ga ngerti, itu lebih berbahaya.” (Dr. Zainal Abidin)

“Kamu boleh ga ngerti atau bingung tapi jangan sampai kamu GA TAU di mana letak bingung dan ga ngerti nya kamu. Kalau kamu ga tau letak bingungnya berarti sama dengan kamu GA BINGUNG alias mengerti. Saya takut tampang2 orang yg ga ngerti.” (Prof. Mardjono Siswosuwarno)

“Cobalah Anda apabila setelah lulus nanti bekerja di perusahaan lokal pemerintahan semacam PT.KA atau menjadi seorang wakil rakyat yang bertanggung jawab. Karena bila bekerja di swasta Anda kemungkinan besar hanya menjadi pegawai saja, tetapi bila anda bekerja dengan jujur dan etos kerja tinggi pada suatu perusahaan nasional, Anda suatu saat pasti akan menjadi sang pengambil keputusan, jika itu sudah tercapai Saya harapkan Anda untuk perbaiki sistem di negara Indonesia ini.” (Prof. IGN Wiratmaja Puja)

“Thats Engineering, boleh malas, asal Cerdas…! “ (Dr. Arif Basuki)

“Kalau mau membandingkan kesuksesan, abaikan semua kondisi awalnya. Seperti contoh kekayaan, jika ingin melihat keberhasilannya, abaikan harta awalnya baik punya sendiri atau dari mertua dan liatlah perkembangannya dalam beberapa tahun.” (Dr. Zainal Abidin)

“Engineer itu bukan seperti tentara, Engineer itu harus punya inisiatif.” (Prof. Mardjono Siswosuwarno)

“Mahasiswa sekarang klo disuruh jgn mencontek malah mencontek, disuruh belajar malah gak belajar. Harusnya mahasiswa sekarang tuh disuruh nyontek aja spy gak nyontek dan dilarang bwt belajar aja supaya mau belajar.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Hidup itu penuh perjuangan kan ya!” (Dr. I Made Astina)

“Kalian mahasiswa, kalau belajar mentalnya jangan seperti mental tentara… kalau tentara itu kan mengerjakan segala sesuatunya dengan buru-buru dan mendadak kan ya?” (Dr. I Made Astina)

“If you don’t seek perfection,you will never reach an excellent!!” (Dr. Zainal Abidin)

“Bagi kita gesekan itu adalah musuh utama dan teman terbaik. Banyak rugi-rugi energi timbul karena adanya gesekan, tetapi tanpa adanya gesekan bakal banyak mekanisme-mekanisme yang tidak bergerak.” (Ir. I Nengah Diasta, M.Sc.)

“Anda ini aneh, klo ditampilkan slide tentang kuliah biasanya anda mengantuk dan bosan, tetapi begitu ditampilkan slide intermezzo anda terlihat sangat antusias.” (Prof. IGN Wiratmaja Puja)

“Klo kalian sebagai engineer menguasai teori tapi tidak tau aplikasi itu suatu hal yang percuma, ibarat kalian memiliki pistol tetapi kalian lari ketika diserang perampok yang hanya berpisau.” (Rachman Setiawan, Ph.D)

“Sopir truk mengetahui fenomena yg terjadi pada cara2 membuka mur, tetapi jangan tanya mereka tentang teorinya, pasti mereka tidak tau. Nah, Anda jangan kebalikan dari mereka, tau teori tetapi bingung aplikasinya, itu FATAL.” (Ir. Kemas Rifian, M.Sc.)

“Gerakan katak yang menarik yang di atas, mendorong yang di samping, dan menginjak yang di bawah menunjukkan sifat yang ingin menang sendiri, sementara semut-semut selalu bekerja sama ketika mengangkat sesuatu. Oleh sebab itu, JANGAN lah menggunakan cara katak dan GUNAKAN lah cara semut.” (Prof. IGN Wiratmaja Puja)

“Mengetahui setengah-setengah sama dengan setengah tidak tahu.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Kalau kalian mencontek PR jangan seperti mesin fotokopi tinggal salin doank, tapi juga dipahami apa yang kalian contek itu.” (Dr. Priyono Sutikno)

“Semakin banyak kalian belajar, maka kalian akan semakin sadar bahwa semakin banyak yang kalian tidak tahu.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Ketidaktahuan-mu itu lah yang membuat kamu takut.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Proses untuk mengerti itu memang harus diawali dengan kebingungan.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Jika kalian benar2 paham akan materi yang telah diajarkan, maka kalian akan tetap ingat akan konsep dari materi tersebut dan tidak sulit untuk mempelajarinya kembali apabila kalian lupa di kemudian hari.” (Ir. I Nengah Diasta, M.Sc.)

“Salah satu cara belajar yang baik adalah dengan mengajari orang lain.” (Rachman Setiawan, Ph.D)

“Setiap kalian memikirkan sesuatu, maka timbulah masalah.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“For engineers, No Pain No Gain.” (Dr. Zainal Abidin)

“Bangsa Indonesia tidak bisa maju karena sebagian besar orang tidak mengerti betapa pentingnya mengukur.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Klo kalian mengerjakan soal ujian baik tuntas maupun tidak dan ada langkah yang membuat jawabannya salah mungkin masih diberi nilai. Tapi klo praktek kerja di lapangan pekerjaan yg tuntas tapi ada langkah yang salah apalagi tidak tuntas sudah pasti kalian tidak akan dibayar kan ya. hahaha….” (Dr. I Made Astina)

“Sebenarnya kalian mampu untuk mengetahui dan melakukan banyak hal, tetapi yang jadi masalah adalah kalian tidak mau untuk belajar tentang hal2 tersebut.” (Rachman Setiawan, Ph.D)

“Nikmatilah masa2 kalian sebagai mahasiswa karena kalian masih diizinkan melakukan kesalahan sebagai dasar kalian masih dalam proses belajar, karena klo sudah menjadi Engineer, anda sudah tidak bisa lagi seperti itu. Mungkin malah ga dibayar bahkan langsung dipecat.” (Rachman Setiawan, Ph.D; Dr. I Made Astina; Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro)

“Bertanya tuh jangan kayak tukang becak, kalau mau tanya tuh dipikir dulu, nanya kok kayak gtu?!?! GOMIK KAMU…” (Dr. Prihadi Setyo Darmanto)

“Sebenarnya, kita hidup di dunia ini tidak ada masalah. Yang ada hanya TANTANGAN.” (Dr. I Wayan Suweca)

“nek kesed mengko dadi keset –bhs jawa , kalau malas nanti jadi alas kaki bangsa lain.” (Prof. Djoko Suharto)

“Suhu itu bisa berarti guru silat. kalau kamu berani-berani bilang suhu didepan saya, ta’ buang kamu lewat jendela! CIAAAAAT!!” (Dr. Prihadi Setyo Darmanto)

“Klo kamu nanti cari kerja, yg penting bukan nilai/IP kamu berapa, tapi kamu BISA apa. Percuma saja IP bagus tapi KEBISAANnya rendah.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Yang jadi penghalang buat kalian belajar dan memperhatikan tuh Setan. Kalian baru diganggu setan yg masih prajurit aja dah kalah. Yang saya lawan setannya sudah jenderal.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Saat kuliah yang penting bukan mendengarkan, tetapi MENJIWAI. Ibarat kalian saya perdengarkan lagu keroncong, pasti kalian bisa mendengar tetapi belum tentu bisa menikmati.” (Ir. Pawito Merto Sontowiryo, M.Sc)

“Kalian klo sudah jadi engineer jangan cuma kerja di perusahaan migas aja, tapi juga harus jd entrepreneur.” (Dr. Sigit Yoewono)

“Dosen tuh cuma ada dua, kalo gak dosen idealis ya dosen idiot.” (Prof. Bambang Sujiatmo)

“Sanggupkah gas alam kita menjalankan kewajibannya memunhi kebutuhan Indonesia bila operatornya masih di kuasai asing?” (Dr.Yuli Setyo Indartono)

“Pepatah Belanda pernah mengatakan, bila seseorang atau suatu kaum ingin maju maka sebelumnya harus didzalimi dulu.” (Prof. Rochim Suratman)

“Laki-laki itu harusnya jadi jagoan perang yg mampu menggempur karang sementara perempuan adalah yg memproduksi para jagoan perang.” (Ir. Pawito Merto Sontowiryo, M.Sc)

“Bangsa Indonesia terlalu banyak dipengaruhi budaya bangsa lain, jadi penentuan satu istilah aja sebutannya bisa beda-beda, pdhl artinya sama.” (Ir. Pawito Merto Sontowiryo, M.Sc)

“Prinsip yang harus kalian pegang (mahasiswa T. Mesin) adalah Belajar keras, Main keras, & punya pacar. Klo udah Belajar nggak pernah, main juga nggak, pacar nggak punya, mau jadi apa kamu nantinya.” (Prof. Djoko Suharto)

“Saat kalian sudah lulus, nama almamater (ITB) jarang disebut untuk hal2 positif yang kalian perbuat. Tetapi akan disebut jika kalian melakukan kesalahan, kegagalan, atau hal negatif lainnya.” (Dr. Sigit Yoewono)

“Terkadang menjadi seorang Engineer itu perlu juga untuk bersifat Perfectsionist, karena bisa saja akibat suatu kesalahan kecil proyek bernilai jutaan dollar menjadi gagal.” (Rachman Setiawan, Ph.D)

“Saya tuh merasa aneh klo ada acara yang di jadwalnya tertulis ‘Jam (sekian) sampai dengan SELESAI’. Klo Saudara akan mengadakan suatu acara, tulislah jadwalnya dengan jelas kapan mulai dan selesai nya.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Kalian itu mahasiswa ITB yang katanya terbaik itu lho. Koq cm disuruh menjawab pertanyaan sederhana aja masih salah. Apa ga merasa malu kalian?” (Ir. Pawito Merto Sontowiryo, M.Sc)

“Otak itu ibarat processor juga ada Megahertz (MHz) nya. Dengan Anda sering membaca, MHz otak bertambah shg kecenderungan utk ingat semakin tinggi. Sebaliknya klo Anda jarang membaca, MHz otak cenderung berkurang shg mudah lupa kan ya.” (Dr. I Made Astina)

“Nothing is interesting if you’re not interested.” (Dr. Zainal Abidin)

“Klo Anda tidak paham, Anda akan mudah ditipu.” (Dr. I Made Astina)

“Kemajuan itu identik dengan Kedisiplinan.” (Dr. Yuli Setyo Indartono)

“Intinya klo belajar itu pegang dulu konsep dasarnya, kemudian pelajari ulang agar selalu ingat. Bahkan sehari sebelum pikun pun masih ingat.” (Ir. Pawito Merto Sontowiryo, M.Sc)

“Salah satu cara untuk menilai diri Anda adalah dengan membayangkan apabila Saya menjadi Anda dan Anda menjadi Saya.” (Dr. I Made Astina)

“Klo kalian emg tidak mau disuruh pintar, ya sudah mending disuruh bodoh saja. Karena kebodohan kalian akan menjadi rezeki buat Saya. Kenapa? karena saat kalian kerja, ada suatu persoalan di bidang tertentu yg tidak bisa diselesaikan, ujung2nya kalian meminta Saya untuk mengadakan pelatihan dan membayar kepada saya sekian juta.” (Dr. Zainal Abidin)

“Berbeda dengan di Indonesia, di Jepang memang kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sudah benar2 diajarkan dan dipraktikkan sejak kecil.” (Dr. Ari Darmawan Pasek)

“Suatu materi kuliah itu minimal dibaca 3x supaya saat kalian menulis tugas akhir nanti dapat merangkai beberapa materi dengan urut, sesuai, dan terstruktur. Klo kalian hanya membaca 1x kemudian dilupakan, itu ibarat mimpi yang hanya bisa dirasakan semalam saja. Karena mimpi pada suatu malam jelas tidak akan bisa dirangkai dengan mimpi di malam2 yang lain.” (Dr. Zainal Abidin)

“Saya sudah berpuluh-puluh kali presentasi kepada masyarakat, tetapi yg terjadi adalah kebanyakan dari masyarakat itu tidak mengerti apa yg Saya sampaikan. Perlu bantuan ulama tertentu yg bisa membuat mereka mengerti. Jangankan masyarakat, Anda mahasiswa mungkin saja tidak mengerti materi yang telah Saya sampaikan di kuliah ini.” (Dr. Ari Darmawan Pasek)

“Untuk bisa mengerjakan soal-soal analisis seperti ini tidak cukup hanya belajar dari contoh soal, tetapi juga perlu anda kerjakan latihan soal-soal yang ada di buku.” (Dr. I Made Astina; Ir. Kemas Rifian, M.Sc)

“It’s SIMPLE THING, but You DON’T UNDERSTAND!” (Dr. Taufiq Rochim)

“Segala sesuatu itu pasti bisa diukur. Baik kuantitatif maupun kualitatif.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Kalian lupa rumus itu dapat kami maklumi, tapi klo sudah sampai lupa konsep apalagi tidak tau itu yang bahaya.” (Dr. Zainal Abidin)

“Klo kamu mampu menguasai bahkan menjadi ahli di suatu bidang tertentu yang tidak banyak orang mampu melakukannya, kemungkinan besar kamu akan sulit tertandingi oleh orang lain pada bidang tersebut.” (Dr. Zainal Abidin)

“Klo nanti kalian sudah menjadi Mechanical Engineer yang utama kalian harus tau bgmn cara merancang, membuat, mengoperasikan dan merawat suatu peralatan. Setelah itu baru lah kalian pikirkan bagaimana cara menjual peralatan tersebut supaya laris.” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Menjadi seorang engineer itu harus kritis, belum melihat jgn dulu percaya, sudah melihat baru percaya. Jadi prinsip dasar nya SEEING IS BELIEVING.” (Ir. Ign. Pulung Nurprasetio, MSME)

“Kalian janganlah menjadi manusia yang berkarakter mirip seperti perompak Somalia.” (Prof. Djoko Suharto)

“Jika kalian tidak belajar dari pengalaman orang lain, maka bisa-bisa kalian lah yang akan mengalaminya sendiri.” (Dr. Zainal Abidin)

“Misal kalian sudah merasa mengerti, terus kuliahnya ga lulus, itu TIDAK APA-APA yg penting mengerti.” (Dr. Prihadi Setyo Darmanto)

“Melakukan suatu hal kecil dengan cinta yang besar lebih baik daripada melakukan suatu hal besar namun dengan cinta yang kecil.” (Prof. Djoko Suharto)

“Bagaimana bisa kalian bekerja sambil berdoa. Kalau berdoa itu harus serius, bekerja juga harus serius. Kalau bekerja sambil berdoa berarti bekerjanya setengah serius dan berdoanya setengah serius. Bagaimana bisa kalian berdoa setengah serius.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Don’t think your life just dependent on electronic devices! Your brain has more capabilities than electronic devices.” (Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro)

“Saya menikah dengan orang Sunda, agar anak saya bukan jadi orang Jawa, atau jadi orang Sunda, tapi orang INDONESIA.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc)

“Saya berhak menasihati kalian karena kalian sekolah di sini (ITB) dibiayai melalui pajak. Dan Saya termasuk salah satu orang yang membayar pajak.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc)

“Sebenarnya setiap ilmu itu bisa dipelajari sendiri tanpa harus diajari oleh orang lain. Kalian klo mau kawin juga tidak kursus dulu kan?” (Prof. Mardjono Siswosuwarno)

“Apabila bekerja sebagai Engineer, Anda TIDAK digaji untuk menjawab TIDAK TAHU.” (Prof. Komang Bagiasna)

“Engineer berbeda dengan Scientist, Engineer tidak perlu hasil perhitungan yang eksak tapi cukup meng-ESTIMASI dengan tingkat kesalahan yang diizinkan sebesar 10 %.” (Prof. Komang Bagiasna)

“Engineer harus menyelesaikan persoalan dengan CERDAS. Memang hidup itu perlu kerja keras, tapi keras saja tidak cukup tanpa cerdas.” (Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro)

“Bila Anda saat ini sangat bingung sehingga tidak mengerti apa-apa mengenai kuliah ini, adalah suatu hal yang wajar. Suatu saat secara perlahan Anda akan dapat memahaminya.” (Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro)

“Jangan pernah menunda-nunda pekerjaan. Begitu satu pekerjaan selesai, lanjutkan pekerjaan yang lainnya.” (Prof. Djoko Suharto)

“Klo memang kamu berniat membiayai kehidupan kamu setelah lulus dengan ilmu teknik mesin ini, maka pelajarilah ilmu ini dengan serius. Lain hal nya klo setelah lulus kamu ingin jadi artis.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc)

“Sama saja dengan Dokter yang mengobati pasien, Insinyur yang ketika menyelesaikan persoalan sampe melakukan hal-hal yang tidak perlu, itu namanya Insinyur G!. Klo ga Goblok ya Gendeng.” (Prof. Mardjono Siswosuwarno)

“Ciri-ciri orang yang serius berpikir dalam memahami suatu kuliah adalah adanya catatan atau coretan di halaman buku teks.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc)

“Kalian mesti sadar klo berpikir itu nikmat, asal berpikir yang bermanfaat buat kalian. Klo ga ada manfaatnya percuma.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc)

“Semua materi kuliah pada dasarnya mudah. Tapi mudah/sulitnya kuliah tergantung dari cara penyampaian dosennya.” (Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro)

“Kalau kamu berangkat dari rumah jam 7, adalah tidak mungkin untuk sampai di kelas jam 7.” (Dr.Andi Isra Mahyuddin)

“Banyak orang lebih mengenal James Watt daripada Wilkinson. Padahal jika tidak ada mesin pelubangnya Wilkinson, barangkali James Watt tidak akan menjadi terkenal karena mesin uapnya tidak akan terwujud.”(Kadangkala orang lebih melihat hasil akhir daripada rangkaian proses untuk mencapainya. Orang lebih melihat mesin uap daripada proses untuk membuat mesin uap tersebut.) (Dr. Taufiq Rochim)

“Ilmu mesin itu gampang. Cuma tinggal pake rumus saja.” (Ir. Hendi Riyanto) ? “Harusnya orang mesin itu belajarnya mobil saja. Mau belajar AC (termodinamika), kinematika, elektronik, material, produksi ada semua…” (Prof. Bambang Sutjiatmo)

“Kita boleh mengkritisi, tapi juga harus introspeksi.” (Dr. Sigit Yoewono)

“Gambar mesin itu ada artinya mas! Neggambar pompa kok kayak roti bakar!” (Dr. Prihadi Setyo Darmanto)

“Kalo anak teknik mesin bikin mesin dan mesinnya gak jalan, nangis dia.. tapi kalo anak teknik sipil bikin jembatan terus jembatannya jalan-jalan, nangis juga dia..” (Dr. Andi Isra Mahyuddin)

“Boleh korupsi, asal rakyatnya makmur. Kan gak ada yang protes.” (Dr. Zainal Abidin)

“Yang sekarang menjadi kendala bangsa ini adalah kebanyakan rakyatnya malas untuk berjuang. Segala sesuatu langsung ingin diperoleh secara cepat.” (Prof. Djoko Suharto)

“GAMBAR TEKNIK itu kan bahasa komunikasi orang TEKNIK, kalian sebagai mahasiswa TEKNIK Mesin sudah fasih belum?” (Dr. Taufiq Rochim)

“Rakyat Indonesia itu menjadi beban pemerintah, bukan asset, makanya pemerintahnya ga melindungi rakyatnya. Kalo ada rakyat yang mati, ya syukur saja…!” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc.) ? “Yang penting itu lulus, bukan wisuda. Wisuda itu kan cuma buat menyenangkan orang tua sama pacar kamu saja.” (Dr. Zainal Abidin)

“Lupa adalah sesuatu yang patut kita syukuri, karena bila lupa, berarti kita sudah tau.” (Dr. Taufiq Rochim)

“Sering mencampur aduk bahasa menunjukkan bangsa ini mudah terjajah seolah tidak punya harga diri.” (Prof. Djoko Suharto)

“Masa depanmu adalah masa depan bangsa ini.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc.)

“Mahasiswa ITB adalah ibarat rajawali jadi harus punya prestasi tinggi dan pantang menyerah.” (Prof. Djoko Suharto)

“Saat kuliah jika nilai kalian jelek atau tidak lulus masih bisa diulang atau dicuci. Saat kerja tidak bisa lagi seperti itu karena waktunya tidak ada untuk memperbaiki.” (Prof. Indra Nurhadi)

“Menjadi engineer harus bekerja secara tim, tidak bisa seenaknya, akan ada saling ketergantungan antara sesama anggota tim. Berbeda dengan sastrawan. Di saat tidak ingin berkarya ya sudah tidak apa2, mau berkarya saat malam hari pun tidak apa2, tidak akan ada pihak yang terganggu karena sastrawan lebih bekerja secara individu.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc.)

“Saya harap suatu saat kalian bisa membuat bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat. Tidak mudah dipermainkan bangsa lain.” (Ir. Pawito Merto Sontowiro, M.Sc.)

“Kebanyakan mahasiswa ITB skrg orang tua nya kaya, sehingga untuk memperoleh sesuatu tidak perlu susah2 bekerja keras pun bisa dapat. Padahal orang tua mereka yang kaya itu memperoleh kekayaannya dengan kerja keras.” (Prof. Djoko Suharto)

“Melakukan failure analysis pada suatu benda ibarat mengajak dialog benda yang diamati. Benda tersebut bisa berbicara dan tidak pernah berbohong. Namun kita akan bisa mengerti maksud dari benda itu apabila kita memahami segala hal mengenai failure analysis benda yang diamati.” (Prof. Mardjono Siswosuwarno)

“Kalo mau dapet A, ya usahanya harus A+ dong soalnya ga ada yg namanya efisiensi 100 %.” (Dr. Yuli Setyo Indartono)

“Kadang teknologi tidak membuat hidup kita lebih baik.” (Ir. I Nengah Diasta, M.Sc.)

“Kalo kamu ga suka matematik, itu bukan masalah. Tapi maksimal kamu cuma bisa jadi teknisi, bukan insinyur ataupun direktur.” (Dr. Zainal Abidin)

“Orang yg paling bahagia itu orang yg pas-pasan. Mau beli mobil, pas ada uang. Mau beli rumah pas ada uang.” (Dr. Zainal Abidin)

“Pesawat jatuh ngomongnya takdir, Tuhan disalahin. Gempa, banjir, Tuhan disalahin. Gara-gara maintenance-nya gak bener tuh, harusnya bisa dicegah. Kasihan Tuhan disalahin terus.” (Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro)

“Kalau kamu bisa memodelkan suatu masalah (dengan benar), itu sudah 75% selesai.” (Ir. Hendi Riyanto)

“Tentara perang kalau ada musuh, Mahasiswa umumnya belajar kalau ada ujian saja kan ya.” (Dr. I Made Astina)

“Selama jadi mahasiswa jangan takut salah, kalau kamu takut salah kamu tidak akan berkembang.” (Prof. Djoko Suharto)

“Jangan seterusnya hidup hanya cari aman takut gagal, BERANIkan diri untuk mencoba memulai menciptakan sesuatu untuk kemajuan diri kamu dan bangsa ini.” (Prof. Djoko Suharto)

“kalo kamu kerja untuk cari jabatan, jabatan akan selesai ketika kamu pensiun. tapi kalo kamu jadi ahli, sampai mau mati pun kamu tetep dicari. dunia mencarimu.” (Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro)

“Jangan bercita2 kaya, bercita2lah BERGUNA UNTUK ORANG BANYAK (saya jamin anda tidak akan miskin). Jangan mengejar nilai maupun gelar, KEJARLAH ILMU DAN KETRAMPILAN (insyaalah nilai dan gelar di tangan anda).” (Dr. Zainal Abidin)


Semoga kata motivasi dosen diatas dapat menjadi pemantik semangat belajar mahasiswa yang sering menganggap enteng perkuliahan. Kadang mahasiswa memang butuh kata kata motivasi dosen agar lebih semangat mengarungi bahtera perkuliahan.

Baca Juga: Kata Motivasi Belajar untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jutawan ini Menganggap Kuliah Tidak Penting Bagi Entrepreneur

Peter Thiel, Pendiri Paypal Merasa Bahwa Kuliah Tidak Penting Bagi Entrepreneur. Kontroversial?

Di dalam dunia entrepreneur, kuliah justru adalah gangguan. Tanyakan saja pada Peter Thiel, co-founder dan mantan CEO PayPal, sekaligus investor awal Facebook. Dan bukan hanya omdo, Thiel bahkan menawarkan dana investasi sebesar $100,000 bagi 20 entrepreneur muda terpilih (di bawah usia 20 tahun) yang bersedia meninggalkan bangku kuliah mereka. Selain modal, mereka juga akan mendapat akses ke hampir seratus mentor terkenal dan 2 tahun bimbingan untuk mengembangkan bisnis impian mereka menjadi kenyataan. Program ini diberinya nama Thiel Fellowship. Di antara orang-orang terpilih adalah Laura Deming, seorang pakar biogerontology berusia 17 tahun di MIT yang ingin mengkomersilkan riset anti penuaan. Ada juga Andrew Hsu, seorang kandidat Ph.D Stanford berusia 20 tahun yang meninggalkan bangku kuliah demi memulai Airy Labs, sebuah studio pembuatan game anak-anak.

 

Apakah kuliah adalah sebuah gangguan?

“Semacam itu,” kata Thiel, dikutip dari sebuah wawancara di majalah Entrepreneur. “Anak muda lulus kuliah dibebani dengan hutang bantuan pendidikan, yang kemudian mulai mendorong mereka untuk berkarir di bisnis dengan gaji sepadan, namun tidak akan membantu negara dan peradaban kita.”

Thiel menganggap bahwa entrepreneur bukanlah soal aspirasi. Hal ini sama dengan mengatakan kalau Anda ingin jadi kaya dan terkenal ketika tumbuh dewasa, terlalu abstrak. Menurutnya, motivasi lah yang terpenting. Entrepreneur bukan merupakan sebuah karir yang didapatkan melalui proses belajar. Melainkan karena ada masalah yang ingin Anda pecahkan, dan dalam proses pemecahan ini, Anda harus jadi entrepreneur.

peter-thiel

Soal umur.

“Menurut saya, tidak ada yang namanya waktu paling tepat untuk jadi entrepreneur,” katanya. Anda tidak perlu tua atau muda, berpengalaman atau masih fresh. Siapapun bisa jadi entrepreneur pada titik manapun di hidup mereka.

Thiel Fellowship hanya memilih peserta di bawah 20 tahun semata-mata karena menurut Thiel, mereka ingin memberikan kesempatan dini pada pemuda untuk memulai perjalanan entrepreneur mereka lebih awal dari orang lain. Sehingga, kriteria mereka yang terpilih adalah mereka-mereka yang memiliki passion tentang hal-hal yang mampu mengubah dunia.

 

Menghargai mereka-mereka yang berani mengambil resiko.

Ketika ditanya seputar apakah investasi Thiel layak untuk ia perjuangkan, Thiel menjawab bahwa ia sendiri pun tidak bisa mengetahui apakah bisnis anak asuhnya akan bertahan hingga 10,15, atau 20 tahun. Akan tetapi ketika ia bersedia mengambil resiko ini, maka ia pun menghargai mereka-mereka yang bersedia mengambil resiko bersamanya.

“Rencananya adalah membuat mereka berpikir keras selama beberapa bulan pertama untuk memformulakan ide mereka. Inovasi yang nyata harus diberikan timeline yang super-padat,” kata Thiel. Dan mungkin baginya, kuliah hanya akan jadi gangguan dalam proses ini.

Thiel adalah seorang idealis. Pandangannya ini ditentang keras oleh entrepreneur sukses lainnya Michael Baum dengan menawarkan pendanaan 1 Milliar Rupiah untuk entrepreneur yang tetap berkuliah. Di luar apakah kita setuju atau tidak dengan pandangannya, upaya Thiel untuk mendorong kewirausahaan perlu kita acungi jempol. Jadi Sobat Anak Unsri, bagaimana menurut Anda. Apakah kuliah penting atau tidak? Mari berdiskusi di kolom komentar! [Photo Credit: Heisenberg]

Kumpulan Kata Kata Motivasi Hidup Paling Bijak

kata motivasi hidup

Kata kata motivasi hidup. Setiap manusia membutuhkan motivasi dalam hidupnya. Dalam mengarungi kehidupan dan untuk mencapai kesuksesan, maka dibutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Kata motivasi merupakan untaian kata yang membuat kita terus bersemangat untuk menjalani kehidupan.

Kata kata motivasi juga dapat menjadi inspirasi kita untuk menjadi orang yag lebih baik lagi. Meskipun kata motivasi dapat membuat anda semangat, namun yang terpenting adalah anda segera berbuat untuk mencapai kesuksesan. Sebab persoalan hidup kian rumit dan kita tentu memerlukan kebijaksanaan dalam menyikapinya.

Kata motivasi hidup juga dapat membuat kita menjadi orang yang lebih bijak. Sebuah tantangan kehidupan tak akan pernah surut, untuk menjadi pribadi yang bijak tentu kita membutuhkan tuntunan dan kutipan dari orang-orang terkenal yang mampu membuat kita berhati-hati dalam memutuskan sesuatu.

Inilah Kumpulan Kata kata Motivasi Hidup Paling Bijak

Ketika hal buruk menimpamu, jangan mengeluh. Tuhan pasti mempunyai tujuan. Jalani dengan tabah, dan jadilah pribadi yang kuat.

Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang2 tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.

Komitmen adalah berbuat sesuatu untuk mewujudkan impian anda menuju hidup yg haqiqi.

Apa pun yang anda lakukan, lakukan yang terbaik yang dapat anda lakukan.

Sukses hanyalah peristiwa, Namun cara meraih sukses itu yang hebat.

Kata kata motivasi hidup : Hidup terlalu singkat untuk kamu belajar dr kesalahan sendiri, cobalah belajar dr kesalahan org lain.

Jangan membuang waktu dgn terus bersedih.. Terus melarutkan diri dlm kesedihan hanya akan menghambat pertumbuhan “kebahagiaan”.

Terkadang kejujuran bisa menyakiti, tetapi percayalah masalah apapun akan cepat terselesaikan jika kamu berlaku jujur.

Hargai dan syukuri apapun yang kamu miliki, sebelum itu meninggalkanmu dan bukan menjadi milikmu lagi.

Jangan buang waktumu hanya untuk menunggu sesuatu yang tidak pasti. Hidup ini butuh kepastian, bukan hanya angan pun harapan.

Tantangan terbesar bukan saat kita menghadapi kesulitan tapi saat kita melawan kemalasan dan keluhan diri kita sendiri..

Kata kata motivasi : Cobalah untuk tersenyum disaat sakit. Cobalah untuk bersabar disaat luka. Karena hanya senyum dan sabar yang dapat menguatkan hati.

Sukses tidak datang dari apa yang diberikan oleh orang lain, tapi datang dari keyakinan dan kerja keras kita sendiri..

Tidak ada yang bisa mengendalikanmu, semua tergantung pada diri kita sendiri. Orang lain hanya bisa mempengaruhi.

Bersedih merupakan hal yang wajar, tapi jangan sampai kesedihan membutakan hatimu hingga kamu berputus asa.

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Kerugian terbesar bukanlah saat mengalami kebangkrutan, melainkan saat Kita gagal belajar dari kebangkrutan tersebut.

Impian tidak akan menggerakan seseorang utk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yg menggerakannya.

Jangan mengeluh masalahmu. Jika kamu merasa bebanmu lebih BERAT daripada yg lain, itu karena Tuhan melihatmu lebih KUAT daripada yang lain.

Tuhan takkan pernah membiarkan dirimu terluka, Dia hanya ingin kamu belajar dari segala masalah. Percayalah padaNya.

Doaku pagi ini: Tuhan, beri aku kekuatan tuk bisa melalui hari ini, tuk menghadapi segala masalah yang kutahu hanya buatku dewasa.

Terkadang satu-satunya cara tuk menyelesaikan masalahmu adalah dgn membenarkan cara pandangmu, bkn masalahmu.

Mencari siapa yg salah takkan selesaikan masalah. Berdiskusi dan kerja sama, maka kamu dan dia mampu selesaikan segalanya.

Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak menyelesaikan masalah, dan mengalah bukan berarti kalah.

Jangan berpikir kamu JATUH karena masalah yg diberikan Tuhan, karena sebenarnya Tuhan hanya menginginkanmu belajar BERDIRI.

Amarah adalah cara termudah membuat masalah. Bersabar adalah salah satu cara agar terhindar dari masalah.

Masalah adalah ujian pendewasaan. Jadi tidak ada alasan menyalahkan orang lain. Benahi diri sendiri dan jadi pribadi yang dewasa.

Ketika masalah datang menghampiri, itu artinya Tuhan menyayangi, bukan membenci. Tuhan hanya menguji keimanan dan kesabaran.

Sudahkah kamu tersenyum hari ini? Jangan biarkan masalah membuatmu lupa bahwa sebuah senyuman mampu meringankannya.

Tuhan melihat masalahmu, mengerti air matamu, & merasakan rasa sakitmu. Ia hanya sejauh doa-mu.

Selalu ada perbedaan dalam sebuah hubungan yang kadang menyebabkan masalah, tetapi juga perbedaan itu dapat menguatkan.

Seberat apapun masalah yg sedang menimpamu, tetaplah bersabar dan ikhlas. Hadapi dengan penuh tanggung jawab, pertolongan Tuhan pasti datang

Kau lbh kuat dr rasa sakitmu, lbh besar dr masalahmu, & lbh baik dr penghakiman org atasmu, selama ada Tuhan di hatimu.

Masalah terbesar pria: melupakan terlalu cepat. Masalah terbesar wanita: mengingat terlalu lama.

Kata Motivasi Hidup : Jangan pernah terpuruk karena suatu masalah. Bersabar dan berdoalah, percaya, tak ada masalah yang terlalu besar bagi Tuhan.

Masalah adalah cara Tuhan tuk membuatmu dewasa, jangan lari darinya tapi hadapilah. Hanya mereka yg membuatmu bijaksana.

Ketika masalah terasa berat, cobalah tuk menghela napas panjang dan tersenyum, itu akan membersihkan pikiran dan menambah semangat.

Setiap masalah ada jalan keluarnya. Kamu mungkin tak melihatnya, namun Tuhan tahu jalan keluarnya. Yakin dan percayalah padaNya.

Masalah adalah ujian pendewasaan. Jadi tidak ada alasan untuk menyalahkan orang lain. Benahi dirisendiri dan jadi pribadi yang dewasa.

Kamu bebas memilih sikap dalam setiap masalah yang datang. Apapun pilihanmu, tetaplah menjadi dirimu sendiri.

Dibalik beratnya masalah yg dihadapi bangsa, yakinlah bahwa Tuhan tengah mempersiapkan bangsa ini menjadi bangsa besar.

Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuan kamu.

——-

Semoga tulisan kata motivasi hidup terbaik ini dapat membuat anda lebih semangat dalam menjalani kehidupan. Saya berharap kata motivasi yang saya tulis dapat membuat anda lebih bijak. Amin

5 Miliarder Terkaya yang Drop Out dari Universitas

5 Miliarder Terkaya yang Drop Out dari Universitas

Sudah menjadi rahasia umum kalau gelar sarjana atau master bukanlah penentu keberhasilan seorang mahasiswa. Bagi sebagian orang hal tersebut menjadi syarat mutlak, namun bagi sebagian yang lain gelar sarjana bukanlah hal yang terlalu penting. Apapun itu semua tergantung dari persepsi masing-masing orang memandang apa itu kuliah.

Bila kita membaca atau mendengar kisah sukses tentu latar belakang kesuksesan mereka berbeda-beda. Ada yang mencapai kesuksesan setelah meraih gelar sarjana, ada yang sudah memulai usaha sejak kuliah, dan ada pula orang yang sukses setelah drop out dari kampus. Tidak hanya sekedar sukses, mereka bahkan menjadi miliarder (dalam kurs dollar).

Beberapa perusahaan teknologi terkenal di dunia ternyata didirikan oleh seorang drop out universitas. Meskipun drop out universitas, mereka tetap mampu mengejar impian mereka. Sebab takdir, nasib, dan masa depan bukan IPK yang tentukan.

Ini dia 5 miliarder terkaya yang drop out dari universitas

1. Bill Gates

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Bill Gates bisa jadi merupakan mahasiswa drop out yang paling terkenal kisah hidupnya. Pria yang mungkin sudah bosan jadi orang terkaya di dunia ini drop out dari Universitas Harvard demi mengejar impiannya mendirikan perusahaan software. Ia dan teman kuliahnya, Paul Allen, mendirikan perusahaan software Microsoft yang kini menjelma menjadi perusahaan software terbesar sekaligus terkaya di dunia. Meskipun ia adalah mahasiswa drop out, Bill Gates tetap dikenal sebagai orang yang jenius. Ia juga memiliki passion yang tinggi terhadap bidang teknologi, utamanya komputer dan pemrograman.

Sebelum drop out dari Harvard, Bill Gates dengan berani meminta ijin dari orang tuanya untuk berhenti kuliah. Meskipun awalnya shock karena putra mereka keluar dari universitas terbaik di dunia, orang tua Bill Gates pun memberikan dukungan terhadapnya. Orang tua Bill Gates terkesan dengan kegigihan putranya dalam mendirikan usaha dan bekerja sangat keras di bidang yang ia sukai.

Meski dalam 2 tahun terakhir Bill Gates tak lagi menjadi orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes. Namun ia tetap dinilai sebagai salah satu orang paling kaya dan berpengaruh di planet bumi. Tak hanya kaya, Bill Gates juga merupakan seorang dermawan. Tercatat ia telah mendonasikan miliaran dolar uang pribadinya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan dan teknologi. Semua donasi itu ia salurkan melalui yayasan yang ia dirikan bersama istrinya yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Baca juga: 25 Kutipan Motivasi Terbaik Bill Gates

2. Mark Zuckerberg

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Kalau belum pernah mendengar nama Mark Zuckerberg, saya yakin mungkin anda pernah tinggal di gua.(hehe) Mark Zuckerberg adalah idola para pecinta teknologi di era internet saat ini. Mark adalah pendiri jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook. Facebook merupakan jejaring sosial yang memiliki pengguna lebih dari satu miliar orang. Mark Zuckerberg juga drop out dari universitas yang sama dengan BIll Gates : Harvard University.

Kisah Mark Zuckerberg dan Facebook saking terkenalnya membuat Hollywood kepincut untuk membuatkan film tentang awal mula berdirinya Facebook. Bila ingin mengetahui sejarah awal perkembangan Facebook, saya menyarankan anda untuk menonton film “The Social Network”. Film itu salah satu film paling inspiratif yang pernah saya tonton.

Mark mendirikan Facebook bersama teman sekamarnya di Harvard. Saking suksesnya Facebook, Mark pun memutuskan untuk drop out dari kampus tersebut untuk fokus mengerjakan Facebook. Pria yang pernah kuliah di jurusan Prikologi dan Ilmu Komputer ini kemudian dinobatkan sebagai manusia termuda yang mencapai penghasilan $1 Miliar dolar dari keringat sendiri. Kejeniusannya dalam progrramming membuatnya meraih penghargaan “Programming Prodigy”.

3. Steve Jobs

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Inilah role model saya dalam dunia teknologi. Pria yang sudah wafat tahun 2011 ini tetap mampu menginspirasi jutaan orang meskipun telah tiada. Steve Jobs adalah pendiri Apple, salah satu perusahaan terbesar di dunia. Menurut saya, sampai saat wafatnya Steve Jobs, Apple merupakan perusahaan paling inovatif di dunia.

Steve Jobs drop out dari Reed College padahal ia baru kuliah 1 semester. Di usianya yang ke-20, ia mendirikan Apple bersama sahabat masa kecilnya, Steve Wozniak. Selain menjadi CEO Apple, Steve Jobs juga mendirikan perusahaan teknologi lainnya seperti Pixar dan NeXT.

Bersama Apple, Steve Jobs menjadi orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi bahkan sampai ada orang yang bilang bahwa ia adalah Nabi Teknologi. Meskipun pendapat itu sepertinya berlebihan, namun pengaruh dan inovasinya dalam dunia teknologi membuatnya menjadi penemu terhebat di abad 21.

Steve Jobs terkenal dengan sifatnya yang keras, bergaya diktator, dan tentu saja sangat mementingkan desain. Baginya desain yang baik sama pentingnya dengan teknologi canggih. Karya dan produk Apple pun selalu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Michael Dell

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Michael Dell adalah pemilik dan pendiri perusahaan komputer terkenal Dell,Inc. Ia drop out dari Universitas Texas. Drop out dari kampus tidak membuatya patah arang dan ia membuktikan kalau kesuksesan itu tidak harus diraih dari bangku kuliah. Bahkan ia menerapkan ilmu yang kala itu masih sedikit orang yang paham: komputer dan pemrograman.

Awalnya Dell membuat produk berupa Calculator. Fungsi utama dari Calculator ini untuk memudahkan orang dala menghitung keuangan dan angka. Seiring dengan perkembangan waktu, Dell pun berekspansi ke dunia komputer dan mulai memproduksi komputer personal. Produk Dell banyak digunakan di perusahaan besar dunia.

Meskipun bisnis komputer sedang surut di tengah serbuan tablet dan smartphone yang menawarkan fungsionalitas yang hampir serupa namun mobilitas yang tinggi, Dell tetap menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia.

5. Lawrence Ellison

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Menurut saya, Lawrence Ellison yang akrab disapa Larry ini adalah sosok Iron Man di dunia nyata. Pria yang merupakan mahasiswa drop out dari University of Illinois dan Universiy of Chicago ini adalah pendiri perusahaan software paling berpengaruh di dunia, terutama di bidang militer, yakni Oracle. Selain Oracle, ia juga mendirikan Entreprise Software.

Lawrence Ellison drop out dari universitas setelah ibu angkatnya meninggal dunia. Beberapa saat setelah itu, ia masuk kuliah lagi di University of Chicago. Namun emang pada dasarnya ia kurang berminat untuk kuliah, ia drop out lagi. Di usia 22 tahun, ia pindah ke California tepatnya di Silicon Valley, tempat para jagoan teknologi mengadu nasib.

Kini ia adalah masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia dengan pendapatan mencapai $41 miliar pada tahun 2012. Larry Ellison pun menjalani gaya hidup ultra-mewah.

Tips Cara Efektif Belajar Menjelang Ujian SBMPTN 2018

Tips Cara Efektif Belajar Menjelang Ujian SBMPTN

Tiap orang punya gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar itu tidak bisa dipaksakan dan tidak bisa meniru-niru. Ada orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada orang yang ketika belajar harus dalam keadaan tenang dan sepi, ada pula orang yang belajar harus berkelompok. Gaya belajar apapun itu semuanya baik.

Namun ada satu gaya belajar yang hampir dilakukan semua mahasiswa yaitu sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Meskipun sudah tahu sistem SKS tidak bakal berjalan dengan baik namun masih banyak mahasiswa yang menganut gaya belajar yang satu ini.

Terus gimana sih cara biar dapat belajar dengan efektif menjelang ujian. Simak terus tulisan ini. Kalau ada yang kurang atau kamu ingin tambahin. Kasih di kotak komentar ya :)

1. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan tugas.

2. Bikin suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

3. Review materi

Kalau sudah mengulang materi kuliah, jangan langsung tutup buku (atau binder saktimu). Tapi cobalah untuk berpikir lebih kritis dan analitis. Coba analisa teori-teori tersebut dengan pemahaman kamu sendiri. Then, you will find that you understand that lesson philosophically.

4. Catat pokok-pokok materi

Tinggalkan catatan kuliah yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap mata kuliah yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. Come on man! Udah mahasiswa, saatnya melakukan sesuatu dengan lebih cerdas. :)

5. Membaca adalah kunci belajar

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

6. Belajar untuk memahami

Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi kuliah.

7. Jangan lupa istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Alasan Kita Harus Bangga jadi Orang Indonesia

bangga jadi orang indonesia

Sebenernya Indonesia adalah negara yang sangat kaya, betul-betul kaya. Kekayaan alamnya mungkin tidak ada bandingannya di dunia ini. Posisinya juga sangat strategis dalam percaturan politik dunia. Bila diibaratkan Indonesia itu bila diembargo oleh seluruh negara lain di dunia, penduduknya masih hidup dengan aman dan nyaman karena segalanya ada disini.

Oleh karena itu kita harus bangga menjadi orang Indonesia. Terus apa sih yang bisa kita banggain dari negeri bernama Indonesia itu. Sebenernya banyak banget hal yang bisa kita banggain, namun disini ane coba tampilkan berdasar pengamatan ane. Kebanggaan ini enggak cuma membanggakan hasil sumber daya alam kita yang seolah enggak ada habisnya, tapi juga membanggakan sumber daya manusianya yang luar biasa cerdas.

1. Indonesia merupakan penghasil emas terbaik dan terbesar di dunia

Tahukah anda emas-emas mahal yang bertebaran di luar negeri dengan harga selangit itu diambil dari tanah kita, Papua. Dan pengeruk emas kita yang sangat berharga itu adalah PT. Freeport milik Amerika. Meskipun bisa dikatakan mereka mencuri kekayaan alam kita, namun yang perlu kita banggakan adalah kualitas emas Papua tidak ada bandingannya di dunia.

2. Indonesia, negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia

Selain penghasil emas terbaik dan terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki cadangan gas alam yang paling besar di dunia yang berada di Blok Natuna. Tahu berapa banyak cadangan gas alam yang tersimpan di Blok Natuna? Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas alam sebesar 200 Triliun Kubik gas. Selain Blok Natuna, Indonesia masih memiliki blok-blok penghasil gas alam lainnya seperti Blok Cepu,dll. Sayang, pengelola kekayaan kita itu lagi-lagi adalah perusahaan asal Amerika, Exxon Mobil.

3. Negara dengan hutan tropis terbesar di dunia

hutan tropis indonesia

Hutan tropis Indonesia terletak di Sumatera,Kalimantan,dan Sulawesi. Hutan tropis Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Seandainya seluruh hutan di Indonesia dibabat habis, maka ketersediaan oksigen di dunia ini akan menipis dan membuat kehidupan manusia di ambang kehancuran. Sepenting itulah Indonesia bagi kehidupan umat manusia. Bangga kan?

4. Indonesia adalah negara dengan lautan terluas di dunia

Sebagai negara yang dikelilingi oleh dua samudra besar, Hindia dan Pasifik. Indonesia sudah barang tentu menjadi negara maritim terbesar di dunia. Saking luas dan kayanya lautan Indonesia, sampai-sampai nelayan dari negara lain ikut-ikutan memanen hasil laut kita.

5. Indofood merupakan produsen mie terbesar di dunia

Perusahaan asal Indonesia, Indofood, merupakan produsen mie terbesar di dunia. Hebatnya perusahaan ini mampu mengekspor mie hingga ke Australia,Eropa,dan Amerika.

6. Gamelan jadi mata pelajaran di negara lain

Gamelan yang merupakan permainan musik khas Indonesia yang lebih terpusat di daerah Jawa menjadi mata pelajaran bagi pelajar di negara lain. Di Singapura, Gamelan menjadi mata pelajaran wajib hampir di seluruh negara bagian Singapura. Sedang di New Zealand, Gamelan telah menjadi kurikulum tetap di New Zealand School of Music. Di Amerika dan Jepang, Gamelan jadi bahan pembelajaran di universitas. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sudahkah kita sebagai generasi muda peduli dengan warisan budaya nenek moyang kita?

7. Boneka Barbie diproduksi di Indonesia

Pabrik manufaktur yang membuat barbie cuma ada dua di dunia ini, China dan Indonesia. Lalu setelah diproduksi barbie itu lalu dipasarkan ke seluruh dunia. Pabrik barbie di Indonesia berlokasi di Cikarang,Jawa Barat.

8. Airbridge pertama diciptakan oleh orang Indonesia

Airbridge atau tangga belalai merupakan jalan untuk menuju pesawat yang berbentuk seperti lorong. Airbridge yang sekarang ngetrend di seluruh bandara-bandara di dunia itu ternyata awalnya diciptakan oleh perusahaan asli Indonesia, PT Bukaka.

9. Presiden Indonesia ke-3 Ahli Penerbangan Dunia

Udah nonton belum film Habibie & Ainun yang berdasarkan kisah nyata mantan Presiden Indonesia ke-3 B.J. Habibie. Pria yang dijuluki sebagai ‘MR.Crack” ini karena mampu memperhitungkan secara detik perambatan retak pada pesawat hingga ke tingkat perhitungan atom. B.J. Habibie memiliki 46 paten dalam bidang aeronautika (penerbangan).

4 Kunci Sukses Apple yang Sulit Ditiru Perusahaan Manapun

kunci sukses apple

Anak Unsri pasti pada tahu kan tentang perusahaan yang satu ini. Buat yang belum tahu Dokicuy kasih tahu deh. Apple adalah perusahaan terknologi kelas dunia yang kerap membuat gadget-gadget yang jadi trendsetter dalam kehidupan manusia.

Di Industri teknologi, Apple dikenal sebagai perusahaan yang penuh inovasi dan berdedikasi tinggi. Kehebatan Apple terletak pada kemudahan serta kecanggihan teknologi yang selalu dikeluarkan.Gadget dan produk-produk Apple pun selalu dinantikan kehadirannya. Kira-kira apa yang membuat  Apple bisa sebesar sekarang?

Vice President Product Marketting Apple, Gred Joswiak,yang bertanggung jawab untuk produk iPhone,iPod, dan iOS Apple ketika berbicara di Cambridge University,mengungkapkan ada 4 kunci sukses Apple yang menjadi filosofi perusahaan dan tetap dipertahankan sampai sekarang.

Berikut adalah 4 kiat sukses Apple hingga menjadi perusahaan yang paling bernilai di dunia saat ini.

1. Fokus

Tidak seperti kompetitornya yang memiliki produk yang beragam. Apple hanya mengeluarkan sedikit produk.Apple hanya mengeluarkan satu produk untuk satu lini bisnis.lihat saja iPhone untuk smartphone,iPad untuk tablet,Mac untuk komputer atau laptop,iPod untuk pemutar musik digital. Apple biasanya hanya mengeluarkan satu produk saja.

Namun justru itulah kelebihan Apple. Sebab dengan hanya mengeluarkan satu produk mereka bisa fokus menggarap teknologi dan fitur, serta ekosistem pendukung produknya.

“Kami cuma mengerjakan beberapa hal di Apple. Namun dari beberapa produk tersebut, revenue kami bisa sampai USD 100 miliar. Jika Anda terlalu banyak membagi perhatian terhadap banyak hal, tidak akan ada satupun dari mereka yang bakal menjadi fenomenal,” tukas Joswiak.

2. Simplicity

Menurut Joswiak, Apple mencoba untuk fokus terhadap ‘gambaran besar’ bagaimana membuat pengalaman yang mengesankan kepada pengguna. Mereka justru mengenyampingkan bagaimana spesifikasi teknis produk tersebut nantinya.

Sensasi pengalaman kepada pengguna tersebut pun coba dikemas dengan sederhana, alias dibuat praktis namun memiliki daya magis.

“Ketika Anda memulai untuk membangun sesuatu, maka dia akan cepat menjadi kompleks. Namun jika Anda telah mengenal produk Anda dan apa masalahnya, maka Anda dapat membuat hal yang rumit itu menjadi sederhana,” tukasnya.

3. Berani

Jangan ‘terpenjara’ dengan apa yang sudah ada. Itulah kira-kira pesan yang ingin disampaikan Joswiak. Hal ini terkait bagaimana sebuah vendor dituntut untuk terus berinovasi menerobos batas-batas yang dipikirkan orang.

Menurut Joswiak, faktor keberanian sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan di dunia bisnis. “Jangan bergantung pada ide-ide dari masa lalu, termasuk jika mereka telah terbukti sukses. Anda jangan membuat produk hanya karena orang lain telah memilikinya,” ia menambahkan.

4. Terbaik

Sifat perfeksionis pendiri Apple yang sudah tiada, Steve Jobs, sepertinya telah sukses diturunkan kepada budaya kerja di pembuat gadget fenomenal iPod, iPhone, dan iPad tersebut.

Pasalnya, Apple berpikir tidak akan masuk ke suatu lini bisnis tertentu jika mereka tidak bisa menjadi yang terbaik di dalamnya. Tentu saja, usaha ekstra dibutuhkan dalam perburuan untuk menjadi yang terbaik tersebut.

“Di Apple, jika kami tidak bisa menjadi terbaik di segmen itu, maka kami tidak tertarik untuk memasukinya,” pungkas Joswiak.

Ya,itulah empat prinsip kerja yang diterapkan di Apple yang telah berlangsung sejak jaman Steve Jobs hingga sekarang.Filosofi kerja itulah yang membuat Apple menjadi perusahaan paling bernilai di dunia.

Gimana menurut Anak Unsri lainnya? setuju dengan ane diatas.