37 Fakta Menarik Tentang Universitas Sriwijaya yang Harus Diketahui

fakta unsri,universitas sriwijaya

Universitas Sriwijaya merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Palembang, Sumatera Selatan. Maka, tidak heran jika banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studinya di kampus ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kampus ini, berikut ini ulasan tentang beberapa fakta menarik tentang Universitas Sriwijaya (Unsri):

fakta unsri

1. Universitas Sriwijaya memiliki 2 lokasi kampus utama, yaitu di kota Palembang dan kota Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan.

2. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.42 Tahun 1960 tanggal 29 Oktober 1960, maka berdirilah Universitas Sriwijaya.

3. Peresmiannya universitas ini dilakukan pada tanggal 3 November 1960 dalam upacara penandatanganan piagam pendirian oleh Presiden Pertama Indonesia, Bp. Ir. Soekarno dengan disaksikan oleh Menteri PPK dan beberapa duta besar negara sahabat.

4. Pembangunan kampus 2 Universitas Sriwijaya yang terletak di Kabupaten Indralaya, baru dimulai pada tahun 1983 di atas tanah seluas 712 hektar.

5. Terhitung sejak tanggal 1 Februari 1995, semua kegiatan administrasi dan sebagian besar kegiatan akademik diselenggarakan di kampus Indralaya, yang sesungguhnya baru diresmikan pada tanggal 6 Maret 1997 oleh Presiden Soeharto.

6. Jumlah alumni Universitas Sriwijaya sampai dengan wisuda ke-109 pada 10 Oktober 2013 sebanyak 90.982 alumni yang terdiri dari: S3 dan spesialis S2 sebanyak 79 wisudawan, Program Pascasarjana S2/SP1 sebanyak 5.502 wisudawan, sarjana Strata sebanyak 67.748 wisudawan, serta Program Diploma D3 sebanyak 17.563 wisudawan.

7. Lambang dari universitas adalah Bunga Melati dengan 5 mahkota berwarna kuning muda, yang melambangkan Pancasila, sedangkan warna kuning muda melambangkan warna dari Universitas Sriwijaya.

8. Sedangkan Bunga Seruni, merupakan lambang tertua yang ditemukan dalam sejarah Universitas Sriwijaya, yang jumlah mahkotanya melambangkan tanggal lahir Unsri yaitu 31 Oktober 1960.

9. Universitas Sriwijaya memiliki motto “ ILMU ALAT PENGABDIAN”. Motto ini melambangkan bahwa manusia wajib mengabdi kepada Tuhan, negara, bangsa, masyarakat dan keluarga, namun pengabdian tanpa disertai dengan ilmu pengetahuan tidaklah sempurna.

10. Kampus pertama Unsri yang terletak di Bukit Besar, Palembang memiliki luas 32,5 hektare, dimanfaatkan sebagai fasilitas pendidikan D3, S2 dan S3, serta program S1.

11. Sedang kampus yang kedua dibangun justru merupakan kampus utama yang berjarak 38 km ke arah selatan kota Palembang, merupakan pusat kegiatan pendidikan untuk jenjang sarjana (S1), dan merupakan pusat admisnistrasi Unsri.

12. Unsri juga memiliki Kebun Percobaan seluas 50 hektar di daerah Gelumbang, Muara Enim.

13. Memiliki beberapa kampus tambahan, antara lain: kampus Fakultas Kedokteran di kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin, kampus FKIP di Jl. Srijaya km 5,5, Palembang, dan kampus Pasca Sarjana di Jl. Padang Selasa, Bukit Besar, Palembang.

14. Transportasi yang digunakan para mahasiswa dari Palembang-Indralaya dan sebaliknya adalah fasilitas kereta api bernama “ Kertalaya”. Dan menjadikan kampus ini satu-satunya kampus di Indonesia yang mahasiswanya dilayani secara khusus dengan transportasi kereta api.

15. Warna kuning muda merupakan warna yang mendominasi di Universitas Sriwijaya, baik untuk warna bangunan, sampai jas almamater.

16. Universitas Sriwijaya memiliki 10 fakultas dengan jenjang pendidikan S0(D3) dan S1. Serta memiliki Program Pasca Sarjana.

17. 10 fakultas tersebut antara lain : Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

18. Visi Unsri pada tahun 2020 adalah “ Universitas Sriwijaya pada dasawarsa ke 2 abad 21, merupakan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang berbasis riset, memiliki keunggulan di berbagai ilmu, khususnya di bidang pengembangan sumber daya alam untuk menghasilkan manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, berakhlak tinggi, berbudaya, bersemangat ilmiah, dan menguasai serta mampu menggunakan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan kesenian untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

19. Fakultas Ekonomi Unsri merupakan fakultas pertama di Unsri yang didirikan pada tanggal 31 Oktober 1953 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti yang masih berstatus swasta.

20. Pada tanggal 23 November 1965 Fakultas Ekonomi Unsri membuka program Extention dengan jurusan Ekonomi Perusahaan (sekarang jurusan Manajemen). Dalam kurun waktu 1983-1986 program ini tidak menerima mahasiswa baru.

21. Tahun 2013, pengelolaan Program Pasca Sarjana sepenuhnya di bawah pengelolaan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, baik di bidang akademik maupun administrasi keuangan.

22. Fakultas Hukum Unsri baru diserahkan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Syakhyakirti pada tanggal 17 September 1960.

23. Pada tahun akademik 1983/1984 Fakultas Hukum Unsri menjadi induk bagi Program Studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan jurusan Ilmu Administrasi Negara. Namun tahun 2000 program tersebut memisahkan diri dan menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

24. Dengan adanya Fakultas Teknik di Unsri maka lengkaplah persyaratan fakultas untuk dapat berdirinya Universitas Negeri Sriwijaya pada tanggal 1 Oktober 1960.

25. Upacara resmi berdirinya Fakultas Kedokteran Unsri dilaksanakan pada 1 Oktober 1962 bertempat di aula Rumah Sakit Mohammad Hosein, Palembang.

Baca Juga: Hal-hal yang Akan Kamu Kangenin Tentang Universitas Sriwijaya Indralaya

26. Perkembangan Program Studi Fakultas Kedokteran melalui berbagai tahap. Hingga saat ini telah terdapat 12 program studi di dalam Fakultas Kedokteran.

27. Fakultas Pertanian Unsri didirikan karena wilayah Sumatra Selatan merupakan daerah agraris dan sebagian masyarakatnya adalah petani.

28. Upacara resmi pendirian Fakultas Pertanian diadakan pada tanggal 26 September 1963 bersamaan dengan acara memperingati Hari Tani Nasional.

29. Sejarah berdirinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsri dimulai dengan didirikan nya kursus B-1 Bahasa Inggris Negeri Palembang.

30. Melalui berbagai tahapan, FKIP Universitas Sriwijaya saat ini memiliki 14 Program Pendidikan dengan jenjang S1.

31. Pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berdasarkan SK nomor 7/DJ/Kep/1983 tanggal 12 Februari 1983 dengan 1 jurusan yakni Administrasi Negara.

32. Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya awalnya bernaung di bawah Fakultas Teknik dengan nama Program Studi MIPA.

33. Pada tahun akademik 1993/1994 Program Studi MIPA berubah menjadi Fakultas MIPA berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0381/ O/ 1993 tanggal 22 Oktober 1993.

34. Pada tahun akademik 2001/2002 Fakultas MIPA bertambah 1 program studi yaitu Program Studi Ilmu Kelautan, berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan dari Ditjen Dikti No. 2796/ D/ T/ 2001 tanggal 30 Agustus 2001.

35. Untuk mendirikan Fakultas Ilmu Komputer, Unsri mengirimkan beberapa dosen untuk mengikuti pendidikan S2 di bidang teknologi informasi dan komunikasi baik di dalam maupun luar negeri.

36. Surat Ijin pembukaan Fakultas Ilmu Komputer Unsri diterbitkan oleh Ditjen Dikti pada tanggal 22 Februari 2006, sedangkan secara resmi Fakultas ini berdiri pada tanggal 1 Desember 2006.

37. Fakultas Kesehatan Masyarakat dahulu merupakan salah satu program studi dari Fakultas Kedokteran Unsri. Baru pada tanggal 11 Oktober 2004 Program studi ini resmi beralih menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat yang merupaka fakultas yang ke-10 di Universitas Sriwijaya.

Inilah Artis Terkenal Asal Palembang yang Gak Akan Kamu Percaya

Siapa sih yang nggak suka ketemu artis? Apalagi orang Palembang, biasanya nih kalo ketemu artis langsung diajak foto-foto dan pamer di sosial medianya dengan caption penuh rasa bangga dan terharu bisa ketemu artis tersebut. Nah, kamu tahu nggak sih kalo banyak juga artis-arti itu berasal dari Palembang? So, kalo doi lagi pulang kampung, kamu bisa menyambangi dia langsung di sini!

Ferry Salim

via www.kapanlagi.com

Seorang aktor yang sudah dewasa ini lahir di Palembang tanggal 8 Januari 1967 silam. Doi mengawali keartisannya dari dunia modelling dan sekarang siapa sih yang nggak kenal sama aktor ganteng meskipun sudah mulai tuir ini? Kharismanya tetap mempesona para wanita!

Farah Quinn

via korannonstop.com

Siapa sih yang nggak kenal sama chef cantik yang membuat mata para pria nggak lepas kalo ngeliat sosoknya ini? Doi lahir di Bandung, 8 April 1980, namun memiliki darah Palambang dan dibesarkan di Sumatera. Namun ketika lulus SMA, doi melanjutkan kuliah di Amerika Serikat.

Selly Hasan

via karenacinta.proboards.com

Perempuan yang biasa mendapatkan peran antagonis di sinetron yang dibintanginya ini lahir di Palembang, 27 Agustus 1984 silam. Doi pun sempat bolak-balik Palembang-Jakarta demi mewujudkan cita-citanya menjadi seorang enteiner. Tahu gak? Doi dibesarkan di Komplek Maskarebet, Talang Kelapa loh!

Putri Titian

via jadiberita.com

Perempuan kelahiran dengan nama asli Putri Titian Asih ini lahir di Palembang, 7 April 1991. Doi memulai karirnya menjadi seorang pemain FTV dan sinetron yang langsung melejitkan namanya. Tian, panggilan akrabnya, merupakan sosok yang tomboy, namun sekarang sudah menjelma menjadi gadis yang cantik sekali!

Kartika Putri

via info.arlinadzgn.com

Wah nggak nyangka loh, artis yang terkenal degan logat Tegalnya ini ternyata asli Palembang! Doi lahir di Palembang, 20 Januari 1991 ini ngedapetin logat Tegal dari pembantu yang biasanya mengasuhnya. Jadilah di fasih banget dengan logat Tegal yang kemudian melambungkan namanya ini. Wih nggak nyangka banget deh.

Siapa lagi nih?

Referensi: Ngomong Bae

“Maaf Pak, Tolong Izinkan Saya Berzina dengan Anak Bapak!”

Suatu hari sepasang muda-mudi bakal berangkat untukberlangsung-jalan. Setibanya pemuda di rumah orang tua sang gadis untuk menjemputnya.

PENASARAN KISAH APA KALI INI YANG AKAN DI ULAS? SILAHKAN SIMAK DAN JANGAN LUPA SHARE

Gadis: Masuk dulu ya, berjumpa sama ayah

Pemuda : Boleh kah?

Gadis: Masuk saja, saya bersiap-siap dulu.

Masuklah sang pemuda melewati pintu utama. Pintu yang siap terbuka mengelu-elukan kedatangan si pemuda.
Pemuda : Assalamualaikum.

Ayah Gadis : Waalaikumussalam!
Mendengar lantangnya suara Ayah si gadis, si pemuda kaku membatu. Lantas si gadis menyadarkan pemuda dari lamunan itu. Entah apa yang dipikirkannya.
Gadis : Mari, silahkan duduk
Pemuda : eh.,iyaa
Seusai mengucapkan salam dan berjabat tangan, duduklah si Pemuda di kursi yang hampir menghadap Ayah si gadis. Hanya koran yang menjadi ‘sitroh’ antara mereka.
Ayah Gadis : hendak jalan kemana kali ini?
Pemuda : ke Kota saja Pak, dirinya mau mencari barang katanya. entah barang apa saya tidak tahu.
Ayah Gadis : oh..
Pemuda : . . .

Hampir 5 menit suasana senyap tanpa suara. Dan bunda si gadis keluar dari ruang belakang mengangkat air dan kue kering. Si Pemuda pun tersenyum manis.

Ibu Gadis : Silahkan diminum dulu nak. Kalian telah sarapan?
Pemuda : eh, Telah Bu. Terima kasih.
Ibu Gadis : kalian ini malu-malu segala dengan kami.
Pemuda : saya hanya segan Bu. Hehe
Ayah Gadis : kapan kalian mau mengirim rombongan (lamaran)?
Ibu Gadis : eh, ayah ini?
Pemuda : hmm. Saya belum mempunyai tidak sedikit uang Pak. Hehe
Ayah Gadis : kalian bawa anak kami kesana-kemari. Apa orang kata nanti?
Pemuda: (sebetulnya Malu dengan orang lain, dan malu dengan Allah). Setiap kami berangkat kami rutin naik mobil Pak, tidak sempat berdekatan apalagi hingga bergandeng tangan. Oh iya, bisa saya tanya sedikit Pak?
Ayah Gadis : pasti saja, silahkan!
Pemuda : bapak dan bunda ingin saya menyediakan uang berapa untuk lamaran ini?
Ibu Gadis : kalau bisa Rp.20.000.000,-
Ayah Gadis : ehh, tapi kalau bisa lebih besar dari orang sebelah yang naksir juga sama gadis.
Pemuda : Maaf, Berapa itu Bu?
Ayah Gadis : Rp.40.000.000,- syukur-syukur bisa lebih
Pemuda : (Ya Allah, whhooa.. Rp.40.000.000,- darimana saya bisa uang setidak sedikit itu, aduh) Besar sekali Pak, apakah tidak bisa lebih sedikit, kami buat agenda sederhana saja. Lumayan mengudang keluarga, saudara dan tetangga dekat?
Ayah Gadis : itu hidup kalian nak, kalian yang bakal melamar anak kami. Lagipula dialah satu-satunya anak perempuan kami.

Si Pemuda pun hampir hilang akal ketika disebutkan ‘harga’ si gadis itu. Dan si Pemuda mencoba kembali berdiskusi dengan orang tua gadis pujaan hatinya.
Pemuda : Boleh saya bertanya lagi, apakah anak bapak pandai memasak?
Ayah Gadis : hmm,.boro-boro. Bangun tidur saja jam 10 lebih, bukan bangun pagi lagi itu. Habis bangun terus langsung makan siang.
Ibu Gadis : Apa sih ayahnya ini, anaknya mau dijadikan istri, dirinya malah cerita yang jelek-jelek.
Ayah Gadis : Ibunya pun sama suka telat bangun juga.
Ibu Gadis : ih ayah ini!
Pemuda: (bengong) Ehh.. iya lumayan pak,
sekarang saya telah tau. Kalau boleh bertanya lagi, bisa kah dirinya membaca Qur’an?
Ibu Gadis: bisa sedikit-sedikit kok
Pemuda : belajar dengan maknanya?
Ibu Gadis : mungkin.
Pemuda : hmm.
Ibu Gadis : kenapa?
Pemuda : Oh, tidak apa apa bu. Pertanyaan terbaru, apakah dirinya rajin sholat?
Ayah Gadis : Apa maksud kalian tanya semua ini !? Dirinya kan dekat dengan kamu. Wajibnya kalian juga tahu.
Pemuda : Setiap sedang diluar dan saya ajak sholat, dirinya rutin bilang sedang datang bulan. Sedikit sedikit datang bulan. Saya jadi bingung, sebetulnya dirinya bisa sholat tidak.
Ayah dan Ibunya begitu kaget. Dan pada wajahnya begitu kemerahan menahan amarah.
Pemuda : Boleh saya sambung lagi. Dirinya tidak bisa masak, tidak bisa sholat, tidak bisa mengaji, tidak bisa menutup aurat dengan baik. Sebelum dirinya menjadi istri saya, dosa-dosanya juga bakal menjadi dosa bapak dan ibu. Lagipula tidak layak rasanya dirinya dihargai Rp.40.000.000,-. Kecuali dirinya hafidz Qur’an 30 juz dalam kepala, pandai menjaga aurat, diri, dan batasan-batasan agamanya. Barulah dengan mahar Rp.100.000.000,pun saya usahakan untuk membayar. Tapi apabila segala sesuatunya tidak wajib dibayar mahal mengapa wajib dipaksakan untuk dibayar mahal ? Semacam halnya mahar. Sebab sebaik-baik pernikahan merupakan serendah-rendah mahar. Mata ayah si gadis direnung tajam oleh mata bunda si gadis. Keduanya diam tanpa suara.

Sekarang ketiganya menundukkan kepala. Terbukti sebagian budaya menjadikan anak perempuan untuk dijadikan objek pemuas hati menunjukkan kekayaan dan bermegah-megah dengan apa yang ada, khususnya pada pernikahan. Budaya budaya mengalahkan persoalan agama. Para orang tua membiarkan bahkan mengharapkan anak perempuan dihias dan dibangun pertunjukkan di muka umum.
Sedangkan pada saat akad telah dilafadz oleh suami, segala dosa anak perempuan telah mulai ditanggung oleh si suami.

Ayah Gadis : tapi kan, ayah hanya ingin anak ayah merasakan sedikit kemewahan. Faktor semacam tu kan hanya terjadi sekali seumur hidup.
Pemuda : Bapak ingin anak bapak merasakan kemewahan?
Ibu Gadis : tentulah kami berdua pun turut gembira.
Pemuda : sungguh demikian ? boleh saya sambung lagi? bapak, ibu.. saya bukanlah siapa siapa. Kini dosa anak Bapak, Bapak juga yang tanggung. Esok lusa seusai akad nikah terus dosa dirinya saya yang tanggung.

Belum lagi pasti bapak dan bunda ingin kami bersanding lama di pelaminan yang megah, anak Bunda dirias dengan riasan secantik-cantik­nya dengan make up dan baju paling mahal, di hadapan ratusan undangan supaya kami terkesan mewah pula. Salain setiap mata yang memandang kami bakal mendapat dosa. Apakah begitu penting faktor tersebut apabila dalam kehidupan sehari-hari kami malah berusaha untuk hidup sesederhana mungkin tanpa berlebih-lebihan.
Ibu si gadis segera mengambil langkah mudah dengan hebat diri dari pembicaraan itu. Si bunda tahu, si pemuda berkata memakai fakta islam. Dan tidak mungkin bunda si gadis bisa melawan kata si pemuda itu.

Ayah Gadis : Kalian mau berkata mengajari persoalan agama di depan kami?
Pemuda : ehh. maaf pak. Bukan saya hendak berkata / mengajari persoalan agama. Tapi itulah hakikat. Terkadang kami terlalu memandang pada budaya hingga lupa agama.
Ayah Gadis : telah lah. Kalian sediakan Rp.40.000.000,- kemudian kami bicarakan lebih lanjut. Kalau tidak ada, kalian tidak bisa kimpoi dengan anak ku!
Pemuda : Terus lama lah faktor itu. Mungkin di umur saya 30 alias lebih, saya baru bisa mengumpulkan uang tersebut dan bisa masuk meminang anak bapak.
Baiklah, .kalau terbukti bapak berharap tetap demikian, maka ’izinkan saya berzina dengan anak bapak’?
Ayah Gadis : hei! Kalian telah berlebihan!, kalian jaga baik-baik omongan kalian itu.
Pemuda : dengar dulu penjelasan saya pak. Apa bapak tahu alas an orang berzina dan tidak sedikit orang mempunyai anak di luar nikah? Sebab salah satunya faktor semacam ini lah pak. Rutin saja orang tua perempuan menempatkan puluhan juta rupiah untuk mahar, wajib menantikan si pria mempunyai pekerjaan dengan gaji begitu tinggi, hingga pihak pria terpaksa menunda keinginan untuk menikah. Tetapi cinta dan nafsu kalau tidak diwadahi dengan baik, setan yang jadi pihak ketiga untuk menyesatkan manusia.
Terlebih di zaman semacam ini yang cobaan dan keadaannya tidak semacam zaman bapak dan bunda dulu. Akhirnya mereka mengambil jalan pintas memuaskan nafsu serakah dengan berzina. Pertama terbukti faktor yang ringan-ringan dulu pak, pegang-pegangan tangan, saling memeluk, dan sebagainya. Tapi terus lama bakal menjadi faktor berat. Yang berat-berat itu bapak sendiri pun bisa membayangkan.
Ayah Gadis : lantas apa kaitan kalian dengan hendak berzina pula !?
Pemuda : Begini logikanya. Semacamnya yang terjadi dengan anak-anak lainnya. Bapak tidak memberi izin kami menikah sekarang, biar ada berpuluh juta uang dulu baru bisa menikah.
Kami hendak melepaskan nafsu bagaimana pak? setiap harinya kami mengenal lebih dekat dan terus dewasa. Dirinya meminta saya menengoknya, terus cinta saling melepas rasa rindu. Sulit pak, itu Nafsu yang diberbagi terhadap manusia. Sebab itu saya dengan rendah hati meminta izin pada bapak untuk berzina dengan anak bapak. Terlepas apakah yang penting bapak tahu saya dan dirinya hendak berzina. Sebab rata-rata orang yang berzina itu orang tua tidak tau pak, tidak. Kelihatannya pemuda -pemudi zaman kini biasa-biasa saja padahal sebetulnya telah sempat bahkan tidak jarang berzina. Ironisnya tidak sedikit orang berpendapat faktor itu tidak tabu lagi. Berzina bukan saja faktor yang ehem-ehem saja. Ada zina-zina ringan, zina mata, zina lidah, zina telinga dll. Tapi sebab faktor ringan itu lah yang bakal menjadi berat.
Ayah Gadis : hmm. Kalian ini begitu pelik dan memperumit saja. Beruntung kalian bukan orang lain. Kalau orang lain, telah dari tadi saya angkat parang. Begini nak, Tapi kalau tidak ada uang, bagaimana kalian bakal memberi dirinya makan??
Pemuda : hehe. Bapak. lupakah Bapak dengan apa yang telah Allah pesankan pada kita.

“Dan menikahlah orang-orang bujang (pria dan perempuan) dari kalangan kamu, dan orang-orang yang sholeh dari hamba-hamba kamu, pria dan perempuan. Apabila mereka miskin, Allah bakal memampukan mereka. sesungguhnya karunia Allah Maha luas (rahmat dan karunianya), lagi Maha Mengenal.” (An Nur 32).

Apakah kami tidak yakin dengan apa yang Allah janapabilan. Bapak dan Bunda juga sempat lah menjadi muda. Persoalan datangnya harta, selama kami terus berusaha itu merupakan Rahmat-Nya yang telah ditakdirkan pada tiap-tiap hamba-Nya. Lagipula pak, kalau makan dan minum itu Insya Allah, saya sanggup untuk memberbaginya. Tempat tinggal bisa kami bicarakan lagi. Kalau faktor ini bisa menghalangi kami dari meperbuat dosa dan sia-sia. Apakah buruk disegerakan. Bapak pun tidak mau hal-hal tidak tidak diharapkan terjadi.

Bapak si Gadis Diam tanpa kata, merenung kata – kata si pemuda, berusaha memikirkan tutorial untuk mematahkan kata-kata si Pemuda. Dan ayah si gadis mendapat akal.
Ayah Gadis : kalian tahu lah zaman kini ni. Kalau mengikuti tutorial kalian itu. Mungkin kalian tidak suka dengan agenda persandingan yang mewah, Bapak bisa terima. Tapi kalian apa bisa menerima apa yang bakal orang-orang katakan. Orang bakal berkata anak aku ‘kecelakaan’ dan terpaksa menikah dengan kamu. Mau ditaruh dimana muka ini.
Pemuda : keren juga pikiran bapak itu. Kalau ‘kecelakaan’ mana mau saya melamar anak bapak. Sebab bakal selamanya menjadi haram, orang yang zina tidak bakal sempat menjadi halal sekalipun dengan pernikahan. Kalau bapak memaksa ya telah. Bisa ikut nikah masal kan keren juga bisa berhemat tapi tetap ramai.
Ayah Gadis : serius lah nak!
Pemuda : begini pak, sekali lagi rasanya tidak butuh bayar puluhan juta dan mahar yang berlebihan jadi memaksa diluar performa. Tapi saya tidak berkata tidak ada walimatul urus. Sedang walimatul urus itu tetap butuh dan disesuaikan dengan performa. itu tutorial islam. Saya bukan hendak macam-macam dengan bapak. Syariat terbukti semacam itu. Maha baiknya Allah sebab tetap menjaga kami selama ini, tapi faktor sepele semacam ini pun kami tetap memandang ringan dan kami tidak percaya dengan apa yang telah Allah janapabilan.
Saya sangatlah minta maaf kalau ada kata-kata saya yang membikin bapak tidak senag terhadap saya. Tidak juga bermaksud tidak takdzim dengan bapak dan ibu. Segalanya kami serahkan pada Allah, kami hanya bisa merencanakan saja.

Azan dzuhur berkumandang, jaraknya tidak hingga 10 rumah dengan rumah si gadis. Si pemuda memohon untuk ke surau dan mengundang bapak si untuk berangkat bersama. Tetapi ajakan ditolak dengan lembut. Lantas sang pemuda memberi salam dan memohon untuk keluar.
Di pinggir jendela tua si gadis menonton si pemuda mengeluarkan kopiah dari sakunya dan segera di pakainya. Lalu masuk mobil dan hilang dari pengamatan si gadis tadi.

Sedang si gadis yang sedari tadi berdiri di balik tirai bersama ibunya meneteskan air mata mendengar curahan kata-kata si pemuda terhadap ayahnya. Kerudung lebar pemberian si pemuda sebagai hadiah padanya yang lalu digenggam erat. Bunda si gadis juga meneteskan air mata menonton pada perilaku anaknya. Segera bunda dan si gadis ke ruang tamu menghadap ayahnya.

Ibu Gadis : Apa yang anak itu katakan benar. Kami ini tidak sempat memperhatikan syariat-syariat ringan agama selama ini. Terlalu menonton dunia, budaya dan apa kata orang. Padahal mereka tidak sempat juga peduli pada kita.

Ayah Gadis : hmm.. entahlah, ayah tidak tahu. Begitu keras yang anak itu katakan tadi. Dirinya beramanat tadi, kalian suruh bersiap, lalu seusai dzuhur dirinya jemput kamu.
Gadis : telah tidak ada semangat untuk berangkat ayah. Kemudian si gadis menggapai telepon genggamnya dan mengetik pesan.

Si Pemuda yang berakhir mengambil wudhu tersenyum saat membaca pesan yang baru saja diterima dari si gadis,

“Andai Allah telah memilih dirimu untukku, aku ridho dan bakal terus bersama mu, apapun yang ada pada dirimu dan yang kalian miliki, aku juga bakal terus pada agama yang ada padamu. Siang ini ga ada mood untuk keluar, maaf. Minggu depan ayah menyuruh kirim rombongan (lamaran) untuk ke rumah.“
*
Terkadang kisah semacam diatas tetap saja tidak jarang terjadi. Wahai kalian pemuda dan pemudi yang dirahmati Allah, apabila kalian merasa telah sanggup dan yakin untuk menikah. maka segerakanlah. Sungguh- sungguh memenyesal orang yang menunda-nunda terhadap rahmatnya Allah.

60 Tips Menyelesaikan Skripsi untuk Mahasiswa

Jika Anda bukan mahasiswa kebanyakan, mungkin tulisan ini tidak banyak manfaatnya. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak boleh membacanya. Yang jelas, tips ini saya buat untuk dibaca dan dipahami oleh mahasiswa kebanyakan.

Sumber Gambar: afandi.web.id

Ini adalah tips untuk orang kebanyakan dari orang kebanyakan sehingga harapannya lebih mudah dimengerti 🙂 Tulisan ini adalah rangkuman twit saya dengan topik #TipsSkripsi sehingga mungkin ada penulisannya yang tidak sesuai EYD. Mohon dipahami dan silakan fokus pada isi dan pesannya.

  1. Saya ingat kata-kata Anies Baswedan “Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai”. Tidak cukup kalau sekedar punya IDE skripsi yang hebat 🙂
  2. Pada akhirnya, skripsi adalah sebuah buku yang terjilid rapi. Ide-ide hebat itu penting tapi skripsi adalah soal menulis.
  3. Cara terbaik menemukan topik skripsi adalah dengan membaca skripsi/penelitian yang sudah ada sebelumnya.
  4. Sejak semester awal, baca skripsi kakak kelas. Jangan bingung kalau tidak paham semuanya. Wajar. Setidaknya jadi terbiasa
  5. Sebaiknya punya satu buku (atau file) yang isinya rangkuman skripsi yang sdh dibaca dari awal sehingga terdokumentasi
  6. Buku itu berisi: judul, penulis, tahun, dan deskripsi singkat isi skripsi. Bisa buat dalam tabel seperti ini. Seminggu 1 skripsi.
  7. Menjelang skripsi, kamu sudah akan punya bayangan tema besar skripsi yang diminati. Bacalah skripsi yang satu tema.
  8. Dengan membaca skripsi/penelitian itu kamu akan tahu apa yang sudah dilakukan orang lain dan apa yang belum dilakukan.
  9. Dengan membaca jadi tahu apa yang sudah ada sehingga tahu apa yang belum ada (celah/gap) lalu bisa isi celah itu dengan usulan penelitian.
  10. Tanpa pernah membaca penelitian lain, mustahil kamu bisa usulkan “ini adalah topik yang baru dan belum pernah dilakukan”
  11. Ingat “kita tidak tahu ke mana harus melangkah jika kita lupa dari mana kita berasal” skripsi juga begitu 🙂
  12. Selain mencari sendiri, topik skripsi juga bisa diberikan oleh dosen. Ini lebih mudah tapi juga tidak gampang.
  13. Kalau mau cari topik dari dosen, dekati dan amati dosen yang bidangnya kamu minati. Proaktiflah. Tanya pd beliau.
  14. Kalau topik dari dosen, tanya bahan bacaan agar bs bilang “sdh dilakukan penelitian a, b, c dll tapi topik z ini belum diteliti”
  15. Intinya dari manapun topik skripsi itu, HARUS bisa dijamin topik itu baru dengan menunjukkan topik-topik lain yang sdh ada.
  16. Tapi jangan khawatir berlebihan. Ini ‘cuma’ skripsi kok. Kamu tidak sedang nulis untuk menang hadiah Nobel. Santai aja 🙂
  17. Topik baru itu bukan berarti harus benar-benar belum pernah ada. Bisa saja itu pernah diteliti tapi kamu lihat dari sisi lain.
  18. Kalau ada skripsi lain tentang sesuatu yang kamu suka, bisa saja topik kamu sama tapi pendekatan/data/aplikasi beda 🙂
  19. Kamu bilang “sdh dilakukan penelitian sejenis bla bla bla tapi penelitian ini akan gunakan pendekatan/data/aplikasi beda”
  20. Bisa saja skripsi kamu menguji temuan dalam skripsi sebelumnya jika diterapkan di kawasan lain atau dengan data berbeda.
  21. Biasanya di setiap universitas ada petunjuk skripsi termasuk templatenya. Gunakan itu untuk proposal dan skripsi
  22. Kalau tidak ada petunjuk, ikuti pola/struktur skripsi/proposal kakak kelas. Yang ditiru polanya, bukan isinya
  23. Dalam membuat proposal, pastikan ada fakta dan fenomena yang diamati lalu penelitian-penelitian yang sdh ada dan apa yang belum ada
  24. Selanjutnya sampaikan “dengan memperhatikan fakta, fenomena dan penelitian lain, maka diusulkan topik X dalam skripsi ini”
  25. Proposal peneliti harus tunjukkan bahwa dia paham apa yang sdh ada, tahu apa yang belum ada lalu idenya mengisi yang belum ada itu
  26. Tunjukkan Bagaimana caranya mengisi yang belum ada itu (metodologi), dengan apa? (Bahan/data/alat)
  27. Lalu apa hasil yang diharapkan dari proses itu dan apa manfaatnya. Pastikan ini juga disampaikan saat presentasi proposal
  28. Tips saat presentasi proposal skripsi pernah dikultwitkan oleh @geodesiugm dalam tagar #SemPro. Silakan simak 🙂
  29. Dalam membuat skripsi, kerjasama dengan dosen sangat penting. Kenali dosen kamu. Beda dosen beda perilaku. Perhatikan!
  30. Idealnya dosen harus jadi motivator dan inspirator. Dosen belum tentu paham semua hal secara teknis. Sadarilah 🙂
  31. Jangan harap dosen selesaikan semua masalahmu. Tugasnya bukan itu tapi memberi arahan saja.
  32. Pastikan hubungan dekat dengan dosen. Kadang dosen tidak menyenangkan tapi menghindari dosen adalah awal kegagalan skripsi.
  33. Sebaliknya, dosen harus mampu menjadi menjaga semangat mahasiswa, tidak justru mematikannya dengan komentar negatif.
  34. Akan ada masa-masa suram dalam skripsi. Tips saya, jangan hindari dosen, Seberapapun seremnya. Dia pasti ingin kamu lulus.
  35. Sadarilah tidak ada yang bisa selesaikan semua hal sendiri. Jangan sungkan bertanya pada teman atau siapapun.
  36. Saat skripsi, saya tanya pada dosen jurusan lain, tanya pd teman fakultas lain, kursus singkat juga. Tempuh semua cara baik.
  37. Ingat, betapapun ‘jahat’ kesannya. Pembimbing adalah temanmu, bukan musuh. Dia ada untuk meluluskanmu. Hadapi!!!
  38. Saat masa suram, paksakan diri untuk tetap ke kampus. Di sana ada aura positif untuk membangkitkanmu kembali.
  39. Saat masa suram, berdiam diri di kos sambil main game memang nyaman tapi itu hanya memperbesar rasa bersalah.
  40. Inti dari keluar dari masa suram adalah tega pada diri sendiri untuk membuatnya ‘menderita’ dan ‘tidak nyaman’
  41. Skripsi adalah sebuah cerita. Belajarlah menulis sesuatu yang mengalir. Belum bisa? Banyak membaca dan latihan
  42. Ngetwit dan bikin status FB itu bagus tapi kalau hanya mengandalkan itu, kamu tidak akan terlatih bercerita panjang
  43. Kamu terbiasa dengan potongan-potongan info pendek dan kepribadianmu telah terbentuk demikian tapi skripsi adalah cerita panjang
  44. Suka tidak suka, skripsi bukan twit, bukan status FB yang berupa pecahan info random. Sadari dan latihlah dari sekarang
  45. Menulis blog adalah salah satu sarana berlatih menulis panjang yang runut dan lengkap untuk latihan skripsi
  46. Meski panjang, skripsi bisa dipecah-pecah jadi bagian pendek sehingga kamu tidak gentar duluan dalam menulis
  47. Bagaimana cara makan seekor sapi? Potong jadi bagian-bagian kecil 🙂 skripsi yang tebal juga begitu. Pecah jadi bagian-bagian kecil.
  48. Penting sekali membuat kerangka skripsi yang lengkap dan detil sehingga kamu bisa kerjakan sediki demi sedikit.
  49. Pada akhirnya, skripsi adalah hasil kerja keras. Skripsi untuk yang tekun/rajin, bukan yang pintar/genius.
  50. Saat cari ide, kecerdasan dan kreativitas memang penting tapi saat menyelesaikan skripsi kamu harus rajin dan tekun.
  51. Kadang kamu pilih pembimbing karena dia hebat di bidangnya. Sadarilah, orang hebat itu sibuk karena dibutuhkan di mana-mana.
  52. Tugas dosen: ngajar, meneliti, pengabdian pd masyarakat. Kamu bukan satu-satunya yang diurusin. Buatlah kesepakatan kerja!
  53. Tidak semua dosen adalah manajer yang baik. Saya mungkin termasuk salah satu yang tidak baik. Kamu harus bantu agar skripsi lancar.
  54. Misal bantu dosen bisa ngoreksi skripsi dengan cepat dengan menunjukkan bagian-bagian yang perlu dikoreksi dan bagian yang sudah.
  55. Kalau ada koreksi berupa tulis tangan, simpan dengan baik jangan sampai hilang. Saat nyerahkan koreksian kamu juga harus ada arsip.
  56. Memang ngeselin tapi ada kok kejadian dosen menghilangkan draft skripsi mahasiawanya 😦 Antisipasi dengan arsip yang bagus.
  57. Dosen juga manusia yang bisa teledor. Sayangnya, kalau ada kejadian, lebih sering mahasiswa yang jadi repot. Makanya antisipasi ya.
  58. Lakukan pertemuan rutin meskipun kemajuan tidak ada. Ini penting untuk memotivasi tetap kerja. Daripada malu, ya nggak? 🙂
  59. Sekali lagi ingat, skripsi adalah tulisan, bukan hanya model, bukan hanya ide-ide cemerlang, bukan hanya penemuan yang menggemparkan.
  60. Mengutip lagi Mas @aniesbaswedan “Skripsi yang baik adalah yang selesai”. Semoga ini bermanfaat. Terima kasih

Referensi: Made Andi

13 Jurusan Berprospek Paling Baik untuk 5 Tahun Mendatang

13 jurusan paling prospek di masa depan

Banyak jurusan yang memiliki prospek baik di masa yang akan datang. Tentu saja kita sebaiknyan memilih jurusan-juran yang berprospek cerah tersebut. Itu kan menentukan masa depan anda. Karena memilih jurusan itu bukan seperti memilih baju yang bisa terus diganti baru jika kita tidak puas. Jurusan haruslah dipikirkan matang-matang.

Dari segi ekonomi dan juga dari segi minat dan bakat anda. Kali ini yang dibahas adalah dari segi prospek di masa depan.

13 jurusan paling prospek di masa depan
Meskipun memang jurusan-jurusan berikut sangat baik jika kita pilih. Namun, dalam pemilihan jurusan itu sebaiknya mengikuti minat dan bakat anda. Agar ketika kuliah tidak menjadi beban saat belajar. Misalnya bagi yang lemah hitungan tetapi masuk ke jurusan yang penuh hitungan. Tentu itu akan membuat anda sangat terbebani dalam menjalani kuliah.

Berikut adalah jurusan-jurusan yang berprospek baik di 5 tahun mendatang :

1. Sampai saat ini bidangyang paling besar prospek kerjanya adalah Mechanical engineering ( Teknik Mesin ) Mengapa teknik mesin? kn hanya mempelajari tentang mesin saja? itu semua persepsi yang sangat salah besar. Teknik mesin adalah bidang yang dibutuhkan oleh seluruh bidang perusahaan. Seperti di pertambangan , perusahaan pesawat, lepas pantai, perusahaan minyak dan gas, pertamina, dll. Semuanya membutuhkannya maka tidak heran jika di peminat jurusan ini sangat banyak dan semakin bertambah tahun demi tahun. dan jurusan teknik mesin terbaik di indonesia adalah di Teknik Mesin ITS ( Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

2. yang kedua adalah jurusan teknik sipil , Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah. Selain itu pembangunan tentu makin cepat dengan lancarnya transportasi. Hanya saja, penghasilan di kontraktor tidak terlalu besar. Setara dengan PNS golongan 4A. dan jurusan teknik sipil yang paling bagus berada di ITS dan ITB

3. Telekomunikasi. Dijamin, bidang Telkom sangat prospek sampai 10 tahun mendatang. Baik untuk Vendor maupun operator. Pertimbangkan baik-baik untuk masuk Teknik Elektro konsentrasi Telekomunikasi. Elektro telekomunikasi terbaik masih dipegang ITS dan ITB. UI, UGM dan IT Telkom juga cukup bagus.

4. Pemerintah mencanangkan percepatan rasio kelistrikan dengan membangun PLTU yang total berkapasitas sekitar 10000 MW sampai 5 tahun mendatang. jika 1 PLTU berkapasitas 300 MW maka dibutuhkan 30 engineer pembangkitan maka akan ada lowongan untuk sekitar 1000 engineer pembangkitan dari jurusan Teknik Elektro konsentrasi Power, Teknik Fisika dan Teknik Mesin ( Konversi energi ). Gaji besar.

5. PLTU bukan cuma operasi tapi juga konstruksi. Kerjaan lagi buat Elektro, Teknik Fisika dan Teknik Mesin. Teknik kimia juga terlibat.

6. Pengembangan Energi Terbaru butuh banyak insinyur.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) : Teknik Sipil
PLT Mikrohidro : Teknik Sipil, Teknik Fisika
PLT Matahari, Angin : Teknik Mesin
PLT Biodiesel dan Bioethanol : Teknologi Pertanian, Teknik Kimia
PLT Panas Bumi : All engineering
Ingat bidang energi : Gaji besar

7. Teknologi Informasi. Jelas, kita butuh orang IT baik Fasilkom, IF atau yang ekuivalen. lapangan kerjanya tidak akan pernah habis. kesempatan nyari proyek cukup besar. Contohnya sebagai web developer. Banyak instansi yang mulai peduli membuat web. Rate cukup tinggi, di Jogja rate untuk pembuatan web full sekitar 2,5 juta sampai 3 juta. Ini belum ditambah maintanance. Peluang lebih besar jika anda menguasai Linux, karena sekarang banyak instansi beralih ke Linux. Tips, terus update kemampuan. Yang sangat prospek saat ini dot net developer. dan jurusan teknik informatika terbaik yaitu di ITS dan ITB

8. Petrokimia. disini yang dibutuhkan adalah lulusan Teknik Kimia dan teknik mesin masih terus berjaya. Yang direkomendasikan, jurusan teknik kimia ITS dan Teknik Mesin ITS, Teknik Kimia ITB, UGM,

9. Teknik Nuklir. Ingat, PLTN segera dibangun. dan ini adalah prospect masa depan yang bagus untuk anda.

10. Bidang kedokteran. Bidang ini tidak pernah sepi lapangan kerja. Bukan cuma Kedokteran Umum tapi juga keperawatan dan kebidanan. setiap tahun untuk Arab Saudi saja dibutuhkan 2000 perawat Indonesia. Tapi masih sulit dipenuhi. Ini peluang yang bagus. Kebidanan?? Jangan salah, Setahu saya, tidak ada Bidan yang tidak kaya alias lebih dari cukup.

11. Jurusan-jurusan desain (Diskomvis, Interior, dll) Dijamin prospeknya bagus. yang masih kuliah aja udah pada dapet kerjaan. terbaik masih di ITS, UK Petra Surabaya dan ISI Jogja.

12. Kartografi dan penginderaan jauh. Jangan meremehkan jurusan ini, diam2 jurusan ini punya prospek sangat bagus

13. Teknik Pertambangan , jika anda yang ingin bekerja di pertambangan dan meperoleh gaji yang cukup besar maka disinilah tempatnya.

6 Langkah Strategi Masuk Kuliah yang Harus Diketahui Anak SMA

tipe mahasiswa menurut dosen

Pada awal tahun, biasanya banyak siswa kelas 12 & alumni SMA/sederajat yang mulai berpikir untuk masuk kuliah. Bagi mereka yang udah ngebet banget untuk masuk kuliah, segala upaya akan dilakukan untuk mencapai tujuan tsb. Tapi dalam upaya mencapai tujuan ini, para calon mahasiswa ini seringkali dihadapkan dengan berbagai macam pertanyaan yang membingungkan, contohnya seperti:

  • Saya cocoknya berkuliah di jurusan apa?
  • Universitas yang bagus di Indonesia ada apa saja sih?
  • Ada apa aja sih jalur penerimaan masuk mahasiswa di Indonesia?
  • Sebaiknya cara masuk universitas A itu lewat jalur seleksi apa ya?
  • Bagaimana taktik menentukan urutan pemilihan jurusan ketika daftar SNMPTN/SBMPTN?
  • Apa saja indikator dalam menentukan urutan prodi dalam pendaftaran SNMPTN/SBMPTN?
  • Apakah passing grade itu adalah tolak ukur yang akurat untuk memprediksi persaingan calon mahasiswa?

… dan masih banyak pertanyaan lain yang biasanya membingungkan bagi para calon mahasiswa. Tidak jarang banyak peserta seleksi masuk universitas yang gagal, hanya karena kurang informasi. Oke intinya sih, semua pertanyaan di atas akan gua jawab dalam tulisan ini. Jadi bagi lo yang mau masuk kuliah, harap disimak baik-baik tulisan ini karena isinya penting banget.

Buat lo yang lebih memilih untuk membaca, daripada nonton video, lo bisa lanjutin baca artikel ini. Pada intinya isinya sama aja kok. Oke pada artikel ini, gua secara khusus akan membahas seluruh tahap-tahap atau langkah-langkah strategis untuk masuk universitas. Secara umum, gua membagi menjadi 6 langkah:

  1. Langkah 1: Tentukan BIDANG ILMU yang ingin kamu tekuni
  2. Langkah 2: Tentukan beberapa PROGRAM STUDI yang mendukung bidang ilmu yang kamu pilih
  3. Langkah 3: Cari tau PERGURUAN TINGGI yang menawarkan program studi tersebut
  4. Langkah 4: Tentukan JALUR SELEKSI yang akan ditempuh untuk masuk universitas
  5. Langkah 5: Petakan TINGKAT PERSAINGAN dari alternatif prodi yang diminati
  6. Langkah 6: Optimalkan Peluang Penerimaan di setiap jalur seleksi

Dengan menerapkan 6 langkah yang gua bahas di sini, gua harap lo akan punya perencanaan dan strategi yang lebih matang untuk mengoptimalkan peluang lo untuk bisa masuk kuliah. Kita mulai dengan langkah pertama:

Taking decisions for the future man standing with three direction arrow choices, left, right or move forward

Langkah 1: Tentukan BIDANG ILMU yang ingin kamu tekuni

Ini adalah langkah pertama yang penting banget. Sekali langkah awal udah salah, berantakan sudah langkah-langkah berikutnya. Ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan calon mahasiswa dalam menentukan langkah pertamanya ini, berikut di antaranya:

  • Jangan belum apa-apa langsung menentukan jurusan apalagi universitas idaman. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah, menentukan BIDANG ILMU yang ingin kamu tekuni dulu. Jika itu sudah mantap, baru kemudian kita lihat jurusan/universitas yang bisa mendukung ambisi lo untuk mendalami bidang ilmu tersebut.
  • Jangan menyamakan bidang ilmu dengan pelajaran di sekolah. Bidang ilmu itu luas banget, jauh lebih luas daripada 13 mata pelajaran yang kamu pelajari di sekolah. Contohnya bidang ilmu politik, bidang ilmu hukum, bidang ilmu agrikultur, bidang ilmu medis, bidang ilmu penerbangan, bidang pengolahan energi, dsb.
  • Jangan menyerahkan keputusan ini kepada orangtua atau guru kamu. Keputusan kamu menentukan bidang ilmu yang ingin kamu tekuni, akan jadi komitmen kamu seumur hidup. Bukan komitmen guru kamu, bukan komitmen orangtua kamu. Kamu yang akan menjalaninya, kamu yang menghadapi segala konsekuensinya. Mereka yang berkuliah di jurusan pilihan orang lain, sebagian besar bernasib salah jurusan dan akhirnya drop out kuliah karena merasa jenuh dan tertekan dalam belajar.
  • Jangan memilih bidang hanya berdasarkan alasan finansial prospek kerja. Karena jika alasan kamu hanya sekadar prospek kerja, tapi tidak dibarengi keinginan kuat untuk mendalami ilmunya. Biasanya ujung-ujungnya kuliahnya juga ga akan maksimal. Percuma juga kuliah di jurusan dengan prospek kerja bagus tapi kalau prestasi akademisnya juga amburadul.

Terus gimana dong cara menentukan bidang ilmu yang ingin ditekuni? Prinsipnya adalah:

“Pilih bidang yang membuat lo TERTANTANG. Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan yang memicu ‘sense of wonder‘ dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener akan jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo…”

Coba deh lo explore bidang apa yang membuat lo merasa tertantang, apa bidang yang membuat lo penasaran, bidang yang memicu ‘sense of wonder’, serta membuat lo gemas ingin mendalami hal itu sampai jadi seorang expert dalam bidangnya. Apapun pilihanmu, coba renungkan dulu baik-baik. Apapun jurusan kuliah yang lo pilih, akan ada konsekuensinya masing-masing. Pastikan bahwa lo mengetahui konsekuensi seperti apa yang akan lo hadapi, dan lo memilih untuk siap menjalani konsekuensi itu karena memang lo berambisi untuk menekuni ilmu tersebut.

PS. Untuk kamu yang ingin membaca lebih detail tentang langkah pertama ini, kamu bisa baca pada tulisan “SERIOUS WARNING: Jangan Sampai Lo Salah Milih Jurusan!”

 

Langkah 2: Tentukan beberapa PROGRAM STUDI yang mendukung bidang ilmu yang kamu pilih

Banyak calon mahasiswa yang belum apa-apa sudah menentukan universitasnya dulu, baru setelah itu berpikir mau masuk jurusan apa di universitas tersebut. Tolong jangan dibalik langkah pertama dan langkah kedua. Setelah lo menentukan bidang ilmu yang ingin lo tekuni, baru langkah berikutnya adalah menentukan jurusan & universitas yang akan menjadi tempat lo dalam menekuni bidang tersebut.

Sampai di sini, akan jauh lebih mudah jika gua bahas dengan contoh. Katakanlah, bidang ilmu yang mau lo tekuni adalah bidang dunia medis. Artinya, lo punya beberapa alternatif jurusan yang relevan dengan dunia medis, misalnya :

  • Pendidikan Kedokteran
  • Pendidikan Farmasi
  • Ilmu Biokimia
  • Teknik Biomedis / Biomedical Engineering
illustrasi ragam profesi di bidang medis

Nah, itu adalah 4 contoh jurusan yang mendukung bidang dunia medis. Jadi dunia medis bukan hanya identik dengan menjadi dokter saja ya. Seorang programmer juga bisa berkontribusi dalam bidang dunia medis, misalnya dalam pembuatan sistem yang bisa menganalisis perkembangan penyakit tertentu secara digital. Intinya sih, terlepas dari apapun bidang ilmu yang ingin lo tekuni, katakanlah bidang hukum, politik, ekonomi, pendidikan, penerbangan, otomotif, atau apapun juga… coba lo cari tau tentang jurusan-jurusan kuliah yang kira-kira relevan dengan bidang tersebut.

 

Langkah 3: Cari tau PERGURUAN TINGGI yang menawarkan program studi tersebut

Setelah, lo menentukan jurusan-jurusan kuliah tersebut, baru kemudian lo coba cari tau universitas-universitas mana saja yang menawarkan jurusan tersebut. Biar lebih gampang dibayangkan, gua beri contoh dalam bidang medis seperti di atas:

  1. Fakultas Kedokteran – Universitas Indonesia
  2. Fakultas Kedokteran – Universitas Padjajaran
  3. Fakultas Kedokteran – Universitas Gadjah Mada
  4. Fakultas Kedokteran – Universitas Brawijaya
  5. Fakultas Kedokteran – Universitas Airlangga
  6. Teknik Biomedis – Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  7. Fakultas Farmasi – Universitas Indonesia
  8. Fakultas Farmasi – Universitas Gadjah Mada
  9. Fakultas Farmasi – Universitas Padjajaran
  10. FMIPA Biokimia – Institut Pertanian Bogor

Nah, itu kira-kira contoh beberapa kandidat jurusan-universitas (selanjutnya kita sebut dengan istilah PRODI) yang relevan dengan dunia medis. Lo bisa terapkan juga cara yang sama sesuai dengan bidang ilmu yang lo minati. Beberapa tips dari gua untuk menentukan prodi yang sesuai dengan bidang lo:

  • Search di google “fakultas (misalnya: farmasi) terbaik di Indonesia”, kemudian lo bisa lihat beberapa yang menarik buat lo.
  • Cari tau lebih mendalam dunia perkuliahan di universitas yang lo incar dengan melihat curhatan kakak-kakak angkatan lo di berbagai tulisan blog. Percaya deh, kalo lo serius ngulik, banyak banget curhatan kakak angkatan yang menceritakan lingkungan dunia kampus mereka.
  • Cari berita-berita tentang prodi yang lo minati. Berita yang lo dapatkan bisa jadi positif, atau negatif. Kalau misalnya beritanya seputar prestasi-prestasi para mahasiswanya menang lomba di kancah internasional, hasil penelitiannya membawa terobosan bagi dunia ilmu pengetahuan, dan prestasi-prestasi lainnya, itu bisa jadi pertanda baik buat lo. Tapi kalo beritanya seputar kasus bunuh diri mahasiswa karena stress kuliah, perkelahian antar mahasiswa (tawuran), kasus bullying yang dilakukan senior hingga mengakibatkan kematian, atau protes mahasiswa terhadap korupsi yang dilakukan dekan/rektor… Nah itu bisa jadi pertanda buruk bagi lo dan sekaligus bisa jadi bahan evaluasi untuk melirik alternatif lain.

Sampai di sini, gua harap lo kebayang ya maksud gua dalam menentukan beberapa kandidat prodi sebagai pilihan tempat lo berkuliah. Satu hal penting yang perlu gua tekankan di sini adalah, pastikan lo memilih beberapa alternatif prodi ini dengan pertimbangan yang matang. Jangan milih beberapa prodi secara ‘asal pilih’ doang supaya sekadar ada cadangan. Kenapa menurut gua hal ini penting? Karena dari pengalaman gua, sering banget ada siswa yang mengeluh

“Aduh gua cuma dapet pilihan 3 nih, rasanya kurang sreg deh sama jurusan ini. Apa ngulang tau depan aja kali ya?”

Nah, sebelum hal serupa di atas terjadi sama lo, gua ingetin dari sekarang. Pilihlah beberapa kandidat jurusan itu dengan pertimbangan yang matang, supaya ga ada alesan “cuma dapet pilihan ketiga” seperti di atas. Pastikan seluruh option lo itu emang udah lo evaluasi secara seksama, sehingga walaupun lo ‘cuma’ dapet pilihan ketiga, lo akan jalani kuliah itu dengan sepenuh hati.

 

Langkah 4: Tentukan JALUR SELEKSI yang akan ditempuh untuk masuk universitas

Oke, ada apa aja sih jalur seleksi untuk masuk universitas? Secara garis besar, jalur penerimaan calon mahasiswa di Indonesia, terbagi menjadi 4 jalur utama, yaitu:

A. Jalur SNMPTN

SNMPTN atau dulu biasa disebut jalur undangan / PMDK adalah jalur seleksi masuk universitas negeri tanpa tes seleksi. Jalur ini terbuka khusus bagi calon mahasiswa yang masih duduk di bangku kelas 12. Jadi bagi yang sudah alumni SMA/SMK/MA/sederajat, sudah tidak lagi bisa mendaftarkan diri melalui jalur seleksi SNMPTN.

Secara garis besar, para calon peserta SNMPTN cukup melalui serangkaian proses pendaftaran, verifikasi PDSS, submit nilai rapor semester 1-5 & bukti dokumen prestasi-prestasi lainnya (jika ada). Setelah itu, calon peserta tinggal menunggu nasib apakah dirinya lolos seleksi SNMPTN pada awal bulan Mei.

Lalu bagaimana hasil seleksi SNMPTN dari tahun-tahun sebelumnya? Berdasarkan data dari tahun 2013, rata-rata dari 760ribu peserta yang mendaftar, hanya sekitar 127ribu peserta yang lolos atau sekitar 17%. Artinya, sekitar 83% atau 633ribu peserta gagal lolos SNMPTN…!! Data penerimaan SNMPTN pada tahun-tahun sebelumnya bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

snmptn

Ada satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam jalur SNMPTN. Setiap tahun, setiap angkatan, selalu terjadi satu skenario kesalahan sama yang dilakukan ratusan ribu calon mahasiswa… Apaan tuh? Kesalahan masal dimana RATUSAN RIBU siswa kelas 12 yang ga mempersiapkan tes masuk universitas, karena entah terlalu pede atau  terlalu berharap sehingga hanya mengandalkan jalur SNMPTN saja. Ketika hasil seleksi SNMPTN diumumkan, dan sebagian besar (83%) pesertanya gagal, mereka siap ga siap harus terima kenyataan bahwa jalur seleksi masuk yang melalui tes ujian (SBMPTN) akan dilangsungkan hanya dalam selisih waktu 2-3 minggu saja. Apakah sempat belajar persiapan SBMPTN sebanyak itu dalam waktu sesingkat itu?

Satu pelajaran penting yang bisa kita ambil dari kesalahan kakak-kakak angkatan kamu adalah: Jangan terlalu berharap dan mengandalkan jalur SNMPTN! Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sekolah di SMA favorit dengan prestasi akademis yang baik. Sudah terlalu banyak cerita dari siswa yang terlalu pede karena sekolah di SMA favorit dengan modal nilai yang memuaskan, tapi gagal lolos seleksi SNMPTN.

Bagi kamu yang ingin informasi selengkapnya seputar jalur seleksi SNMPTN, seperti persyaratan, cara daftar, jadwal penting, sistem seleksi, daya tampung, indikator seleksi, persentase/peluang lolos, dsb. Kamu bisa cek laman Zenius Info SNMPTN

B. Jalur SBMPTN

SBMPTN (sebelum tahun 2013 namanya SNMPTN), adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dengan sistem tes/ujian tertulis. Secara garis besar, terdapat 3 paket ujian SBMPTN, yaitu:

  1. TKPA (90 soal | 105 menit) = TPA, Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  2. TKD Saintek (60 soal | 105 menit) = Matematika Saintek, Fisika, Kimia, Biologi
  3. TKD Soshum (60 soal | 75 menit) = Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, Geografi

Ketiga paket ujian ini akan disesuaikan dengan pilihan prodi kamu. Jika pilihan prodi kamu mensyaratkan paket ujian Soshum, berarti kamu harus mengikuti ujian TKPA & TKD Soshum. Biasanya prodi yang mensyaratkan paket ujian Soshum adalah prodi yang bernuansa IPS, seperti Ilmu Hukum, Ekonomi, Politik, Psikologi, dll.

Sebaliknya jika pilihan prodi kamu mensyaratkan paket ujian Saintek, berarti kamu harus mengikuti ujian TKPA & TKD Saintek. Biasanya prodi yang mensyaratkan paket ujian Saintek adalah prodi yang bernuansa IPA, seperti Teknik, MIPA, Informatika, Kedokteran, dll.

Kemudian jika dalam pemilihan prodi (misalnya pilihan 1 kamu Kedokteran UI, pilihan kedua Hukum UGM) kamu ada yang mensyaratkan paket ujian Soshum & Saintek (IPC Campuran), berarti kamu akan mengikuti paket Ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Perlu diperhatikan juga bahwa apapun paket ujiannya, kamu wajib menjalani tes ujian TKPA. Supaya lebih kebayang, berikut adalah rundown hari H SBMPTN:

rundown H SBMPTN

Nah, mungkin di antara lo ada yang penasaran gimana sih tingkat persaingan SBMPTN dalam skala nasional? Berikut adalah rekap data 4 tahun terakhir sejak tahun 2013:

sbmptn

Bisa kamu lihat bahwa tingkat persaingan jalur SBMPTN juga tidak kalah ketat dengan jalur SNMPTN. Dari data sejak tahun 2013, rata-rata peserta SBMPTN sebanyak 667ribu peserta, dimana jumlah yang lolos hanya 116ribu peserta atau sekitar 17.5% saja. Informasi selengkapnya tentang aturan, syarat, cara pendaftaran, dll… bisa kamu baca di artikel aturan lengkap SBMPTN

C. Jalur Ujian Mandiri (UM)

adalah jalur seleksi masuk universitas melalui tes/ujian yang diselenggarakan oleh masing-masing institusi/universitas bersangkutan. Masing-masing universitas, memiliki nama, jadwal, serta format soal yang berbeda. Berikut adalah nama beberapa ujian mandiri yang cukup dikenal:

  • Universitas Indonesia = Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI)
  • PKN STAN = Ujian Saringan Masuk (USM) PKN STAN
  • Universitas Gadjah Mada = Seleksi Ujian Tulis (UTUL) UGM
  • Universitas Diponegoro = Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Undip
  • Institut Pertanian Bogor = Ujian Talenta Masuk (UTM) IPB

… dan masih banyak nama-nama Ujian Mandiri lainnya, tergantung dengan istilah yang diberikan universitas masing-masing. Oleh karena itu, gua harap lo bisa lebih pro-aktif dalam mengorek informasi seputar Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh kandidat-kandidat universitas yang lo inginkan. Khususnya seputar jadwal pendaftaran, tes, deadline bayar uang kuliah, dan pengumuman hasil tes.

PS. Di zenius.net kamu bisa mendapatkan pembahasan soal-soal Ujian Mandiri tahun-tahun lalu, beberapa di antaranya adalah:

D. Jalur Ujian Masuk Bersama (UMB PT)

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB PT) merupakan Ujian Mandiri yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Jadi secara pengertian mirip SBMPTN namun PTN yang mengikuti UMB PT lebih sedikit. Jika SBMPTN diikuti oleh sekitar 65 PTN, UMB PT diikuti oleh kurang lebih 15 PTN. Biasanya, UMB PT diselenggarakan pada akhir tahun ajaran, sekitar bulan Agustus. Jadi jalur tes ini bisa jadi jalur cadangan bagi kamu yang gagal di jalur seleksi yang lain. Materi Ujian terdiri dari:

  • Soal Penalaran Matermatika dan Bahasa terdiri dari: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
  • Soal Penalaran Sains terdiri dari : Matematika Sains, Fisika, Kimia, Biologi
  • Soal Penalaran Ilmu Sosial terdiri dari : Ekonomi, Sejarah dan Geografi

Untuk keterangan lebih lanjut atau keterangan seleksi mandiri PTN lain, langsung aja tengok di website PTN masing-masing ya.

****

Oke itulah gambaran singkat dari keempat jalur penerimaan calon mahasiswa di Indonesia. Satu pesan penting yang gua harap lo ingat adalah: Jangan hanya mengandalkan 1-2 jalur seleksi masuk universitas, apalagi hanya mengandalkan jalur SNMPTN. Jumlah calon mahasiswa di Indonesia yang ingin berkuliah diprediksikan sekitar 800ribu – 1juta orang. Sementara jumlah bangku kuliah hanya sekitar 300ribu kursi. Artinya, ada persaingan ketat bagi para calon mahasiswa untuk bisa masuk bangku kuliah setiap tahunnya.

Saran singkat dari gue: Ikutilah jalur SNMPTN, tapi jangan terlalu diharapkan, anggap saja kalo lolos itu adalah BONUS hasil kerja keras lo dari kelas 10. Belajarlah untuk persiapan SBMPTN & UM dengan asumsi/anggapan bahwa lo ga akan diterima di jalur SNMPTN. Selain itu, jangan juga hanya mengandalkan jalur SBMPTN, pastikan juga lo mengikuti berbagai jalur seleksi mandiri (UM) di beberapa universitas. Karena secara umum, persaingan masuk jalur SBMPTN, relatif lebih ketat dibandingkan dengan persaingan masuk melalui jalur ujian mandiri. Gak jarang banyak murid zenius yang justru lebih berhasil di jalur Ujian Mandiri seperti SIMAK UI, UTUL UGM, USM, STAN, UM UNDIP, dll…

 

Langkah 5: Petakan TINGKAT PERSAINGAN dari alternatif prodi yang diminati

Oke setelah sebelumnya lo menentukan beberapa opsi kandidat prodi yang bisa jadi alternatif (langkah 2). Sekarang saatnya lo memetakan tingkat persaingan dari opsi-opsi yang sebelumnya lo tulis di atas. Eh tapi, cara menentukan tingkat persaingan berdasarkan apa nih? Beberapa di antara lo mungkin akan jawab berdasarkan passing grade, atau berdasarkan ‘gengsi’ dari universitas, atau bisa juga ada yang menjawab berdasarkan lokasi universitas yang paling dekat dengan rumah.

Singkatnya, langsung gua jawab aja ya: Indikator yang paling tepat dalam memetakan persaingan masuk untuk setiap prodi bukanlah dengan melihat passing grade, bukan juga dengan melihat gengsi atau akreditasi universitas, tapi berdasarkan RASIO PEMINAT BERBANDING DENGAN JUMLAH KURSI YANG TERSEDIA.

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa passing grade ga bisa jadi indikator yang tepat. Singkatnya sih, passing grade itu berguna untuk mengevaluasi try out, tapi kurang akurat untuk memprediksi tingkat persaingan dalam prodi tertentu. Misalnya passing grade SBMPTN Fakultas Hukum Universitas Padjajaran itu tahun lalu di angka 53, tapi pada tahun ini bisa jadi angka itu bergeser karena peminatnya menurun atau jumlah kursi bertambah.

Nah, sekarang gimana nih caranya melihat rasio jumlah peminat dengan daya tampung. Sedikit banyak, memang lo yang harus mau pro-aktif sendiri untuk mencari tau dari kandidat-kandidat prodi yang lo minati. Untuk mengetahui info jumlah peminat & daya tampung, sebetulnya semua informasi itu dibuka secara umum kok di website resmi SBMPTN. Hanya saja untuk saat ini (Januari 2017), panitia belum mengupdate informasinya. Gua akan kasih 2 contoh pemetaan berdasarkan jumlah peminat tahun 2015 & daya tampung 2016.

simulasi-daya-tampung

Sebagaimana lo bisa lihat sendiri, rasio peminat/kuota didapat dari persentase kuota (tahun berjalan) dibandingkan dengan jumlah peminat tahun lalu. Artinya, semakin kecil persentase, maka tingkat persaingan pada prodi tersebut semakin ketat. Dari data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa persaingan masuk Farmasi UGM itu persaingannya sangat ketat, sementara untuk masuk FMIPA IPB relatif lebih longgar. Sementara untuk jurusan Ilmu Hukum UI relatif lebih ketat dibanding beberapa PTN lainnya. Sementara itu, Ilmu Hukum UB bisa dikatakan persaingan yang paling ringan dibandingkan alternatif prodi yang lain. Sampai di sini kira-kira jelas ya gimana memetakan tingkat persaingan untuk setiap prodi.

 

Langkah 6: Optimalkan Peluang Penerimaan di setiap jalur seleksi

Oke, kita sampai pada tahap terakhir. Pada tahap ini, gua asumsikan lo udah punya keputusan yang bulat terkait dengan :

  • Bidang ilmu yang ingin ditekuni (Langkah 1)
  • Beberapa alternatif prodi yang menjadi tujuan kuliah (Langkah 2 & 3)
  • Peta seberapa ketat persaingan dari masing-masing prodi yang menjadi target tujuan lo (Langkah 5)

Sekarang dengan modal 3 point di atas, pertanyaannya adalah :

Bagaimana strategi untuk plotting opsi-opsi prodi tsb agar kita dapat MEMAKSIMALKAN PELUANG PENERIMAAN pada seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan UM?

SNMPTN

Pada prinsipnya kamu hanya memiliki 2 modal untuk menjadi bahan pertimbangan seleksi SNMPTN, 2 modal tersebut adalah adalah (1) nilai raport kamu semester 1-5 dan (2) indeks sekolah kamu masing-masing. Lebih detail mengenai tolak ukur 2 hal di atas tidak bisa diketahui secara pasti karena merupakan rahasia internal masing-masing PTN. Satu-satunya cara untuk memprediksikan adalah dengan melihat tren dari sejarah penerimaan SNMPTN di sekolah kamu pada beberapa angkatan di atas kamu.

Jika kamu melihat tren bahwa sekolah kamu langganan bisa masuk PTN A untuk prodi (misalnya) teknik Kimia. Maka, peluang kamu untuk bisa masuk prodi tsb pada PTN A relatif lebih besar daripada kamu daftar ke PTN lain, dimana sekolah asal kamu tidak pernah punya track record penerimaan sebelumnya.

Tips lain yang bisa gua share adalah, jika kamu tidak terlalu pede dengan nilai rapor atau index sekolah kamu, sebaiknya JANGAN mengisi pilihan 1 dengan prodi yang tingkat persaingannya tinggi, sementara pilihan 2 & 3 lo isi dengan prodi yang persaingannya relatif mudah. Kenapa jangan? karena berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim Zenius, jumlah peserta yang diterima pada pilihan 2 & 3 relatif sangat sedikit dibandingkan penerimaan pada pilihan 1. Jadi praktisnya, jika kamu langsung menaruh PTN yang tingkat persaingannya relatif mudah LANGSUNG pada pilihan 1, kemungkinan kamu diterima akan lebih tinggi.

prioritas jurusan

Namun demikian, pada dasarnya seleksi SNMPTN ini memang jangan terlalu diharapkan, anggap saja jika diterima adalah BONUS. Apalagi jika kamu adalah siswa/siswi SMK atau MA, gua bahkan menyarankan lo tidak perlu terlalu memusingkan SNMPTN sama sekali. Karena berdasarkan survei beberapa tahun terakhir, jumlah penerimaan SNMPTN dari mereka yang sekolah asalnya SMK atau MA, tidak lebih dari 1% saja. Artinya 99% yang diterima berasal dari SMA. Lebih lanjut mengenai strategi memperbesar peluang penerimaan SNMPTN, bisa kamu baca artikel Gimana caranya memaksimalkan peluang di SNMPTN

SBMPTN

Oke, gua langsung aja ke tips menentukan jurusan pada seleksi SBMPTN, ada 2 tips utama yang sangat gua sarankan:

Tips 1: Prioritaskan universitas yang tidak memiliki opsi Ujian Mandiri

Perlu lo perhatikan juga, bahwa ada beberapa PTN yang tidak membuka jalur ujian mandiri, misalnya ITB, UNPAD, dll. Nah, jika dalam beberapa alternatif pilihan prodi lo adalah universitas yang tidak membuka jalur mandiri, berarti pastikan prodi tsb lo ambil di jalur SBMPTN!

Jangan sampai jadwal tes ujian mandirinya bentrok jadwalnya satu sama lain! Dalam konteks di atas, kemungkinan yang biasanya selalu bentrok jadwal tes ujiannya adalah UTUL UGM dan SIMAK UI. Jadi pada akhirnya lo harus memilih salah satu untuk diikuti Ujian Mandirinya, sementara 1 lagi masuk jadi pilihan di SBMPTN.

Tips 2: Prodi yang persaingannya ketat, sebaiknya ambil di Ujian Mandiri

Nah, terus gimana dong cara paling efektif untuk menentukan mana pilihan 1,2,3? Rumusnya adalah : Prodi yang tingkat persaingannya ketat, lebih baik dikejar di Ujian Mandiri, daripada di SBMPTN. Kenapa begitu? Karena berdasarkan pengalaman gua, tingkat persaingan di Ujian Mandiri relatif tidak seketat jalur SBMPTN.

Ujian Mandiri

Setelah kamu selesai plotting pilihan jurusan untuk SBMPTN, berarti sisanya kamu bisa mengikuti Ujian Mandiri: SIMAK UI, UM Undip, SPMB Mandiri Unsoed. Beberapa saran gua untuk mengikuti Ujian Mandiri:

  1. Jangan males ikut Ujian Mandiri! Banyak banget murid zenius tahun-tahun lalu yang akhirnya malah mendapat hasil yang lebih memuaskan di ujian mandiri daripada SNMPTN dan SBMPTN. So, jangan males untuk ikut ujian mandiri. Jika kamu ada waktu, ada kesempatan, jangan disia-siakan, peluang kamu masuk universitas ga akan dateng setiap hari, atau setiap minggu.
  2. Bikin timeline jadwal rundown beberapa ujian mandiri di kalender kamu, supaya kamu ga kelewat deadline penting. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah:
    • Jadwal buka pendaftaran
    • Deadline penutupan pendaftaran
    • Jadwal (+lokasi) tes ujian
    • Jadwal pengumuman hasil tes
    • Deadline batas akhir pembayaran uang kuliah

Pastikan kamu memiliki informasi yang akurat terhadap 5 point di atas untuk masing-masing proses seleksi mandiri yang kamu ikuti. Dengan memiliki jadwal rundown yang jelas serta perencanaan yang matang, tingkat peluang/kemungkinan kamu diterima masuk universitas akan jauh lebih besar daripada mereka yang maju bertanding tanpa melakukan perencanaan yang matang.

Sekian tips dan langkah-langkah strategis untuk masuk universitas dari gue. Semoga bermanfaat & membuat perencanaan lo lebih matang, khususnya untuk mengoptimalkan peluang lo untuk masuk kuliah tahun ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Referensi: Zenius

5 Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA Selain Kedokteran

jurusan kuliah terbaik anak IPA

Buat kamu yang jurusan IPA, wajib tahu jurusan-jurusan kuliah program IPA yang bagus buat karier dan juga gaji kita kalau udah kerja nantinya. Selain kedokteran, yang udah umum diketahui banyak orang, ini 5 jurusan kuliah terbaik lain untuk anak IPA.

jurusan kuliah terbaik anak IPA

1. Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Jurusan ini sering dianggap enggak memiliki prospek kerja yang luas. Tapi sebenarnya, segala sesuatu yang kita jalani sehari-hari itu sangat berhubungan dengan matematika. Mulai dari belanja dengan uang sampai mengetik chat di hape. Ada serangkaian kode matematika yang dibuat di smartphone sehingga bisa menghasilkan kata-kata yang kita lihat.

Jenis pekerjaan di bidang: Statistik dan industri keuangan, teknologi informasi.

2. Jurusan Teknik

Beberapa jurusan kuliah teknik terbaik antara lain: Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Nuklir. Jurusan-jurusan itu punya tujuan pembelajaran yang berbeda. Tapi yang pasti, jurusan teknik itu akan berfokus dan mendalami teknik tentang suatu bidang. Misal, teknik elektro membahas tentang sistem jaringan dan listrik.

Jenis pekerjaan di bidang:

Teknik Industri: Engineering, Warehouse, Produksi, Pengendalian Mutu, Pemeliharaan.

Teknik Kimia: Unit Pengolahan Limbah, Agrobisnis, Industri Renewable Energy

Teknik Mesin: Maintenance Engineer, Modeling/Drafting Engineer, Engine Component Engineer

3. Jurusan Arsitek

Kata siapa jurusan IPA itu anaknya kaku-kaku? Ketika kita lulus sekolah nanti dan mencoba mengambil jurusan ini, kita bakal membuktikan kalau jurusan IPA itu kreatif banget. Jadi seorang arsitek membuat kita enggak hanya melihat suatu hal secara estetika alias nilai keindahan tapi juga memadukannya dengan kekuatan (firmitas) dan kegunaan atau fungsi (utilitas).

Jenis pekerjaan di bidang: Perusahaan Kontraktor, Perusahaan Developer, Biro Konsultan Arsitek.

 

4. Jurusan Komputer

Di bidang komputer, kita bisa coba mengambil jurusan Teknik Informatika. Teknik Informatika mempelajari penerapan logika matematikan untuk mengelola informasi menjadi teknologi komputer yang bermanfaat. Sementara Ilmu Komputer mempelajari

Jenis pekerjaan di bidang: Data Entry, Database Administrator, Capacity Planning, Data Communication dan sebagainya.

5. Jurusan Pertanian

Jurusan ini sering dianggap sebelah mata apalagi di era digital seperti sekarang. Padahal, jurusan ini bakal sangat dan akan selalu dibutuhkan sepanjang masa. Hmm… Mudahnya, kita enggak bakal bisa makan, tapi kita bisa hidup walau enggak internetan. Nah… Makanya, jurusan ini bakal selalu dicari kapan pun itu.

Jenis pekerjaan di bidang: Dinas Tata Kota, Dinas Pertamanan, Dinas Perkebunan

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah -Bagi kalian yang ingin meneruskan pendidikan masuk ke perguruan tinggi tentunya harus sudah menyiapkan jurusan apa yang akan diambil nanti. Beberapa anak suka mengalami kendala dalam memutuskan utuk memilih perguruan tinggi mana dan memilih jurusan kuliah apa karena sebagian anak belum mengetahui bakat dan minatnya sendiri.

tips memilih jurusan kuliah yang tepat
Tak sedikit anak yang memilih jurusan kuliah atas dasar ikut-ikutan temannya yang sudah kuliah, karena dorongan dan paksaan orang tua dan juga karena mengikuti pacar. Yang perlu kalian tau jika memilih jurusan kuliah tidak sesuai dengan kepribadian, bakat, minat serta potensi diri kita sendiri akan menimbulkan beberapa masalah dalam proses study. Salah memilih jurusan kuliah punya dampak yang signifikan terhadap kehidupan di masa mendatang, kira-kira apa dampak salah memilih jurusan kuliah? Ada yang tau?
Berikut Dampak Salah Memilih Jurusan Kuliah
1. Problem Psikologis
Mempelajari sesuatu yang tidak sesuai minat, bakat dan kemampuan, merupakan pekerjaan yang sangat tidak menyenangkan, apalagi kalau itu bukan kemauan / pilihan anak, tapi desakan orang tua. Belajar karena terpaksa itu akan sulit dicerna otak karena sudah ada blocking emosi. Kesal, marah, sebal, sedih, itu semua sudah memblokir efektivitas kerja otak dan menghambat motivasi. Memilih jurusan kuliah sesuai dengan saran teman atau trend, padahal tidak sesuai dengan minat diri juga punya dampak psikologis, yakni menurunnya daya tahan terhadap tekanan, konsentrasi dan menurunnya daya juang. Apalagi kalau pelajaran kian sulit, masalah semakin bertambah, bisa menyebabkan kuliah terancam terhenti di tengah jalan.

2. Problem akademis

Problem akademis yang bisa terjadi jika salah mengambil jurusan kuliah yaitu, seperti prestasi yang tidak optimum, banyak mengulang mata kuliah yang berdampak bertambahnya waktu dan biaya, kesulitan memahami materi, kesulitan memecahkan persoalan, ketidakmampuan untuk mandiri dalam belajar, dan buntutnya adalah rendahnya nilai indeks prestasi. Selain itu, salah memilih jurusan kuliah bisa mempengaruhi motivasi belajar dan tingkat kehadiran. Kalau makin sering tidak masuk kuliah, makin sulit memahami materi, makin tidak suka dengan perkuliahannya akhirnya makin sering bolos. Padahal, tingkat kehadiran mempengaruhi nilai.

3. Problem relasional

Salah memilih jurusan kuliah membuat anak tidak nyaman dan tidak percaya diri. Ia merasa tidak mampu menguasai materi perkuliahan sehingga ketika hasilnya tidak memuaskan, ia pun merasa minder karena merasa dirinya bodoh, dsb hingga dia menjaga jarak dengan teman lain, makin pendiam, menarik diri dari pergaulan, lebih senang mengurung diri di kamar, takut bergaul karena takut kekurangannya diketahui, dsb. Atau, anak bisa jadi agresif karena kompensasi dari inferioritas di pelajaran. Karena dia merasa kurang di pelajaran, maka dia berusaha tampil hebat di lingkungan sosial dengan cara missal, mendominasi, mengintimidasi anak yang dianggap lebih pandai, dsb.

Nah, setelah kita tau betapa besar dampak salah memilih jurusan kuliah, maka tugas kita selanjutnya adalah bagaimana cara memilih jurusan yang benar.
Bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat?

Memilih jurusan kuliah pada dasarnya merupakan sebuah proses yang sudah dimulai sejak masa anak-anak. Kesempatan, stimulasi, pengalaman apa saja yang diberikan pada anak sejak kecil secara optimum dan konsisten, itu akan menjadi bekal, modal dan fondasi minat dan bakatnya. Makin banyak dan luas exposure-nya, makin anak tahu banyak tentang dirinya, tapi makin sedikit exposure nya, makin sedikit juga pengetahuan anak tentang dirinya. Menurut Gunadi et al (2007), ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemilihan jurusan agar jurusan yang dipilih tepat, berikut tips memilih jurusan yang tepat menurut Gunadi (2007):

Mencari informasi secara detil mengenai jurusan yang diminati. Sebelum memilih jurusan, hendaknya anak punya informasi yang luas dan detil, mulai dari ilmunya, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, universitasnya, komunitas sosialnya, kegiatan kampusnya, biaya, alternative profesi kerja, kualitas alumninya, dsb.

Menyadari bahwa jurusan yang dipilih hanya merupakan salah satu anak tangga awal dari dari proses pencapaian karir. Anak perlu tahu realitanya, bahwa jurusan yang dipilih tidak menjamin kesuksesan masa depannya. Jangan dikira bahwa dengan kuliah di jurusan tersebut maka hidupnya kelak past sukses seperti yang di iklankan.
Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan kemampuan dan minat siswa yang bersangkutan. Jika seorang siswa memilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minatnya, maka dirinya akan mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan selama kuliah, namun jika dirinya tidak memiliki kemampuan dan minat dalam jurusan yang dipilih, bisa mempengaruhi motivasi belajar seperti yang telah dijelaskan di atas.
Berpikiran jauh ke depan melihat konsekuensi dari setiap pilihan, apakah mampu menjaga komitmen dan konsekuensi kerja sebagai akibat dari pilihan itu? Di setiap pilihan pasti ada konsekuensi profesi, jangan sampai ingin punya status tapi tidak ingin menjalani konsekuensinya. Jangan sampai ingin jadi dokter tapi tidak siap mendapatkan panggilan mendadak tengah malam dari pasiennya; ingin jadi tentara tapi takut berperang; ingin jadi guru tetapi tidak sabar / tidak senang disuruh menghadapi anak murid. Jadi, kalau sudah punya cita-cita, siapkan mental, fisik dan komitmen untuk mau belajar menghadapi tantangannya.
Jurusan yang dipilih sebaiknya sesuai dengan cita-cita anak. Setiap anak pasti memiliki cita-cita. Jika anak bercita-cita menjadi psikolog maka sebaiknya memilih jurusan psikologi bukan jurusan sosiologi atau yang lainnya. Jika ingin menjadi dokter, ya harus mengambil kuliah kedokteran. Pelajari bidang studi yang mempunyai beberapa proses. Misalnya, anak kelak ingin menjadi dokter bedah, maka terlebih dahulu harus menjalani kuliah di kedokteran umum.
Menyiapkan beberapa alternatif. Alangkah baiknya jika anak memiliki lebih dari satu alternative untuk menjaga jika dirinya tidak masuk di alternative pertama, maka masih ada kesempatan di alternative berikutnya. Pemilihan alternative studi harus pun diupayakan yang masih sesuai dengan minat dan kemampuan anak, bukan karena pilihan yang paling besar kemungkinan diterima padahal tidak sesuai minat.
Kuliah membutuhkan banyak biaya dan waktu yang tidak sebentar. Maka, selagi masih belum terlanjur, memilih jurusan kuliah harus memang benar-benar tepat untuk anda, jangan sampai nantinya putus ditengah jalan.

10 Fakultas dengan Prospek Gaji Tertinggi!

fakultas dengan gaji tertinggi

Setiap Orang Pasti Pengen Punya Gaji Besar Apabila Ia Bekerja Nantinya. Banyak Orang Memilih Pendidikan Yang Bagus Untuk Mendapatkan Pekerjaan Yang Bagus Pula. Misalnya Kedokteran, Teknik, Insinyur Dan Sebagainya. Nah Di Thread Ini Ane Akan Membahas Tentang 10 Fakultas Dengan Prospek Gaji Tertinggi. Data Ini Diambil Oleh CNN Berdasarkan Hasil Sensus Di Amerika Sana. Well Amerika Berbeda Dengan Indonesia, Ya Meskipun Demikian Sepertinya Data Yang Dikumpulkan Juga Ga Jauh Berbeda Dengan Indonesia.

so here we go……….

Teknik Pertambangan


Di urutan ke 10 adalah Teknik Pertambangan contohnya adalah insinyur yang mengeksplorasi batubara dan berlian, mereka mencari tahu cara terbaik untuk mengambilnya dari bumi. Mereka juga belajar bagaimana untuk mencari mineral dan merancang dan mengembangkan tambang.
agan bisa bekerja di Antam, Freeport, Newmont, dll
gaji rata2 nya adalah $ 80,000


Teknik Metalurgi

Di urutan ke 9 adalah Teknik Metalurgi. Mungkin masih jarang yang mengetahui tentang metalurgi. Metalurgi belajar bagaimana merangcang logam, mempelajari sifat logam dan memecahkan masalah dalam bidang manufaktur. Insinyur metalurgi sering bekerjasama dengan insinyur pertambangan dalam proses ekstraksi bijih logam setelah ditambang.

agan bisa bekerja di Krakatau Steel atau perusahaan smelter lainnya
gaji rata2nya adalah $ 80,000
Teknik Mesin

di urutan ke 8 ada Teknik Mesin. Teknik mesin adalah salah satu disiplin ilmu teknik tertua dan paling luas. permintaan tinggi sejak penemuan mesin uap di bagian terakhir dari abad ke-18 dan awal Revolusi Industri. udah tua yah
kalo bidang ini lapangan pekerjaannya banyak, bisa di industri otomotif, elektronika, kimia bahkan penerbangan
gaji rata2nya adalah $ 80,000

 
Teknik Perkapalan

di urutan ke 7 ada Teknik perkapalan. teknik perkapalan ini kerjaannya design kapal. mulai dari kapal yang kecil misalnya kapal patroli sampai yang besar misalnya kapal tanker bisa juga untuk mendesign kapal perang

kalo untuk tempat bekerjanya bisa di PT PAL atau di galangan lain milik swasta
gaji rata2nya adalah $ 82,000
Teknik Elektro

diurutan ke 6 ada Teknik Elektro. teknik elektro ini ada arus kuat ada arus lemah, kalau arus kuat agan bisa bekerja di pembangkit listrik dan sebagainya kalau arus lemah agan bakalan membuat produk2 elektronika yang sekarang ini prospeknya lagi berkembang pesat di Indonesia

tempat bekerjanya bisa di PLN, Samsung, Toshiba, dll bahkan bisa juga ke perusahaan minyak
gaji rata2nya adalah $ 85,000 
Teknik Kimia

di urutan ke 5 ada Teknik Kimia. Teknik Kimia mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik

tempat bekerjanya juga luas banyak sekali pabrik yang butuh lulusan teknik kimia
ga heran kalo rata2 gajinya $ 86,000 
Teknik Penerbangan

diurutan ke 4 ini ada Teknik Penerbangan. Teknik Penerbangan mempelajari segala sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer atau di luar angkasa. Contohnya adalah aerodinamika, struktur, rancangan pesawat, teknik material, interaksi manusia dan mesin, teknik kendali terbang, aeroelastisitas, teknik propulsi, dan lain-lain.

prospek kerjanya bisa di PT DI, Boeing, Airbus, dll
gajinya juga lumayan yaitu $ 87,000 
Ilmu Komputer

di urutan ke 3 ada Ilmu Komputer atau biasa disebut juga Computer Science. ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisa abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang. so awas salah pilih gan

prospek kerja juga luas, hampir seluruh kantor perlu programmer
kalo masalah gaji sangat menggiurkan $ 98,000

 
Ilmu Farmasi

di posisi 2 ada ilmu farmasi. di ilmu farmasi akan dipelajari berbagai bahan untuk membuat obat. dan selain itu farmasi dapat juga bekerja di pabrik maupun apotek, sehingga mempunyai range yang luas

prospek kerja kimia farma, bio farma, dll
dan untuk gajinya $ 105,000 

Teknik Perminyakan

dan yang di urutan pertama adalah Teknik Perminyakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi, dan pengolahannya. Teknik perminyakan sendiri mirip dengan Teknik pertambangan,
Teknik perminyakan juga mempelajari sistem yang berhubungan dengan bangunan rig lepas pantai yang sering digunakan dalam eksplorasi minyak lepas pantai dan juga teknologi pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.

prospek kerja di pertamina, chevron, BP, dll
dan gajinya adalah $ 120,000
gaji ini sebanding dengan risiko dalam pekerjaannya

Prospek Kerja Terbaik? Geomatika Saja!

geomatika

geomatika

Kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi dan prestisius, sudah barang tentu menjadi batu loncatan bagi siapa pun yang ingin mendapatkannya. Hadirnya berbagai macam universitas, baik dengan level negeri atau pun swasta, memberikan harapan lain bagi seseorang yang ingin meraih ilmu dan pendidikan serta cita-cita yang diimpikan.
Sekalipun rejeki dan jalan takdir seseorang sudah tertuliskan, selalu ada kebimbangan dan keragu-raguan saat memilih jurusan apa yang hendak digeluti. Jangankan jurusan, memilih universitas pun terasa sangat sulit dan membingungkan. Di sisi lain, seseorang sudah pasti ingin memilih universitas dalam taraf level terbaik dibanding universitas lainnya, namun persaingan yang semakin ketat akan menyeleksi orang-orang terbaik pula.
Persamaan gaya hidup, cara pandang, hobi dan ketertarikan, semakin membuat seseorang terperangkap dalam ketidak-berdayaan menghadapi persaingan. Sebut saja, jurusan Kedokteran misalnya, banyaknya peminat dan sedikitnya peluang untuk diterima, menyebabkan banyak calon mahasiswa gagal meraih sesuatu yang membanggakan. Pertanyaannya, apakah hanya jurusan itu-itu saja yang bisa memberikan hidup kita lebih bernilai?

Tentu tidak! Kita hanya selalu ketakutan menjalankan sesuatu yang tidak kita sukai, padahal itu adalah yang terbaik untuk hidup kita. Misalnya saja minum jamu. Pahit, tapi manfaat yang terasa jauh lebih manis. Mengapa kita hanya berkutat dengan gengsi sebuah jurusan yang paling disegani dan terkesan ‘dilebihkan’? Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, tidaklah seharusnya kita terus menjalani persaingan itu dengan tetap bersaing. Jurusan-jurusan terbaik dengan persaingan yang ketat dan passing grade yang tinggi, bukan berarti akan memberikan dampak terbaik bagi hidup kita di kemudian hari.
“Lantas, harus kemana saya melanjutkan pendidikan?”
Kebanyakan orang, tidak tahu banyak tentang jurusan ini. Bahkan, mereka pun (orang-orang yang sudah lama bergelut di bidang pendidikan ini) tidak berharap datangnya banyak pesaing di bidang yang sangat mereka kuasai, karena itu dapat mengindikasikan semakin sempitnya kesempatan mereka-mereka yang sudah lebih dulu bergelut dengan bidang ini. Suatu jurusan yang terlahir dari perkembangan teknologi dan informasi, yang saat ini, populasi keprofesiannya pun masih sangat langka dibandingkan bidang keprofesian lainnya.
Adalah jurusan Teknik Geomatika, yang hanya terdapat di beberapa perguruan tinggi, seperti UGM Yogyakarta, ITB Bandung, UNDIP Semarang, ITS Surabaya, ITN Malang, yang beberapa diantaranya masih bernama jurusan Teknik Geodesi. Karena pada dasarnya, disiplin ilmu Geomatika ini adalah ‘saudara kembarnya’ Geodesi, salah satu ilmu pendidikan tertua yang pernah ada.
Geomatika merupakan suatu kajian keilmuan dan rekayasa yang mengacu kepada pendekatan terpadu dari kegiatan mengukur, menganalisis, mengelola, menyimpan, menyajikan deskripsi dan lokasi data berbasis muka bumi (georeferenced) atau yang sering disebut sebagai data spasial (Canadian Institute of Surveying and Mapping).
Sementara itu, Geodesi adalah bidang ilmu inter-disiplin yang menggunakan pengukuran-pengukuran pada permukaan bumi serta dari wahana pesawat dan wahana angkasa untuk mempelajari bentuk dan ukuran bumi, planet-planet dan satelitnya, serta perubahan-perubahannya; menentukan secara teliti posisi serta kecepatan dari titik-titik atau objek-objek pada permukaan bumi atau yang mengorbit bumi dan planet-planet dalam suatu sistem referensi tertentu; serta mengaplikasikan pengetahuan tersebut untuk berbagai bidang aplikasi ilmiah dan rekayasa menggunakan matematika, fisika, astronomi dan ilmu komputer.
Dengan kata lain, Geodesi dan Geomatika memiliki persamaan yang sejenis, hanya saja, Geomatika merupakan suatu terminologi modern yang menunjukan perkembangan pesat ilmu Geodesi, yang berhubungan dengan bidang geo-informasi.
Di Universitas Gadjah Mada sendiri, Teknik Geomatika merupakan program studi dari jurusan Teknik Geodesi, yang mulai dibuka pada tahun 2001 dan saat ini telah bergabung ke dalam struktural Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (tahun 2011). Adapun Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Diploma 3 Teknik Geomatika SV UGM, adalah:
Visi:
Program Diploma 3 Teknik Geomatika mampu menghasilkan lulusan yang profesional, berintegrasi tinggi, berkualitas, berbudaya dan bermoral, sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal dalam bidang Teknik Geomatika terapan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia global.
Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik untuk menghasilkan lulusan yang menguasai keterampilan di bidang Teknik Geomatika terapan, bersifat lentur (flexible) sehingga dapat berkembang sejalan dengan perubahan dan perkembangan IPTEK, produktif sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam karya-karyanya baik secara individu maupun kelompok, memiliki kemampuan wirausaha dan inovasi.
  2. Menjalin program kemitraan baik dengan pendidikan sejenis maupun dengan universitas, di dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, terutama di bidang Teknik Geomatika terapan yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

Tujuan Pendidikan:

  1. Program Diploma 3 Teknik Geomatika Sekolah Vokasi UGM, menghasilkan lulusan yang mampu dan terampil dalam menerapkan teknologi geomatika yaitu: Survei Pemetaan dan Penentuan Posisi (Surveying, Mapping and Positioning), Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Penginderaan Jauh (Remote Sensing).
  2. Mendukung program pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh instansi atau perusahaan.

Kebanyakan orang, belum tertarik untuk memilih jurusan ini sebagai pilihan pertamanya. Padahal prospek kerja dari jurusan ini sungguh menggiurkan, bahkan tidak kalah bersaing dengan disiplin ilmu lainnya. Sekalipun jurusan ini merupakan jurusan dengan titel seorang Ahli Madya, namun itulah yang sebenarnya sangat dibutuhkan pada saat ini. Banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang bergerak di bidang Survei Rekayasa, Survei dan Pemetaan, DirJen Pajak, Badan Pertanahan Nasional, Pertamina, Departemen Pertambangan, Departemen Perkebunan, Departemen Kimpraswil (PU), Tata Kota, Bappeda, dan instansi swasta lainnya, yang membutuhkan lulusan Diploma 3 (Ahli Madya) jurusan Teknik Geomatika. Peluang kerja yang terbuka luas dengan tingkat persaingan yang tidak terlalu tinggi (disebabkan kurang peminat dan lulusan jurusan D3 Teknik Geomatika), menjadi alasan terkuat dan ter’masuk-akal’ untuk memilih jurusan ini, dan mempersiapkan diri menjadi surveyor profesional.
Belum lagi, fasilitas dan sarana pendidikan yang sudah ada, menjadi nilai tambah tersendiri. D3 Teknik Geomatika yang merupakan ‘anak kandung’ dari S1 Teknik Geodesi di UGM, kali ini masih menempati gedung yang sama, yaitu di lingkungan pendidikan terpadu Fakultas Teknik UGM. Bersamaan dengan itu, fasilitas lainnya seperti laboratorium, ruang referensi (perpustakaan) dan tenaga kerja (dosen) merupakan fasilitas bersama antara D3 Teknik Geomatika, S1 Teknik Geodesi, dan S2 Teknik Geomatika UGM. Hal ini menjadikan Prodi D3 Teknik Geomatika UGM siap melahirkan surveyor-surveyor profesional dan siap kerja.
Alasan-alasan pendukung lainnya, seperti Universitas Gadjah Mada adalah salah satu dari tiga Universitas Terbaik Dunia di Indonesia, maka kualitas Prodi Teknik Geomatika UGM pun tidak perlu diragukan lagi. Lantas, UGM yang terletak di DIY Yogyakarta dengan kultur yang ramah, ditambah Kota Yogyakarta merupakan kota pendidikan, kota budaya, sekaligus kota wisata, dengan biaya hidup yang tidak terlalu tinggi ketimbang kota-kota lain di Indonesia, kembali menambah keyakinan seorang calon mahasiswa untuk siap meniti jalan kehidupan di jurusan Teknik Geomatika.
Maka, tunggu apa lagi? Mantapkan hati untuk bersiap menyongsong kehidupan yang jauh ke depan dengan prospek kerja yang terbuka luas dan menggiurkan, hanya di Program Studi Diploma 3 Teknik Geomatika UGM.
Pengen lebih tahu banyak tentang Geomatika UGM? Klik link berikut:
Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
Keluarga Mahasiswa Diploma Geomatika UGM