Kumpulan Kata Kata Motivasi Hidup Paling Bijak

kata motivasi hidup

Kata kata motivasi hidup. Setiap manusia membutuhkan motivasi dalam hidupnya. Dalam mengarungi kehidupan dan untuk mencapai kesuksesan, maka dibutuhkan semangat dan motivasi yang tinggi untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Kata motivasi merupakan untaian kata yang membuat kita terus bersemangat untuk menjalani kehidupan.

Kata kata motivasi juga dapat menjadi inspirasi kita untuk menjadi orang yag lebih baik lagi. Meskipun kata motivasi dapat membuat anda semangat, namun yang terpenting adalah anda segera berbuat untuk mencapai kesuksesan. Sebab persoalan hidup kian rumit dan kita tentu memerlukan kebijaksanaan dalam menyikapinya.

Kata motivasi hidup juga dapat membuat kita menjadi orang yang lebih bijak. Sebuah tantangan kehidupan tak akan pernah surut, untuk menjadi pribadi yang bijak tentu kita membutuhkan tuntunan dan kutipan dari orang-orang terkenal yang mampu membuat kita berhati-hati dalam memutuskan sesuatu.

Inilah Kumpulan Kata kata Motivasi Hidup Paling Bijak

Ketika hal buruk menimpamu, jangan mengeluh. Tuhan pasti mempunyai tujuan. Jalani dengan tabah, dan jadilah pribadi yang kuat.

Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang2 tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.

Komitmen adalah berbuat sesuatu untuk mewujudkan impian anda menuju hidup yg haqiqi.

Apa pun yang anda lakukan, lakukan yang terbaik yang dapat anda lakukan.

Sukses hanyalah peristiwa, Namun cara meraih sukses itu yang hebat.

Kata kata motivasi hidup : Hidup terlalu singkat untuk kamu belajar dr kesalahan sendiri, cobalah belajar dr kesalahan org lain.

Jangan membuang waktu dgn terus bersedih.. Terus melarutkan diri dlm kesedihan hanya akan menghambat pertumbuhan “kebahagiaan”.

Terkadang kejujuran bisa menyakiti, tetapi percayalah masalah apapun akan cepat terselesaikan jika kamu berlaku jujur.

Hargai dan syukuri apapun yang kamu miliki, sebelum itu meninggalkanmu dan bukan menjadi milikmu lagi.

Jangan buang waktumu hanya untuk menunggu sesuatu yang tidak pasti. Hidup ini butuh kepastian, bukan hanya angan pun harapan.

Tantangan terbesar bukan saat kita menghadapi kesulitan tapi saat kita melawan kemalasan dan keluhan diri kita sendiri..

Kata kata motivasi : Cobalah untuk tersenyum disaat sakit. Cobalah untuk bersabar disaat luka. Karena hanya senyum dan sabar yang dapat menguatkan hati.

Sukses tidak datang dari apa yang diberikan oleh orang lain, tapi datang dari keyakinan dan kerja keras kita sendiri..

Tidak ada yang bisa mengendalikanmu, semua tergantung pada diri kita sendiri. Orang lain hanya bisa mempengaruhi.

Bersedih merupakan hal yang wajar, tapi jangan sampai kesedihan membutakan hatimu hingga kamu berputus asa.

Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan.

Kerugian terbesar bukanlah saat mengalami kebangkrutan, melainkan saat Kita gagal belajar dari kebangkrutan tersebut.

Impian tidak akan menggerakan seseorang utk maju, alasan kuat dibalik impian itulah yg menggerakannya.

Jangan mengeluh masalahmu. Jika kamu merasa bebanmu lebih BERAT daripada yg lain, itu karena Tuhan melihatmu lebih KUAT daripada yang lain.

Tuhan takkan pernah membiarkan dirimu terluka, Dia hanya ingin kamu belajar dari segala masalah. Percayalah padaNya.

Doaku pagi ini: Tuhan, beri aku kekuatan tuk bisa melalui hari ini, tuk menghadapi segala masalah yang kutahu hanya buatku dewasa.

Terkadang satu-satunya cara tuk menyelesaikan masalahmu adalah dgn membenarkan cara pandangmu, bkn masalahmu.

Mencari siapa yg salah takkan selesaikan masalah. Berdiskusi dan kerja sama, maka kamu dan dia mampu selesaikan segalanya.

Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak menyelesaikan masalah, dan mengalah bukan berarti kalah.

Jangan berpikir kamu JATUH karena masalah yg diberikan Tuhan, karena sebenarnya Tuhan hanya menginginkanmu belajar BERDIRI.

Amarah adalah cara termudah membuat masalah. Bersabar adalah salah satu cara agar terhindar dari masalah.

Masalah adalah ujian pendewasaan. Jadi tidak ada alasan menyalahkan orang lain. Benahi diri sendiri dan jadi pribadi yang dewasa.

Ketika masalah datang menghampiri, itu artinya Tuhan menyayangi, bukan membenci. Tuhan hanya menguji keimanan dan kesabaran.

Sudahkah kamu tersenyum hari ini? Jangan biarkan masalah membuatmu lupa bahwa sebuah senyuman mampu meringankannya.

Tuhan melihat masalahmu, mengerti air matamu, & merasakan rasa sakitmu. Ia hanya sejauh doa-mu.

Selalu ada perbedaan dalam sebuah hubungan yang kadang menyebabkan masalah, tetapi juga perbedaan itu dapat menguatkan.

Seberat apapun masalah yg sedang menimpamu, tetaplah bersabar dan ikhlas. Hadapi dengan penuh tanggung jawab, pertolongan Tuhan pasti datang

Kau lbh kuat dr rasa sakitmu, lbh besar dr masalahmu, & lbh baik dr penghakiman org atasmu, selama ada Tuhan di hatimu.

Masalah terbesar pria: melupakan terlalu cepat. Masalah terbesar wanita: mengingat terlalu lama.

Kata Motivasi Hidup : Jangan pernah terpuruk karena suatu masalah. Bersabar dan berdoalah, percaya, tak ada masalah yang terlalu besar bagi Tuhan.

Masalah adalah cara Tuhan tuk membuatmu dewasa, jangan lari darinya tapi hadapilah. Hanya mereka yg membuatmu bijaksana.

Ketika masalah terasa berat, cobalah tuk menghela napas panjang dan tersenyum, itu akan membersihkan pikiran dan menambah semangat.

Setiap masalah ada jalan keluarnya. Kamu mungkin tak melihatnya, namun Tuhan tahu jalan keluarnya. Yakin dan percayalah padaNya.

Masalah adalah ujian pendewasaan. Jadi tidak ada alasan untuk menyalahkan orang lain. Benahi dirisendiri dan jadi pribadi yang dewasa.

Kamu bebas memilih sikap dalam setiap masalah yang datang. Apapun pilihanmu, tetaplah menjadi dirimu sendiri.

Dibalik beratnya masalah yg dihadapi bangsa, yakinlah bahwa Tuhan tengah mempersiapkan bangsa ini menjadi bangsa besar.

Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuan kamu.

——-

Semoga tulisan kata motivasi hidup terbaik ini dapat membuat anda lebih semangat dalam menjalani kehidupan. Saya berharap kata motivasi yang saya tulis dapat membuat anda lebih bijak. Amin

10 Kegiatan Ospek Paling Kejam di Dunia, Berani?

ospek paling berbahaya di dunia

Menjadi mahasiswa baru berarti juga pasti mengalami yang namanya Ospek alias Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Meskipun kesannya ospek itu merupakan perploncoan, namun ospek membuat mahasiswa baru lebih mengenal kampus tempatnya kuliah nanti. Ospek juga akan menjadi kenangan yang tak terlupakan nantinya.

Ada banyak sisi positif yang bisa diambil dari kegiatan ospek, namun ada juga sisi negatifnya. Kegiatan ospek mahasiswa baru tak jarang jadi ajang pelampiasan untuk mengerjai adik-adik senior yang baru saja lulus sekolah. Kendati begitu, ospek tetap merupakan kegiatan seru yang tak selalu menjengkelkan.

Orientasi mahasiswa tidak hanya terjadi di Indonesia saja, di berbagai belahan dunia ini ospek tetap dijalankan. Nah, ada beberapa kampus yang menerapkan konsep ospek yang ‘kejam’ dan brutal. Meskipun alasannya adalah untuk melatih mental dan kebersamaan, ritual ospek seperti ini sulit diterima oleh akal sehat, seperti dikutip dari elite daily.

Inilah 10 kegiatan ospek paling kejam di dunia

1. Menuangkan air panas mendidih

Ritual ospek ini biasa dilakukan oleh mahasiswa dari Tulane University. Mahasiswa baru harus rela disiram dengan air panas mendidih untuk memenuhi komitmen mereka.Para mahasiswa baru ini disemprot dengan air rebusan merica yang dicampur dengan bumbu kepiting mendidih yang isinya ada cabai rawit. Campuran tadi dituangkan ke atas punggung mahasiswa baru peserta ospek.

Korban ospek yang mengikuti ritual ini pun tak jarang harus menderita  luka bakar di punggung, dada, bokong, bahkan sampai ke alat kelamin.

2. Paddling

Paddling termasuk salah satu ritual paling mengerikan saat ospek. Paddling adalah tradisi kuno dari Yunani yang hingga kini masih banyak diadopsi oleh banyak organisasi hitam Yunani. Paddling merupakan kegiatan dimana para senior memukul bagian pantat mahasiswa baru dengan sebuah dayung, dimana junior harus dalam keadaan bersujud saat dipukul.

Meskipun sekilas kegiatan ini tidak berbahaya, namun kegiatan ospek yang satu ini merupakan ritual yang paling berbahaya. Sebab akibat pemukulan akan terjadi pembekuan darah, kerusakan ginjal, urin dalam darah, hingga menyebabkan kematian.

3. Kokain atau Dildo

Selain kegiatan yang bentuknya kekerasan fisik, beberapa kampus di Amerika juga melakukan kegiatan ospek yang berbentuk kekerasan psikis. Dalam beberapa kasus, seorang mahasiswi baru harus memilih dua opsi. Gadis ini dipaksa untuk menghisap ganja atau masturbasi memakai dildo di depan peserta ospek lainnya.

4. Sodomi
Pemain sepakbola Seven Methodist College akhirnya ditakan pada 2002 karena melakukan ospek yang brutal kepada para pemain baru, bahkan menyerang mereka. Sang pemain yang dikerjai dan diketahui bernama Antonio Wilkerson dipaksa untuk melakukan tarian telanjang dengan melucuti pakaian dalamnya. Bahkan, dia pun dipukuli beberapa kali dan kemudian baru disodomi dengan menggunakan sebuah alat yang tajam.

5. Elephant Walk
Kegiatan ini biasanya sering dilihat dalam aksi sirkus. Layaknya gajah, para peserta berpegangan satu sama lain membentuk sebuah barisan dan saling membelakangi, seperti gajah saling memegang ekor satu sama lain.

Dalam kasus ini, para peserta yang biasanya hanya dilakukan oleh laki-laki berjalan lurus sembari berpegangan memegang satu sama lain dengan tangan di alat kelamin dan anus.

6. Kelebihan air
Seorang pelajar di California, Amerika Serikat (AS) meninggal karena overdosis air. Dia dipaksa untuk minum air berkendi-kendi hingga muntah. Pada akhirnya, karena terlalu banyak minum, otaknya membengkak dan dia meninggal karena keracunan air.

7. Ancaman berbahaya
Anggota perkumpulan mahasiswi sebuah kampus dilaporkan telah dipaksa untuk bermain permainan minuman yang melibatkan ancaman kekerasan dengan menggunakan benda berbahaya. Jika anggota kalah dalam permainan tersebut, mereka diancam ditusuk dengan pisau, palu, bahkan dildo.

8. Minum sampai mabuk
Praktik ospek paling berbahaya dari minum sampai mabuk banyak terjadi di berbagai kampus, bahkan akan sangat berisiko bila minum sampai mabuk ini dipaksakan. Beberapa peserta bahkan dilaporkan meninggal karena keracunan alkohol.

9. Latihan di atas tinja dan urin
Sebuah insiden terjadi di Hartwick College, di mana para peserta Alpha Chi Ro dipaksa untuk membawa kotoran manusia yang ditutupi oleh batu melalui hutan dan melakukan push up. Kemudian mereka turun dari tempat sampah yang sudah direndam air seni.

10. Memakan makanan anjing
Peserta ospek dari belahan dunia lain di Indonesia ini dipaksa untuk memakan makanan anjing, dan meminum sebuah minuman “mematikan” yang sudah dicampur. Mau tak mau, peserta pun muntah dan sakit sehabis mengonsumsi makanan minuman tersebut. Dalam beberapa kasus mereka dibawa ke rumah sakit.

Inilah Manfaat Sarapan yang Seringkali Disepelekan Mahasiswa

manfaat sarapan

Manfaat sarapan untuk mahasiswa . Sebagian diatara kita mungkin tidak menyadari betapa pentingnya sarapan di pagi hari sebelum mengawali aktivitas. Karena berbagai kesibukan dan rutinitas yang dimulai pagi hari, menyebabkan kita sering melupakan sarapan. Kegiatan lain mungkin memang penting, tapi menurut banyak penelitain sarapan juga tidak kalah pentingnya. Sarapan memberi modal energi pada tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Sarapan pagi juga memberikan manfaat lain yang tidak bisa kita dapatkan dari makan-makan selanjutnya, seperti makan siang dan makan malam.

Nah, supaya kita lebih paham manfaatnya, berikut adalah penjelasan mengapa sarapan memberikan kebaikan pada tubuh kita.

  1. Memberi Kekuatan Metabolisme

Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula kita. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang kita makan. Di pagi hari, setelah kita tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh kita turun ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh kita menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.

  1. Menurunkan Berat Badan

Mungkin ini terkesan ganji, bagaimana bisa sarapan dapat membantu program penurunan berat badan?! Riset di Harvard University AS menunjukkan, orang yang teratur sarapan pagi memiliki kecenderungan hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan ketimbang mereka yang melewatkan sarapan. Ini logis karena orang yang melewatkan makan pagi akan merasa lebih lapar dibandingkan dengan orang yang sarapan. Ini adalah pola aktivitas di dalam otak dimana rasa lapar dan ketertarikan terhadap makanan berkalori tinggi bekerjasama dan mendorong seseorang untuk makan lebih banyak. Porsi makan siang orang yang tidak sarapan 20% lebih banyak dibandingkan mereka yang sebelumnya sudah sarapan.

Penting : Bahaya kebiasaan minum pakai sedotan

  1. Sarapan Tingkatkan Kemampuan Otak

Menurut Ronald E. Kleinman, M.D., dokter spesialis gastroenterologi anak serta pakar nutrisi yang mengajar di Harvard University, Amerika, secara rata-rata, anak yang tidak pernah sarapan memiliki daya pikir dan kemampuan mengingat yang lebih rendah dibandingkan mereka yang makan setiap pagi. Hal itu sejalan dengan Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ini dikarenakan anak-anak yang tidak pernah makan pagi ternyata lebih sulit berkonsentrasi, lambat menanggapi, dan memiliki perhatian amat rendah terhadap pelajaran. Gerak-gerik mereka juga lebih lamban dan cenderung lekas tersinggung.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa mereka yang rutin sarapan memiliki resiko atau permasalahan gula darah 50% lebih rendah dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Masalah gula darah bisa menjadi pemicu penyakit diabetes dan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung.

Itulah tadi beberapa manfaat penting sarapan yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga dapat lebih meningkatkan lagi kesadaran kita akan pentingnya sarapan bagi kebaikan tubuh. Mari kita mulai hal baik dari diri sendiri. Jangan lupa follow akun Instagram @anak_unsri yah

Tips Aman saat Ospek Mahasiswa Baru

tips aman ospek mahasiswa baru

Tips aman saat ospek mahasiswa baru – Salam hangat Anak Unsri semua! Ini tulisan pertama yang saya tulis di AnakUnsri.com. Bila ada kesalahan mohon dimaafkan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar dunia kampus khususnya mahasiswa baru agar aman menjalani Ospek tanpa kejahilan kakak senior.

Tiap memasuki tahun ajaran baru, tentu jumlah mahasiswa baru juga bertambah. Bila kamu termasuk mahasiswa baru atau yang lebih populer disebut “Maba” maka hal yang paling kamu takutkan pasti adalah OSPEK. Ospek merupakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, adalah salah satu momok yang menakutkan bagi mahasiswa baru, padahal sebenarnya ospek pada jaman sekarang sudah tidak lagi mengandung unsur kekerasan. Berbeda dengan jaman dahulu kala yang indentik dengan aroma kekerasan.

Ospek yang di Kampus Unsri dinamakan PK2 adalah kegiatan pengenalan kampus yang dilakukan oleh kakak tingkat di bawah pengawasan dosen ataupun jurusan. Jadi bila kamu mendapat perlakuan yang mengadung unsur kekerasan bisa langsung adukan ke pihak jurusan. Banyak orang salah kaprah dengan kegiatan ospek mahasiswa baru. Pokoknya yang ada di pikiran maba itu tentang penyiksaan, kekejaman, dll. Padalah justru OSPEK merupakan proses pengenalan dan adaptasi yang dirancang senior agar mahasiswa baru terbiasa dengan lingkungan baru.

Meski sekarang Ospek sudah tidak mengandung unsur kekerasan, tetap saja kadang ada kakak tingkat yang jahil. Nah untuk menghindari kejahilan kakak tingkat kamu. Ada beberapa tips aman saat ospek yang perlu kamu ketahui.


Inilah tips ampuh & cara hadapi kakak senior saat Ospek

Kenali Wilayah Kampus Kamu

Kampus baru kamu adalah tempat yang akan kamu tinggali. Mengenali wilayah kampus kamu tentu saja hal yang sangat penting, terlebih saat OSPEK.

Sebelum itu kamu harus cari tempat kosan kan? Nah ini ada cerita mahasiswa baru saat cari kosan.

Ngaku Anak Dosen atau Anak Rektor

Meskipun berbohong itu dilarang agaman, namun demi keselamatan diri gak apa-apa dilakukan sekali-kali. Percaya deh, senior kamu gak bakalan berani ‘jahil; sama kamu kalau kamu ngaku sebagai anak dosen apalagi anak rektor. Sayangnya biasanya senior itu dah pada kenal dosen, kalau kamu ketahuan bohong ya nikmatin aja.

Berpenampilan Rapi

Dalam ospek, penampilan adalah hal yang perlu diperhatikan secara serius. Sebab tiap jurusan itu beda-beda peraturannya. Buat cowok biasanya disuru botak masal. Dinikmatin aja, lagian abis UN kan rambut ga keurus nah ospek bantu kamu biar rapi. Jangan sekali-kali rambut panjang saat ospek dimulai karena akan dianggap tidak menghargai kakak tingkat. Itu salah kamu sendiri kalau akan ada hukuman buat kamu.

Khusus buat cewek usahakan tampil secantik dan seanggun mungkin. Rata-rata senior itu tidak tega menghukum adek tingkat yang cute, manis dan cantik. Resikonya ya Pin BB sama nomor hp kamu jadi incaran. :D


Pura-pura sakit

Logikanya siapa sih yang tega menghukum orang sakit? Senior yang tampang sangar dan badan seterek pun gak bakalan tega menhukum adek tingkatnya yang sedang sakit. Percayalah senior itu manusia, bukan setan. Ospek yang kesannya horor itu yang harusnya dihilangkan. Pura-pura sakit bisa bikin kamu bebas saat teman lain ikut acara ospek, tapi jangan sampe ketahuan. Kamu bisa dihukum habis-habisan sama senior kamu.


Ikuti saja apa kata senior

Nah, kali ini kamu sepertinya harus bersikap baik terhadap senior kamu. pengalaman penulis nih ya, senior itu paling suka gangguin orang yang bandel. Lihat  saja, orang orang yang bandel yang tidak menurut dengan kata senior, pasti menjadi langganan siksaannya para senior. Jika kamu bisa menuruti apa maunya si senior, selalu menurut, senior bakalan bosen tuh nyuruh kamu begini begitu, karena gak asyik, tidak ada yang bisa mencari alasan buat menghukum kamu. jadi, jika ingin aman, Nurut aja ya sama senior.

Karena ada banyak tipe mahasiswa di kampus, kenali tipe-tipe mahasiswa di Indonesia.

Jangan Cerewet di Depan Senior

Nah, ini biasanya cewek nih. tapi saya tidak bermaksud untuk menggeneralisasi senua cewek ya. Maksudnya jika di bandingkan dengan cowok, persentase kemungkinan cewek lebih cerewet lebih besar. Jika kamu memang mempunyai sifat bawaan yang agak cerewet, sebaiknyatahan dulu sifat kamu itu saat ospek. Sebab hal ini bisa menjadi boomerang bagi kamu. Karena biasanya kakak senior itu paling enggak suka dengan orang yang cerewet, kalau kamu cerewet kamu bakalan disuruh melakukan hal yang aneh-aneh, seperti: baca puisi, menyanyi, merayu senior, dll. Jika tidak ingin diperlakukan seperti itu, diam adalah solusi terbaik.

Penting!!! Beberapa sikap yang harus dimiliki mahasiswa baru

Kenali Kakak Senior Yang Baik

Saat ospek, sendirian merupakan hal yang berbahaya. Mengenali kakak senior yang baik merupakan salah satu cara agar aman saat ikut ospek. Apalagi kakak senior itu termasuk disegani di kampus, dia bisa jadi tempat kamu berlindung deh. Tapi jangan caper juga, orang caper itu keliatan dari gelagatnya. Woles aja bro.

Demikianlah tips aman saat menjalani ospek mahasiswa baru. Semoga tulisan tadi dapat membantu mahasiswa baru gambaran baru seputar ospek. Selamat mengikuti Ospek!

6 Fakta Terlupakan Dibalik Hari Kemerdekaan Indonesia

6 Fakta Terlupakan Dibalik Hari Kemerdekaan Indonesia

Fakta yang terlupakan dibalik Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia . Tujuh belas Agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia dan seluruh rakyatnya. Tepatnya 17 Agustus tahun 1945, karena pada tanggal tersebutlah merupakan awal kebangkitan rakyat Indonesia dalam melawan penjajah sekaligus penanda awalnya sebuah Revolusi. Namun tahukan kamu, ada beberapa fakta unik dan menarik, mengenai hari kemerdekaan negara kita tercinta ini yang akan sayang jika kamu lewatkan, apa sajakah fakta unik mengenai hari kemerdekaan itu?

Inilah 6 Fakta yang Terlupakan Dibalik Hari Kemerdekaan Indonesia

1. Presiden sakit Saat Proklamirkan Kemerdekaan

Pukul 08.00 17 Agustus 1945 yakni 2 jam sebelum pembacaan teks Proklamasi , Bung Karno masih tertidur dikamarnya, di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, Cikini, Jakarta. Rasa lemas dan suhu badan tinggi didiagnosa dokter Soekarno saat itu terkena gejala malaria tertiana. Saat dibangunkan oleh sang dokter Dr. Soeharto, beliau mengeluh “Pating Greges”. Kemudian akhirnya dokter memutuskan untuk menyuntikan chinineurethan intramusculair dan memberikan pil brom chinine padanya, setelah itu beliau diminta untuk istirahat sejenak agar obat segera bereaksi pada tubuhnya. Pada pukul 09.00 beliau sudah berpakaian rapih dengan baju putih-putih, kemudian menemui sahabatnya, Bung Hatta. Tepat jam 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah, meskipun seusai proklamir beliau kembali ke kamar karena merasa masih meriang, namun saat itulah awal terjadinya sebuah revolusi.

2. Bendera dari kain Tukang Soto dan Seprai

Jika saat ini bendera negara dibuat dengan seapik-apiknya, hal tersebut jauh berbeda dengan bendera merah putih pertama yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Warna putih dari bendera didapat dari seprai tidur Bung Karno sedangkan warna merahnya didapat dari kain tukang soto.

3. Naskah Proklamasi di Temukan di Tempat Sampah

Teks asli naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Bung Karno sesungguhnya tidak pernah dimiliki dan didokumentasikan oleh Pemerintah. Naasnya, naskah historis tersebut disimpan dan dijaga dengan baik oleh seorang wartawan BM bernama Diah. Dian mengaku menemukan naskah tersebut dikeranjang sampah di rumah Laksamana Maeda pada 17 Agustus 1945 dini hari. Namun setelah disalin ulang dengan mesin ketik oleh Sajuti Melik pasa 29 Mei 1992, naskah yang telah ia simpan selama 46 tahun itu ia serahkan pada Presiden Soeharto.

4. Proklamasi Indonesia dijadikan setting film Hollywood

Ada lagi hubungan erat antara 17 Agustus dan Hollywood. Judul pidato 17 Agustus 1964, “Tahun Vivere Perilocoso” (Tahun yang Penuh Bahaya), telah dijadikan judul sebuah film – dalam bahasa Inggris; “The Year of Living Dangerously”. Film tersebut menceritakan pegalaman seorang wartawan Australia yg ditugaskan di Indonesia pada 1960-an, pada detik2 menjelang peristiwa berdarah th 1965. Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing!

5. Negatif Dokumentasi Kemerdekaan Diletakan Di Bawah Pohon

Berkat Kebohongan Frans Mendoer, Fotografer yang mendokumentasikan detik-detik menjelang kemerdekaan yang menyatakan pada tentara Jepang bahwa ia tidak meiliki negatif photo tersebut dan sudah menyerahkannya pada Barisan pelopor, sebuah gerakan pelopor. Padahal negatif dokumentasi tersebut sengaja ia tanam dibawah pohon dekat halaman Kantor harian Asia Raja dan sampai saat ini-lah dokumentasi tersebut bisa kita saksikan.

6. Proklamator ‘hampir’ lebih dari dua orang

Kalau saja usul Bung Hatta diterima, tentu Indonesia punya “lebih dari dua” proklamator. Saat setelah konsep naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia rampung disusun di rumah Laksamana Maeda, Jl Imam Bonjol no 1, Jakarta.

Bung Hatta mengusulkan semua yang hadir saat rapat din hari itu ikut menandatangani teks proklamasi yang akan dibacakan pagi harinya. Tetapi usul ditolak oleh Soekarni, seorang pemuda yang hadir.

Rapat itu dihadiri Soekarno, Hatta dan calon proklamator yang gagal : Achmad Soebardjo, Soekarni dan Sajuti Melik. “Huh, diberi kesempatan membuat sejarah tidak mau”, gerutu Bung Hatta karena usulnya ditolak.

Wow, Universitas Thailand Kembangkan Alat Anti Nyontek

alat anti nyontek

Universitas di Thailand uji coba alat anti-nyontek . Kebiasaan mencontek tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa Indonesia, di negara tetangga Thailand fenomena nyontek juga merupakan kebiasaan yang ingin disingkirkan dari sistem pendidikan disana. Banyak pemerhati pendidikan percaya terlalu sering mencontek dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan kepercayaan diri mahasiswa.

Universitas Kasetsart, Thailand, salah satu universitas terbaik di negeri tersebut menguji coba alat unik yang dinamakan alat anti-mencontek. Diharapkan dengan adanya alat ini mahasiswa dapat lebih fokus dan konsentrasi saat ujian ketimbang berusaha untuk mencontek.

Alat anti contek saat ujian ini bentuknya seperti ‘penghalang mata’.  Alat ini sangat sederhana. Dibuat dari dua kertas berukuran A4 yang ditautkan ke sebuah pengikat kepala. Alat anti-menyontek itu kemudian dikenakan 100 mahasiswa yang tengah menjalani ujian.

Ide ini datang dari seorang profesor dari sebuah universitas kenamaan di Thailand tersebut yang sangat prihatin dengan “hobi” menyontek para mahasiswa Thailand.

Namun, saat foto para mahasiswa Universitas Kasetsart yang mengenakan alat anti-menyontek itu muncul di jejaring sosial, maka kebijakan itu menjadi bahan “tertawaan” media massa Thailand.

Kontroversi media ini membuat pihak universitas menghentikan untuk sementara kebijakan itu. Sementara, dosen yang memiliki ide ini terpaksa menjelaskan masalah ini kepada masyarakat lewat sejumlah televisi.

“Kebijakan itu sebenarnya untuk bersenang-senang, rileks, dan humor. Saya ingin mahasiswa merasa santai saat menjalani ujian,” kata profesor Nattadon Rungruangkitrai. Dosen berusia 40 tahun itu mengatakan ide tersebut muncul saat berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa pekan lalu terkait cara mencegah praktik menyontek.

“Ini adalah sebuah uji coba dan sudah disepakati antara saya dan para mahasiswa, dan mereka menyukainya,” tambah Nattadon.

alat anti nyontek, mencontek,contek,nyontek,kebiasaan nyontek,kebiasaan mencontek,ujian nyontek,nyontek saat ujian,nyontek ujian,anti nyontek,alat nyontek,teknik nyontek,tips nyontek,trik nyontek,

Para mahasiswa, lanjut Nattadon, malah menganggap “penghalang mata” itu bisa mengurangi stres saat menjalani ujian dan membantu meningkatkan konsentrasi.

“Secara alami, mahasiswa senang membantu temannya dengan cara membiarkan kawan mereka menyontek,” kata seorang pakar pendidikan Thailand dari Universitas Chulalongkorn, Somphong Chitradub.

“Namun, mereka harus belajar menghargai diri mereka sendiri dan sadar bahwa berkompetisi dengan menyontek bukanlah sebuah hal yang membanggakan,” tambah Somphong.

Ada-ada saja ide orang Thailand ini. Biarpun sederhana, namun idenya untuk membasmi kebiasaan nyontek patut dipuji. Boleh juga nih kapan-kapan diterapin buat anak Unsri :D

5 Miliarder Terkaya yang Drop Out dari Universitas

5 Miliarder Terkaya yang Drop Out dari Universitas

Sudah menjadi rahasia umum kalau gelar sarjana atau master bukanlah penentu keberhasilan seorang mahasiswa. Bagi sebagian orang hal tersebut menjadi syarat mutlak, namun bagi sebagian yang lain gelar sarjana bukanlah hal yang terlalu penting. Apapun itu semua tergantung dari persepsi masing-masing orang memandang apa itu kuliah.

Bila kita membaca atau mendengar kisah sukses tentu latar belakang kesuksesan mereka berbeda-beda. Ada yang mencapai kesuksesan setelah meraih gelar sarjana, ada yang sudah memulai usaha sejak kuliah, dan ada pula orang yang sukses setelah drop out dari kampus. Tidak hanya sekedar sukses, mereka bahkan menjadi miliarder (dalam kurs dollar).

Beberapa perusahaan teknologi terkenal di dunia ternyata didirikan oleh seorang drop out universitas. Meskipun drop out universitas, mereka tetap mampu mengejar impian mereka. Sebab takdir, nasib, dan masa depan bukan IPK yang tentukan.

Ini dia 5 miliarder terkaya yang drop out dari universitas

1. Bill Gates

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Bill Gates bisa jadi merupakan mahasiswa drop out yang paling terkenal kisah hidupnya. Pria yang mungkin sudah bosan jadi orang terkaya di dunia ini drop out dari Universitas Harvard demi mengejar impiannya mendirikan perusahaan software. Ia dan teman kuliahnya, Paul Allen, mendirikan perusahaan software Microsoft yang kini menjelma menjadi perusahaan software terbesar sekaligus terkaya di dunia. Meskipun ia adalah mahasiswa drop out, Bill Gates tetap dikenal sebagai orang yang jenius. Ia juga memiliki passion yang tinggi terhadap bidang teknologi, utamanya komputer dan pemrograman.

Sebelum drop out dari Harvard, Bill Gates dengan berani meminta ijin dari orang tuanya untuk berhenti kuliah. Meskipun awalnya shock karena putra mereka keluar dari universitas terbaik di dunia, orang tua Bill Gates pun memberikan dukungan terhadapnya. Orang tua Bill Gates terkesan dengan kegigihan putranya dalam mendirikan usaha dan bekerja sangat keras di bidang yang ia sukai.

Meski dalam 2 tahun terakhir Bill Gates tak lagi menjadi orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes. Namun ia tetap dinilai sebagai salah satu orang paling kaya dan berpengaruh di planet bumi. Tak hanya kaya, Bill Gates juga merupakan seorang dermawan. Tercatat ia telah mendonasikan miliaran dolar uang pribadinya dalam berbagai bidang kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan dan teknologi. Semua donasi itu ia salurkan melalui yayasan yang ia dirikan bersama istrinya yaitu Bill & Melinda Gates Foundation.

Baca juga: 25 Kutipan Motivasi Terbaik Bill Gates

2. Mark Zuckerberg

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Kalau belum pernah mendengar nama Mark Zuckerberg, saya yakin mungkin anda pernah tinggal di gua.(hehe) Mark Zuckerberg adalah idola para pecinta teknologi di era internet saat ini. Mark adalah pendiri jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook. Facebook merupakan jejaring sosial yang memiliki pengguna lebih dari satu miliar orang. Mark Zuckerberg juga drop out dari universitas yang sama dengan BIll Gates : Harvard University.

Kisah Mark Zuckerberg dan Facebook saking terkenalnya membuat Hollywood kepincut untuk membuatkan film tentang awal mula berdirinya Facebook. Bila ingin mengetahui sejarah awal perkembangan Facebook, saya menyarankan anda untuk menonton film “The Social Network”. Film itu salah satu film paling inspiratif yang pernah saya tonton.

Mark mendirikan Facebook bersama teman sekamarnya di Harvard. Saking suksesnya Facebook, Mark pun memutuskan untuk drop out dari kampus tersebut untuk fokus mengerjakan Facebook. Pria yang pernah kuliah di jurusan Prikologi dan Ilmu Komputer ini kemudian dinobatkan sebagai manusia termuda yang mencapai penghasilan $1 Miliar dolar dari keringat sendiri. Kejeniusannya dalam progrramming membuatnya meraih penghargaan “Programming Prodigy”.

3. Steve Jobs

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Inilah role model saya dalam dunia teknologi. Pria yang sudah wafat tahun 2011 ini tetap mampu menginspirasi jutaan orang meskipun telah tiada. Steve Jobs adalah pendiri Apple, salah satu perusahaan terbesar di dunia. Menurut saya, sampai saat wafatnya Steve Jobs, Apple merupakan perusahaan paling inovatif di dunia.

Steve Jobs drop out dari Reed College padahal ia baru kuliah 1 semester. Di usianya yang ke-20, ia mendirikan Apple bersama sahabat masa kecilnya, Steve Wozniak. Selain menjadi CEO Apple, Steve Jobs juga mendirikan perusahaan teknologi lainnya seperti Pixar dan NeXT.

Bersama Apple, Steve Jobs menjadi orang paling berpengaruh dalam dunia teknologi bahkan sampai ada orang yang bilang bahwa ia adalah Nabi Teknologi. Meskipun pendapat itu sepertinya berlebihan, namun pengaruh dan inovasinya dalam dunia teknologi membuatnya menjadi penemu terhebat di abad 21.

Steve Jobs terkenal dengan sifatnya yang keras, bergaya diktator, dan tentu saja sangat mementingkan desain. Baginya desain yang baik sama pentingnya dengan teknologi canggih. Karya dan produk Apple pun selalu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Michael Dell

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Michael Dell adalah pemilik dan pendiri perusahaan komputer terkenal Dell,Inc. Ia drop out dari Universitas Texas. Drop out dari kampus tidak membuatya patah arang dan ia membuktikan kalau kesuksesan itu tidak harus diraih dari bangku kuliah. Bahkan ia menerapkan ilmu yang kala itu masih sedikit orang yang paham: komputer dan pemrograman.

Awalnya Dell membuat produk berupa Calculator. Fungsi utama dari Calculator ini untuk memudahkan orang dala menghitung keuangan dan angka. Seiring dengan perkembangan waktu, Dell pun berekspansi ke dunia komputer dan mulai memproduksi komputer personal. Produk Dell banyak digunakan di perusahaan besar dunia.

Meskipun bisnis komputer sedang surut di tengah serbuan tablet dan smartphone yang menawarkan fungsionalitas yang hampir serupa namun mobilitas yang tinggi, Dell tetap menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia.

5. Lawrence Ellison

drop out, mahasiswa drop out,drop out mahasiswa,college crop out, pendiri perusahaan drop out,bill gates,steve jobs,mark zuckerberg,larry ellison, michael dell,miliarder drop out,drop out miliarder,mahasiswa dropout

Menurut saya, Lawrence Ellison yang akrab disapa Larry ini adalah sosok Iron Man di dunia nyata. Pria yang merupakan mahasiswa drop out dari University of Illinois dan Universiy of Chicago ini adalah pendiri perusahaan software paling berpengaruh di dunia, terutama di bidang militer, yakni Oracle. Selain Oracle, ia juga mendirikan Entreprise Software.

Lawrence Ellison drop out dari universitas setelah ibu angkatnya meninggal dunia. Beberapa saat setelah itu, ia masuk kuliah lagi di University of Chicago. Namun emang pada dasarnya ia kurang berminat untuk kuliah, ia drop out lagi. Di usia 22 tahun, ia pindah ke California tepatnya di Silicon Valley, tempat para jagoan teknologi mengadu nasib.

Kini ia adalah masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia dengan pendapatan mencapai $41 miliar pada tahun 2012. Larry Ellison pun menjalani gaya hidup ultra-mewah.