Ini Dia Lulusan SMA Tertua di Dunia

lulusan sma tertua di dunia

Bayangkan seorang kakek yang telah berusia lebih dari 100 tahun masih memakai seragam sekolah. Ini bukan cerita di film Holywood tapi merupakan kisah nyata dari kegigihan kakek bernama Fred Butler yang tetap menamatkan sekolah menengah atasnya di usia 106 tahun.

Setelah sebelumnya dibahas kakek usia 68 tahun yang masih kuliah. Pada kesempatan kali ini lebih hebat lagi, Fred Butler putus sekolah puluhan tahun yang lalu, dan tetap memiliki semangat untuk mengejar pendidikannya. Luar biasa!

Fred Butler lahir pada tahun 1906. Saat kecil ia bekerja pada perusahaan percetakan tiap pagi lalu sorenya ia akan masuk sekolah selepas kerja di Beverly. Saat mendapat pekerjaan tetap, ia memutuskan untuk putus sekolah dan membantu ibu serta adik-adiknya. Ia juga sempat masuk menjadi tentara Amerika pada Perang Dunia 2.

Fred mendapat gelar pemberian diploma kehormatan dalam upacara khusus di Beverly High School Masschussets, Amerika Serikat. Tak ayal, ia pun terisak saat menerima gelar kehormatan itu. “Saya tidak pernah menduga akan mendapatkan ini, saya benar-benar menghargainya.” ujarnya.

Kakek yang sudah menikah selama 65 tahun ini mengaku menyesal putus sekolah sehingga terus menekankan tentang pentingnya pendidikan kepada anak cucu dan cicitnya. Mike Calabro, sang cucu, mengaku Fred selalu memberinya hadiah uang USD 5 setiap mendapat nilai A karena saking menghargai pendidikan. Dengan mendapat ijazah SMA ini pun membuat anak-anak Fred senang karena juga mengobati kesedihan atas wafatnya ibu mereka.

Salut banget dengan kegigihannya untuk terus berusaha. Kita para mahasiswa juga jangan kalah dengan beliau.

Tips Cara Efektif Belajar Menjelang Ujian SBMPTN 2018

Tips Cara Efektif Belajar Menjelang Ujian SBMPTN

Tiap orang punya gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar itu tidak bisa dipaksakan dan tidak bisa meniru-niru. Ada orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada orang yang ketika belajar harus dalam keadaan tenang dan sepi, ada pula orang yang belajar harus berkelompok. Gaya belajar apapun itu semuanya baik.

Namun ada satu gaya belajar yang hampir dilakukan semua mahasiswa yaitu sistem belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Meskipun sudah tahu sistem SKS tidak bakal berjalan dengan baik namun masih banyak mahasiswa yang menganut gaya belajar yang satu ini.

Terus gimana sih cara biar dapat belajar dengan efektif menjelang ujian. Simak terus tulisan ini. Kalau ada yang kurang atau kamu ingin tambahin. Kasih di kotak komentar ya :)

1. Pilih waktu belajar yang tepat

Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan tugas.

2. Bikin suasana belajar yang nyaman

Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.

3. Review materi

Kalau sudah mengulang materi kuliah, jangan langsung tutup buku (atau binder saktimu). Tapi cobalah untuk berpikir lebih kritis dan analitis. Coba analisa teori-teori tersebut dengan pemahaman kamu sendiri. Then, you will find that you understand that lesson philosophically.

4. Catat pokok-pokok materi

Tinggalkan catatan kuliah yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap mata kuliah yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. Come on man! Udah mahasiswa, saatnya melakukan sesuatu dengan lebih cerdas. :)

5. Membaca adalah kunci belajar

Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.

6. Belajar untuk memahami

Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi kuliah.

7. Jangan lupa istirahat

Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Ala AnakUnsri.com

tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Tiap tahun jumlah siswa lulus SMA yang akan masuk ke jenjang perguruan tinggi semakin banyak saja. Tentu itu membuat persaingan masuk perguran tinggi semakin sengit. Selain jumlah pesaing yang akan mengikuti SNMPTN yang semakin banyak, juga harus diperhatikan adalah jurusan yang akan dipilih oleh calon mahasiswa.

Tidak semua lulusan SMA akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, dan tidak semua yang mengikuti SNMTN bisa lolos seleksi. Nah, oleh karena itu saya akan memberi beberapa saran agar siswa tidak salah pilih jurusan kuliah. Karena kuliah merupakan tonggak penting dalam kehidupan kita.

Berikut adalah tips memilih jurusan kuliah yang tepat bagi lulusan siswa SMU:

1. Pilih jurusan berkualitas

Jurusan yang berkualitas akan mempengaruhi masa depan kamu. Soalnya jurusan yang sama dengan akreditasi yang berbeda turut mempengaruhi pandangan orang,dan terpenting jurusan dengan akreditasi yang baik lebih bernilai di mata perusahaan bila anda akan melaar kerja. Sebelum kamu memutuskan akan kuliah dimana, ada baiknya kamu cari dulu nilai akreditasi jurusan tersebut, semakin baik akreditasi jurusan tersebut, makan semakin baik kualitas jurusan tersebut. Nilai akreditasi jurusan biasanya berkisar dari A-C.

2. Pilih sesuai minat dan bakat

Bakat dan minat orang berbeda-beda. Ada orang yang suka bergaul dan berbicara di depan orang lain, ada pula yang lebih gemr berteman dengan komputer. Minat dan bakat sangat mempengaruhi masa kuliahmu. Orang yang kuliah tidak sesuai bakat dan minat biasanya akan cepat bosan dengan pelajaran yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Tidak sedikit mahasiswa yang telat tamat atau bahkan DO hanya karena tidak memilih jurusan sesuai minat dan bakat.

3. Jangan ikut-ikutan

Untuk masalah jurusan kuliah, jangan pernah mengikuti orang lain. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan kuliah hanya karena teman-teman mereka banyak ngabil jurusan tertentu, atau bahkan pacar mereka ambil jurusan tertentu. Pilihlah jurusan kuliah berdasarkan pertimbangan pribadi. Sikap yang ikut-ikutan ini tidak akan bertahan lama. Bila kau putus atau terpisah dengan teman kamu padahal kamu ikut-ikutan ambil jurusan tertentu, tentu kamu sendiri yang akan merasakan akibatnya.

4. Pilih yang fasilitasnya lengkap

Jurusan dengan akreditasi baik tapi minim fasilitas juga turut mempengaruhi kegiatan belajar mengajar mahasiswa. Kelengkapan fasilitas berbanding lurus dengan minat belajar mahasiswa. Saat kamu akan menentukan jurusan kuliahmu, ada baiknya kamu juga cari tahu kelengkapan fasilitas jurusan yang ingin kamu masuki. Cari tahu kelengkapan alat-alat yang kira-kira akan menjadi kebutuhan kamu saat kuliah nanti. Carilah kampus yang memiliki fasilitas terlengkap.

5. Sesuaikan dengan keuangan

Selain kamu harus mencari tahu info kampus yang kamu inginkan, kau juga harus tahu kemampuan keuangan orang tua kamu. Jangan sampai kamu memaksakan kehendak kamu untuk kuliah padahal keuangan orang tua tidak cukup. Pilihlah jurusan atau kampuas yang biaya kuliahnya masih terjangkau keuangan keluarga kamu.

6. Sesuai Cita-cita

Tujuan kuliah sebenarnya adalah untuk menggapai masa depan gemilang yang sesuai dengan impian dan cita-citamu. Jurusan kuliah yang kamu pilih harus sesuai dengan impian atau cita-cita kamu. Bila kamu ingin jadi dokter, jangan pilih jurusan pertanian. Itu tidak match dengan cita-citamu.

7. Prospek masa depan cerah

Pilihlah jurusan yang memiliki prospek yang bagus. Kamu tentu tidak mau dong kuliah kamu sia-sia karena jurusan kamu kurang bagus prospeknya. Karena ada beberapa jurusan yang kurang memiliki prospek yang bagus bagi lulusannya.

8. Doa

Jangan lupa berdoa untuk meminta petunjuk dari Tuhan karena Dia yang lebih tahu mana yang terbaik untuk kita.

7 Tipe Pengguna Handphone yang Unik, Kamu yang Mana?

tipe pengguna handphone

Dewasa ini, hampir semua orang memiliki handphone. Bahkan mayoritas orang sudah menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Kebanyakan orang menghabiskan waktu dengan ponsel mereka.

Ada orang yang menggunakan ponsel dengan cara yang biasa-biasa saja. Tapi ada pula orang yang menggunakan ponsel mereka dengan cara yang kurang lazim atau unik. Beberapa terlihat menarik dan ada pula yang kehilatan ‘ngeringami’.

Yuk, cek apa aja tipe pengguna ponsel yang unik

1. Penggila Bluetooth

Kehadiran bluetooth di ponsel memang cukup berguna. Bluetooth membuat user dapat berkirim data dengan user lain secara cepat tanpa keluar biaya. Oleh karena itulah, banyak orang yang jadi kecanduan bluetooth. Kemampuan bluetooth semakin berkembang hingga bisa memutar musik via bluetooth yang membuat penggunanya semakin kecanduan. :)

2. Penggemar Fanatik

Beberapa merek ponsel di dunia memiliki penggemar fanatik. Sebut saja Apple yang memiliki penggemar fanatik yang disebut fanboy. Penggemar fanatik ini rela mengantre berjam-jam hingga berhari-hari untuk mendapatkan produk terbaru Apple.

3. Pecandu Blackberry

Meski BlackBerry kabarnya mulai turun jumlah penggunanya, namun masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget besutan Research in Motion ini. Ciri pengguna ponsel ini, kepala tertunduk melihat ke layar ponsel . Tidak peduli sedang berjalan atau sedang berada di tempat ramai, Blackberry adalah pusat perhatian utama mereka.

4. Kolektor Ponsel

Dewasa ini, cukup banyak orang yang mempunyai ponsel lebih dari satu. Dan tidak sedikit yang membawa semuanya di casing khusus yang bisa dikaitkan di sabuk celana.

Ya, cukup sering dijumpai beberapa orang mengenakan wadah ponsel yang cukup banyak di celananya. Mungkin, mereka senang membeli ponsel dalam jumlah banyak.

5. Pakai Handphone di Bioskop

Bioskop adalah tempat untuk menonton film, dan biasanya, ada peringatan untuk mematikan ponsel sebelum film dimulai. Namun tidak sedikit yang malah sibuk mengutak atik ponsel di dalam gedung bioskop.

Meski film sedang diputar sekalipun, mereka tetap tidak berhenti memakai ponselnya. Malah kadang, ringtone-nya pun lupa dimatikan.

6. Memotret Setiap Waktu

pin blackberry cewek

Beberapa pemakai ponsel seakan kecanduan dengan kegiatan memotret, ditunjang dengan teknologi kamera mobile yang kian bagus. Sepertinya, semua obyek bisa dijadikan sebagai foto.

Biasanya, hasil jepretan tersebut kemudian mereka posting ke jejaring sosial. Seperti Instagram atau Facebook.

7. Pakai HP di WC

Toilet pun tidak luput menjadi tempat yang strategis untuk memakai ponsel. Ya, tidak sedikit orang yang tetap asyik memakai ponsel selama berada di WC.

Malah ada yang seolah menjadikannya sebagai kegiatan rutin. Dan ada yang terasa kurang kalau tidak menggunakan ponsel di toilet.

Kisah Pilu Taspirin, Bocah 12 Tahun yang Hidupi Ketiga Adiknya

taspirin

Kerasnya kehidupan mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan Taspirin. Bocah berusia 12 tahun ini harus berjuang seorang diri membesarkan adik-adiknya ketika jutaan anak Indonesia lainnya masih sibuk bermain boneka dan nonton televisi di rumah.

Di usianya yang masih begitu muda, Taspirin sudah menjadi kepala keluarga bagi adik-adiknya yang masih sangat kecil. Hal itu dilakukannya karena mereka sudah tidak ada orang tua lagi. Ayah dan kakak sulungnya pergi merantau ke Kalimantan, sedang ibunya sudah meninggal 2 tahun yang lalu akibat terkena longsoran batu ketika bekerja menambang pasir dekat rumahnya.

Keseharian Tasripin, warga Dusun Pesawahan, Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sudah dimulai saat azan subuh baru saja berkumandang. Ia memulai hari dengan menanak nasi di dapur yang gelap dan lembab. Ketiga adiknya dibangunkan, lalu satu per satu dimandikan.

Rumah yang ditempati Taspirin dan adik-adiknya hanya sebuah rumah dengan papa berukuran 5×6 meter saja. Hanya ada 2 kursi panjang dan satu meja kayu yang menjadi perabotan di rumah beralaskan tanah itu. Berbeda dengan rumah di sebelahnya yang berlantai keramik dan tembok.

Kondisi rumah Taspirin lembap dan pengap. Meskipun hari sudah siang tetap saja hawa lembap terasa di rumah tersebut. Hal itu tentu saja tidak baik bagi pertumbuhan keempat anak yang masih dalam usia pertumbuhan tersebut.

Taspirin dan ketiga adiknya, Dandi (7), Riyanti (6) dan Daryo (4) tidur di dipan kayu beralaskan plastik. Bila dingin tiba-tiba menyergap, mereka hanya berselimutkan sarung untuk menghangatkan tubuh mereka. Lingkungan seperti ini dapat membahayakan kesehatan mereka.

Meski yatim dan jauh dari ayahnya, Tasripin berusaha mandiri. Ia cekatan mengurusi adik-adiknya. Untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, ia bekerja menjadi buruh tani pada tetangganya. Ia juga kadang bekerja serabutan asal bisa mendapat uang, mulai dari mengeringkan gabah, bekerja di sawah, hingga menjadi kuli angkut hasil panen. Ia tidak mengeluh meski harus mengangkut barang sejauh 2 km dari sawah ke rumah juragannya. Kadang Taspirin dibayar uang Rp10.000 atau dikasih beras oleh juragannya.

Kadang kala ia pun terpaksa berutang bila tidak ada pekerjaan. Beruntung ia memiliki tetangga yang memahami kondisi keluarganya. Bila tidak bekerja, kadang tetangga dan bibinya yang memberi makanan.

Selain memasak, Tasripin juga mencuci pakaian, menyapu rumah, hingga terkadang membetulkan talang air rumahnya yang bocor. Meskipun bekerja, dia selalu memantau ke mana adik-adiknya bermain. Jika sore menjelang dan adiknya belum pulang, ia akan mencari mereka hingga ke hutan.

Ayahnya beberapa kali mengirim uang melalui bibi Tasripin. Uang itu untuk membayar listrik dan kebutuhan mendesak, seperti jika ada adiknya yang sakit. Akibatnya, sekolah menjadi barang mahal bagi mereka. Dari keempat anak itu, hanya Daryo yang bersekolah di pendidikan anak usia dini (PAUD).

Tasripin sebenarnya masih terlilit biaya sekolah lebih dari Rp 100.000 di SD Negeri Sambirata 3. Kedua adiknya, Dandi dan Riyanti, tidak melanjutkan sekolah karena malu sering diejek teman-temannya. Riyanti, adik perempuannya, sakit. Ada luka di kepalanya.

Meski miskin dan tidak merasakan pendidikan, Tasripin merasa bertanggung jawab pada akhlak adik-adiknya. Tiap sore dia mengajari adik-adiknya membaca Al Quran. Dengan sabar, dia juga mengajak adiknya shalat dan mengaji di mushala depan rumahnya. Saat malam kian larut, ia mulai menidurkan adiknya. Dinginnya angin gunung yang menelusup melalui celah papan rumahnya dilawan Tasripin dengan memeluk erat adik-adiknya yang lelap.

5 Alasan Memulai Bisnis di Bangku Kuliah

5 Alasan Memulai Bisnis di Bangku Kuliah

Salam Optimis! Mahasiswa harus optimis, alright?

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak teman-teman mahasiswa untuk lebih mendalami tentang apa yang dikenal sebagai entrepreneurship. Tulisan ini terinspirasi dari postingan di startupbisnis.com.

Banyak orang beranggapan kuliah itu saatnya mencari ilmu dan aktif di berbagai kegiatan keorganisasian. Nah, sayangnya banyak mahasiswa yang hanya berorientasi pada nilai semata. IPK oriented lah kata orang itu. Emang gak salah, soalnya IPK juga penting ketika akan melamar kerja. Namun alangkah baiknya ketika kuliah mahasiswa coba membuat sesuatu karya yang penting, apapun itu. Berbisnis pun termasuk berkarya karena bisnis membuat orang make something!

Berikut adalah 5 alasan kenapa mahasiswa sangat dianjurkan untuk memulai bisnis saat kuliah:

1. Meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan

Di seluruh Indonesia ada sekitar 5 juta mahasiswa yang tersebar di kampus negeri dan swasta. Akuilah kalau kebanyakan mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan terlebih keadaan ekonomi negara kita yang tidak stabil. Jika anda ketika melamar pekerjaan mengatakan bahwa selama kuliah anda telah mencoba mengembangkan sebuah bisnis, hal itu menarik perhatian bagi perusahaan tersebut untuk merekrut anda. Menjadi seorang pengusaha ketika kuliah menunjukkan kalau anda adalah orang yang memiliki motivasi tinggi, mandiri, dan punya keinginan untuk sukses yang besar. Dan CV anda akan terlihat puluhan kali lebih mengagumkan ketika menulis ” CEO (dari perusahaan tertentu)” ketimbang hanya menjadi anggota klub atau organisasi.

2. Waktu terbaik untuk gagal

Tidak ada tempat terbaik untuk gagal selain bangku kuliah. Ketika kuliah anda masih berusia muda dan penuh gairah meski kurang pengalaman. Nah, kesalahan-kesalahan sering dibuat selama kita menjalani bisnis. Meskipun itu pahit namun lebih baik ketika menanggung kegagalan itu sendirian atau team anda tanpa perlu melibatkan keluarga. Gagal bisnis ketika kuliah berbeda rasanya ketika gagal berbisnis ketika sudah berkeluarga. Ada banyak faktor kenapa kuliah adalah tempat terbaik untuk mulai berbisnis.

3. Akses terbaik untuk sumber daya

Berada di universitas berarti Anda memiliki ribuan mahasiswa untuk mengetes ide Anda, melakukan riset pasar, terkadang universitas juga menyediakan dana finansial untuk membantu bisnis Anda, akses gratis untuk buku-buku mahal dan laporan riset pasar di perpustakaan, dan keuntungan yang dapat diperoleh dari himpunan-himpunan entrepreneur. Kesemuanya ini hal yang tak ternilai. Dan universitas adalah tempat yang fantastis untuk membangun jaringan (networking) pertemanan. Anda dapat mendatangi teman Anda yang orang tuanya adalah entrepreneur atau professor yang memahami satu atau dua hal tentang menjalankan bisnis.

4. Pengalaman dan kesenangan

Pelajaran yang Anda pelajari, pengalaman yang Anda dapatkan, dan kesenangan yang Anda peroleh sejak awal akan menjadi alasan keseluruhan yang tak ternilai harganya. Menjalankan bisnis Anda sendiri adalah suatu penghargaan besar dan dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Anda akan memperoleh penghasilan dan pengalaman dari melakukan hal yang sesungguhnya Anda senangi! Di samping itu, menjalankan bisnis sendiri juga dapat membantu Anda mempersempit pilihan karir yang Anda inginkan, yang seringkali sulit untuk diputuskan. Sebagai tambahan, Anda akan bertemu orang-orang yang menyenangkan selama perjalanan, yang mungkin akan menjadi kontak bisnis yang bermanfaat di masa depan.

5. Menjadi kaya sebelum 30 atau paling tidak punya uang jajan lebih banyak

kevin systrom pendiri instagram,instagram,pendiri instagram,kevin systrom,kevn systrom instagram

Kevin Systrom pendiri instagram, kaya di usia muda

Memulai bisnis ketika kuliah membuat anda sudah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis. Hal itu membuat anda semakin pintar dan cerdik untuk melihat peluang yang datang. Berbekal pengalaman itu anda dapat meraih sukses sebelum usia 30. Sebab anda sudah punya beberapa tahun kegagalan di usia muda. Kalau pun belum kaya paling tidak anda punya duit jajan lebih banyak dari orang kebanyakan.

Nah demikianlah tulisan kali ini. Semoga bermanfaat bagi anak Unsri semua

20+ Hal yang Hanya Ada di Unsri

20 hal yang hanya ada di unsri

Halo Anak Unsri baik yang masih mahasiswa ataupun yang udah alumni. Kuliah di Unsri emang banyak suka dukanya. Namanya juga hidup enggak semuanya suka, and gak semuanya duka juga. Balance-lah.

Ngomongin soal kuliah di Unsri tentu tidak lepas dari lingkungan kampus hingga fasilitas pendukung sarana belajar mengajar. Nah, kali ini kita bakalan bahas tentang beberapa hal yang cuma ada di Unsri yang hampir bisa dikatakan tidak ada di kampus lain.

Keunikan Unsri ada banyak. Yuk cari tahu hal-hal yang hanya ada di Unsri dan tidak ada di kampus lain di Indonesia:

1. Rebutan bus

Nah, gw yakin seyakin-yakinnya kalo hal ini enggak ada di kampus laen. Rebutan brutal demi mendapatkan tempat duduk di bis mungkin cuma di Unsri. Gimana enggak dari sekian ribu mahasiswa yang mau berangkat ke Kampus Indralaya. Bis yang mengangkut mahasisw hanya ada beberapa. Bahkan tak jarang masalah rebutan bis ini bisa menyebabkan clash diantara mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Bahkan beberapa tahun yang lalu pernah terjadi tawuran antar fakultas hanya karena masalah rebutan bis.

2. Terminal dalam kampus

Biasanya terminal ada di pinggiran kota ataupun tempat strategis yang menghubungkan berbagai trayek angkutan umum dalam satu kota. Namun di Unsri, kampus keren kita. Terminal ada dalam kampus, ada 2 lagi. Satu terminal bis kuning, satunya lagi di depan perpustakaan.

3. Sapi dan kerbau dalam kampus

Ini juga salah satu hal yang hampir mustahil ditemukan di kampus lain. Soalnya seumur-umur gw juga baru liat warga bisa ternak sapi dan kerbau dalam lingkungan kampus yang katanya kampus terluas se- Asia Tenggara. Biasanya sapi dan kerbau ini berkelana mencari makan ketika sudah sore saat banyak mahasiswa sudah pulang. Binatang ternak itu pun kerap meninggalkan ‘ranjau’ yang berbahaya bagi sepatu mahasiswa. :)

4. Bis Kuning

Meskipun kondisi fisiknya sudah parah, namun bis kuning(singkat biskun) tetap setia mengantarkan mahasiswa unsri sampai ke kampus. Biskun Unsri kalo diibaratkan manusia mungkin sudah berusia 56 tahun. Suka batuk-batuk, kalo capek ga mau jalan, Kalo agak ngebut malah ga bisa direm. Namun begitu kau selalu ada di hati kami. We Love Biskun Unsri. Pesan buat rektor: Beli biskun baru biar sopir tidak susah harus selalu benerin atau mogok di tengah jalan. Duit pembangunan kan banyak tiap tahun. Tapi bis gak pernah baru.

5. Transmusi Khusus Mahasiswa

Transmusi sebagai bus rapid transit yang kini jadi landmark transportasi kota Palembang juga menyediakan bus untuk mengakomodir keberangkatan mahasiswa menuju kampus Indralaya. Ukuran bisnya cukup besar dengan AC yang semriwing. Tapi sayang kehadiran Transmusi merusak jalan. But it quite help!

Baca juga: Wajib Tahu, Keuntungan Pacaran dengan Anak FKIP

Alasan Kenapa MLM Sering Dibenci Masyarakat?

Alasan Kenapa MLM Sering Dibenci Masyarakat

Mayoritas mahasiswa sudah tahu dengan yang namanya MLM atau Multi Level Marketting. Berdasarkan Wikipedia, Multi Level Marketting (MLM) merupakan sistem penjualan berkelompok yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat. Sistem MLM ini lebih mengutamakan kebersamaan untuk mencapai target omzet yang diinginkan oleh perusahaan. Seorang anggota MLM yang dapat memimpin timnya dengan baik biasanya akan mendapat komisi atau bonus yang besarnya ditentukan berdasarkan kebijakan masing-masing perusahaan MLM.

Sebagai mahasiswa, saya pernah beberapa kali diprospek oleh teman-teman untuk bergabung dengan perusahaan MLM yang ia ikuti. Pernah sekali akhirnya saya daftar suatu MLM karena terlalu sering di sms, telepon, hingga di chat Facebook. Nah, dari pengalaman beberapa tahun itu, saya jadi terpikir untuk membuat tulisan ini.

Tulisan ini merupakan hasil dari survei pribadi saya yang menanyai beberapa teman,tetangga hingga orang tua tentang pandangan mereka terhadap MLM. Nah saya mendapatkan beberapa jawaban yang menurut saya patut disimak oleh mahasiswa dimana pun berada.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa MLM kurang disukai di masyrakat:

1. Produk tidak jelas

Inti dari kegiatan MLM sebenarnya adalah menjual produk. Namanya juga bisnis pasti harus menjual barang. Nah tapi di MLM, banyak orang hanya sibuk mengurusi bagaimana caranya menambah downline biar cepat naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi. Meskipun MLM menjual produk, entah itu produk kesehatan,kecantikan, dll produk tersebut kadang kurang jelas manfaat dan khasiatnya. Yang lebih menjengkelkan adalah banyak anggota MLM yang suka ‘melebih-lebihkan’ kualitas produk tersebut.

2. Memicu Pemborosan

Nah untuk yang satu ini benar-benar saya rasakan. Gimana enggak sob, sebagai mahasiswa yang duit jajan pas-pasan disuruh beli produk yang harganya per buah bisa ratusan ribu. Seringkali produk dari MLM tersebut tidak jelas manfaat dan kegunaannya, tapi sebagai member diharuskan membeli produk tersebut yang ujung-ujungnya cuma dibuang karena kadaluarsa. Selain itu, biaya investasi yang katanya untuk sukses juga banyak seperti ; beli CD dan kaset motivasi, biaya seminar, bensin, ongkos untuk naik pangkat,hingga alat-alat untuk presentasi pada calon anggota / prospek.

3. Data perusahaan MLM tidak akurat

Bagi kamu yang pernah didatangi atau dipresentasi anggota MLM, pasti orang itu sesumbar mengenai perusahaan MLM-nya. Bahkan diantaranya agak kurang masuk akal. Kadang ia menyebutkan kalau perusahaannya sudah memiliki cabang di ratusan negara. Pernah ada MLM yang presentasi saya menyebutkan bahwa perusahaannya sudah memiliki cabang di 200 lebih negara. Padahal berdasarkan PBB total negara yang ada di muka bumi ini cuma 192 negara. Mungkin 8 negara sisanya negara hantu. :D

4. Anggota MLM suka sesumbar

Pernah dipresentasi atau ikut seminar MLM? Ketika anda mendengar mereka berbicara bisa dipastika kalau mereka akan berbicara “lebay membahana”. Kalau kamu tanya berapa pendapatannya sebulan dari kegiatan MLM itu, pasti dijawab dengan angka yang cukup fantastis dengan tampang meyakinkan. Selain itu, mereka juga sesumbar mengenai bonus bila mengikuti MLM itu. Bonusnya tidak tanggung-tanggung, ada mobil, jalan-jalan ke luar negeri, emas, rumah, bahkan ada MLM yang ‘janji’ akan memberikan pesawat pribadi pada membernya. Impossibru kan!!!

5. Member MLM suka maksa

Inilah yang paling tidak disukai masyarakat dari anggota MLM. Jika setelah dipresentasi anda menolak untuk bergabung dengan MLM tersebut. Bagi anggota MLM, penolakan seseorang merupakan cambuk bagi mereka untuk lebih agresif merekrut anggota baru. Jika kamu tetap menolak, jangan salahkan siapa-siapa ya kalau mereka bakal membombardir kamu dengan telepon, sms, inbox fb, hingga DM di Twitter.

Bahaya Minum Pakai Sedotan yang Selama ini Diabaikan

bahaya minum sedotan

Well, apa kabar anak UNSRI dimana pun berada. Balik lagi ane mw ngeshare sedikit tentang kesehatan. Semalem lagi bikin tugas trus browsing and akhirnya enggak sengaja nemu artikel menarik yang cukup penting untuk dibahas.

Sebagai mahasiswa ketika kita makan di kantin, kita biasanya membeli minuman juga. Jarang ada mahasiswa yang membawa botol minuman dari rumah. Nah, dari kantin kan biasanya langsung dikasih sedotan. Tapi tahu gak temen-temen kalau sebetulnya minum pake sedotan itu tidak baik bagi kesehatan kita.

Loh kenapa? Alasannya apa.

Kalau masalah alasan, ada beberapa faktor yang membuat minum pake sedotan itu tidak baik bagi kesehatan. Ini gw sadur dari Kompas Female.

1. Gigi jadi Rusak

Kok bisa sih minum pakai sedotan merusak gigi? Menurut Mark Burhenne, pendiri AsktheDentist.com, hal itu disebabkan minum menggunakan sedotan membuat menuman tidak langsung kita telan. Terkadang ketika minum pakai sedotan kita malah memain-mainkan air di dalam mulut, atau kita menyeruputnya sedikit-sedikit yang menyebabkan air yang masuk langsung mengenai gigi bukan lidah terlebih dahulu. Sering kan temen-temen ngerasa pas minum es atau kopi hangat gigi rasanya ngilu, itu karena air nya langsung mengenai gigi. Apalagi air yang kita minum itu manis atau bergula yang menyebabkan proses perusakan gigi semakin cepat.

2. Sudut mulut jadi keriput

Kalau minum pake sedotan bayangin gimana posisi mulut kita. Yups bener banget, mulut kita bakal mengeucut karena sedotan yang kecil kita harus mengerucutkan mulut untuk bisa menyedot minuman. COba bayangin kalau proses itu terjadi selama bertahun-tahun. Jelas akan ada perubahan di wajah. Wajah orang yang suka minum pakai sedotan terlihat lebih tirus, sama seperti muka cewek yang suka merokok. Kempot di kanan-kiri.

3. Bikin perut kembung

Minum pakai sedotan juga bisa mengganggu proses pencernaan. Ketika minum menggunakan sedotan banyak udara yang ikut masuk ke dalam perut. Sehingga perut akhirnya menyimpan terlalu banyak udara. Perut kembung yang terlalu lama bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

Tulisan ini gw buat bukan karena mau menakut-nakuti sobat mahasiswa semua. Tapi cuma sarana berbagi ilmu, mungkin info ini bermanfaat. Yuk kita lebih perhatian lagi sama kesehatan kita.