Cari Tahu Yuk Kompetensi Mahasiswa yang Diinginkan Perusahaan!

Kompetensi Mahasiswa yang Diinginkan Perusahaan

Makin hari peluang kerja semakin tipis dan persaingan untuk mendapatkan kerja semakin berat. Tengoklah untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja ada ribuan pelamar dengan jumlah orang yang diterima tak sebanding dengan pendaftar. Bukan cuma PNS saja, berbagai perusahaan skala nasional dan internasional yang ada di Indonesia pun seolah tidak memiliki tempat lagi yang bisa dimasuki oleh orang baru.

Namun sebenarnya bukan itu permasalahannya. Bukan rahasia lagi kalau ada jurang antara kebutuhan dunia industri dengan kompetensi yang dimiliki oleh pelamar kerja. Nah kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa dari perguruan tinggi yang kadang tidak sesuai dengan keinginan perusahaan.

Cari tahu yuk apa saja kompetensi dasar yang diinginkan oleh perusahaan saat perekrutan karyawan baru:

Kriteria Pertama : Kemampuan Akademis

Menurut Analist R & D Astra International Puti Larasati, hal pertama yang dilihat oleh perusahaan seputar calon karyawan baru adalah kemampuan akademis mahasiswa tersebut selama menjalani perkuliahan. “Kami cari orang pintar. Bagaimanapun juga, kapasitas otak sangat diperlukan,” ujarnya.

Kriteria Kedua : Kegiatan di Luar Kampus

Kegiatan yang dijalani mahasiswa di luar jam kampus juga cukup menentukan keputusan perusahaan untuk merekrut orang tersebut atau tidak. Sebabnya kegiatan di luar akademis, seperti organisasi atau komunitas lainnya menunjukkan keinginan orang tersebut untuk berkembang dan ingin mengetahui banyak hal. Kelebihan lainnya orang yang aktif berorganisasi lebih luwes dalam pergaulan dengan orang baru serta cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang penuh tekanan.

Kriteria Ketiga : Kemampuan Bekerja Sama dalam Tim

Dalam dunia kerja, kemampuan bekerja sama dalam tim sangat dibutuhkan sebab untuk mengejar deadline dan target yang telah ditentukan oleh perusahaan membutuhkan kerja sama yang baik. Orang yang tidak bisa bekerja sama dalam tim dan lebih mementingkan egonya sulit diterima oleh perusahaan manapun.

Kriteria Keempat : Interpersonal Skill

Kemampuan berhubungan dengan orang lain termasuk hal yang dipertimbangkan oleh perusahaan. Interpersonal skill ini tidak bergantung pada berapa banyak teman yang dimiliki di Facebook atau follower di Twitter. Interpersonal skill ini dapat terlihat ketika calon karyawan menjalani seleksi wawancara, disitu akan terlihat cara mereka berkomunikasi dengan orang lain.

Kriteria Kelima : Keinginan untuk Selalu Belajar

Perusahaan juga mencari orang yang memiliki semangat untuk selalu belajar. Sebab orang dengan tipe seperti inilah yang akan membawa perusahaan ke level yang lebih baik. Keinginan untuk belajar ini terlihat dari pola organisasi yang mereka jalani.

Daftar Pilihan Karir untuk Lulusan Matematika

daftar pilihan karir untuk lulusan matematika

Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah? Mayoritas mahasiswa akan menjawab akan bekerja, sedang sedikit dari mereka yang memutuskan untuk menjadi pengusaha. Tidak ada yang salah dengan pilihan ini. Keduanya punya tugas dan fungsi masing-masing di masyarakat.

Banyak pula mahasiswa yang kemudian bingung pekerjaan yang akan dipilih setelah tamat kuliah. Perasaan bingung dan tidak yakin kerap menghantui mahasiswa ketika sudah masuk ke dalam dunia kerja. Kali ini AnakUnsri.com akan membahas beberapa peluang kerja yang mungkin dapat dijadikan acuan mahasiswa ketika selesai kuliah. Dimulai dari sarjana Matematika. Peluang kerja apa saja yang cocok dengan lulusan jurusan ini.

Simak daftar peluang kerja untuk sarjana matematika:

Ahli Matematika

Untuk pilihan kerja yang satu ini memang sangat linear. Banyak pula beasiswa S2 & S3 ke luar negeri untuk lebih memperdalami ilmu matematika. Sebab matematika merupakan ilmu dasar dalam kehidupan. Nah, matematikawan sudah terbiasa bekerja dalam tekanan untuk memcahkan suatu masalah yang cukup rumit. Ahli matematika dapat bekerja menjadi dosen, ilmuwan baik itu di dalam maupun luar negeri, serta dapat juga menjadi konsultan ahli dalam berbagai bidang.

Aktuaris

Aktuaris adalah orang yang bekerja dengan asuransi. Mereka bekerja dalam banyak sektor di dunia asuransi terutama asuransi harga dimana mereka dapat membuat analisis tentang manajemen resiko dan analisis biaya. Pekerjaan ini sangat membutuhkan orang yang jago matematika.

Bisnis dan Manajemen

Matematikan merupakan salah satu bagian terpenting dari bisnis dan manajemen. Bisnis harus terus berhitung dan mengkalkulasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Nah, karir seperti ini cocok buat lulusan Matematika yang juga menyukai tantangan. Tentunya harus memiliki kemahiran dalam statistik dan analisis.

Pemerintahan

Believe it or not, lulusan matematika sangat dibutuhkan dalam pemerintahan. Karir lulusan jurusan matematika cukup krusial dalam menentukan kebijakan strategis negara. Hal ini disebabkan negara membutuhkan orang yang ahli menganalisis dan statistik dalam angka dan grafik untuk menunjukkan kebutuhan masyarakat.

Wajib Tahu! Keuntungan Pacaran dengan Mahasiswa FKIP Calon Guru

Keuntungan Pacaran dengan Calon Guru

Udah lama tidak nulis di AnakUnsri.com. Berasa separuh aku hilang aja. (hehehe) Kali ini pengen bahas masalah pacaran. Enggak tahu kenapa. Mungkin sudah panggilan alam kali.

Well, Anak Unsri. Pacaran di saat kuliah beda dengan pacaran waktu masih sekolah. Ketika kamu pacaran di masa kuliah, orientasinya sudah bukan maen-maen lagi ataupun cinta monyet, melainkan sudah proyeksi untuk mencari pasangan hidup. Sebab menurut dosen Kalkulus : Kemungkinan pacar menjadi pasangan hidup saat kuliah itu 70%. Tinggi banget kan brow.

Kali ini gw pengen bahas keuntungan pacaran dengan mahasiswa/i dari fakultas keguruan a.k.a kependidikan. Ladies-ladies dari jurusan ini punya banyak keunggulan. Mau tahu apa aja. Lanjutin bacanya.

1. Suka anak-anak

Ya iyalah, namanya juga calon guru harus senang anak-anak dong. Karena mereka bekerja dengan bertemu anak-anak, mereka lebih memahami anak. Jadi kalo kamu memutuskan menikah dengan lulusan jurusan ini, mereka punya kemampuan mendidik anak yang baik.

2. Jadwal liburan

Salah satu keuntungan terbesar mempunyai pasangan seorang guru adalah mereka memiliki jadwal liburan yang teratur. Berbeda dengan teknisi ataupun pekerja lain selain guru yang liburnya berdasarkan cuti. Hal ini tentu menjadi kelebihan apabila kamu menikah dengan calon guru kamu bisa mengatur jadwal, dan mereka bisa menemani anak-anak ketika anak liburan.

3. Gemar berpikir positif

Guru termasuk orang yang selalu berpikir positif. Mereka selalu mencoba mengambil sisi positif dari tiap anak didiknya. Tidak peduli sebodoh apapun, guru biasanya bilang,” Tidak ada orang yang bodoh, yang ada hanyalah orang yang malas belajar.” Nah, itu juga berpengaruh ketika kamu menjalani hidup. Menjalani hidup bersama orang yang berpikir positif membuat orang mampu menyelesaikan persoalan dengan baik.

4. Terbiasa menyiapkan banyak hal

Sebelum mengajar, seorang guru terbiasa menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari alat tulis, kertas, slide, bahan ajar, dan lain sebagainya. Jadi kamu tidak perlu repot, sebab dia akan mengurus segalanya untukmu. :)

5. Ramah

Guru terbiasa berkomunikasi dengan banyak orang dari segala usia. Mulai dari anak-anak, orang tua, teman, hingga wali murid serta atasan. Sehingga mereka punya kemampuan linguistik yang hebat. Kalo nanti kamu ngenalin mereka sama orang tua, dijamin tokcer.

6. Suka belajar

Kebiasaan guru yang lain adalah mereka selalu belajar. Keinginan untuk mencerdaskan bangsa membuat mereka giat belajar, dan selalu mencari topik-topik terhangat dari ilmu pengetahuan untuk dibagi bersama muridnya. Pacaran dengan calon guru bisa menambah wawasan.

7. Tidak egois

Salah satu sifat yang tidak bisa dipisahkan dari seorang guru yang biasanya ditanamkan pada calon guru adalah tidak egois. Mahasiswa jurusan keguruan yang diproyeksikan jadi guru mementingkan orang lain dibanding dirinya. Kalau kamu punya pacar calon guru, siap-siap aja dapet perhatian lebih.

So far, untuk hari ini segitu aja dulu. Lain kali kalo ada inspirasi lagi bakal di-share disini. See ya!